PERAWATAN UNTUK LAPTOP

Intip yuk !!!, Cara Perawatan Terbaik Untuk Laptop.

Posted on

Sebenarnya cara – cara untuk perawatan laptop itu ada banyak, memang semua orang mengharapkan untuk membuat laptopnya menjadi awet dan tidak cepat rusak walaupun laptopnya dipakai full 24 jam seperti saya, kerusakan laptop selain dipicu dari kualitas laptop yang anda beli, tapi juga dipicu dari bagaimana anda menggunakan dan merawat laptop itu sendiri.

Cara merawat laptop agar tetap awet, saya sendiri mengaplikasikan 7 tips agar laptop kita bisa menjadi awet dan tahan lama. Berikut ini 7 tips agar laptop bisa menjadi awet :

  1. Jangan meletakan benda diatas laptop, terlebih itu benda yang berat.

Saat laptop itu terhimpit oleh benda yang sangatlah berat, meskipun keada’an laptop itu tertutup ini dapat menyebabkan kerusakan yang fatal di LCD/layar. Sinyal tanda rusaknya LCD itu saat mulai muncul garis – garis di layar laptop seperti pada TV, lama kelamaan garis – garis itu semakin banyak dan akhirnya LCD nya mati (rusak). Kenapa saya mengatakan bahwa ini sangatlah fatal, karena jika kita adalah orang kantoran dan setiap hari harus menatap layar laptop, secara tidak langsung orang itu tidak bisa bekerja dan harus memperbaiki LCD laptopnya terlebih dahulu.

  1. Jauhi mengoperasikan laptop dengan posisi diatas kasur/bantal.

Inilah kebiasaan kebanyakan orang yang mempengaruhi laptopnya cepat panas dan rusak, upayakan semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan laptop di atas kasur/bantal, mengapa??? , karena kasur/bantal itu akan menyerap panas yang dikeluarkan laptop sa’at laptop mulai dinyalakan,oleh sebab itu, tentu saja ini sangat berbahaya bagi kesehatan laptop anda.

  1. Menempatkan baterai saat laptop digunakan.

Saat menggunakan produk laptop tahun 2005 kebawah benar-benar sangat beresiko jika digunakan dalam keadaan dicharge, karena bisa membuat baterai laptop menggembung dan rusak. Hingga beberapa orang mengoperasikan laptopnya tanpa memasang baterai hanya langsung dengan charger, ini bertujuan untuk menghindari penggembungan baterai tsb. Namun produk laptop keluaran saat ini sudah aman untuk dioperasikan sambil dicharge (baterai laptop tidak menggembung). Jadi jauhi menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai ,karena jika saja listrik padam laptop kita tidak akan langsung mati, jika hal tersebut terjadi maka ini dapat menyebabkan kerusakan laptop, dan baterai bisa menahan daya saat listrik tiba-tiba padam.

  1. Bersihkan debu yang menempel di LAPTOP.

Inilah yang butuh dilatih, membiasakan untuk membersihkan debu – debu yang menempel di laptop. Meskipun ini adalah hal yang sangat simpel namun jika kita bisa membiasakan untuk membersihkan debu pada laptop tsb maka akan membuat laptop awet. Terutama membersihkan di bagian keyboard,saluran pembuangan angin dll.

  1. Jangan meletakan benda yang berbentuk cair di sekitar laptop.

Ini untuk semua alat elektronik, bahwa tidak boleh meletakan benda cair disekitarnya, karena jika saja ini tumpah dan membasahi laptop, ini akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada sistemnya.

  1. Tidak mengoperasikan komputer pada ruangan yang memiliki suhu panas.

Mengoperasikan laptop di ruangan yang bersuhu tibggi dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas dan lelah, apabila terus menerus digunakan dalam waktu yang lama, maka bisa menyebabkan komputer mati dengan sendirinya, maka dari itu jika anda adalah pekerja yang menggunakan laptop dengan suhu ruangan yang tinggi secara terus menerus, maka manfaatkanlah kipas pendingin {cooling pad} yang bisa anda temui di tempat tempat service laptop.

  1. Jauhilah mengoperasikan laptop sampai baterai habis total (0%).

Inilah yang biasanya menjadi kebiasaan orang orang yang malas untuk menge-charge laptopnya, hal ini dapat memperpendek usia baterai, maka saat dianjurkan untuk meng-charge baterai sebelum baterai laptop habis.

 

Mungkin sekian tips–tips dari saya & semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply