new-information-technology-news
new-information-technology-news

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi

Posted on

Sekarang manusia memilikii dua fungsi kedudukan dalam kehidupannya yaitu sebagai makhluk individu dan juga makhluk social. Sebagai makhluk social membutuhkan berkomunikasi antar sesamanya yang merupakan kebutuhan penting untuk dapat berinteraksi dengan yang lainnya.

Atas dasar ini kebutuhan manusia yang sangat berupaya membuat alat dan juga sistem untuk berkomunikasi yang lebih canggih lagi yang bertujuan untuk berinteraksi kepada manusia disekitarnya yang dimulai dari zaman prasejarah hingga saat ini dimulai dari berbentuk gambar, isyarat tangan, huruf huruf, symbol, tulisan, surat, telepon hingga internet yang sering kita pakai dalam sehari hari.

pengaruh teknologi informasi dan komunikasi
pengaruh teknologi informasi dan komunikasi

Informasi dapat di kelola dan disampaikan terus menerus dan  di kembangkan, dan informasi ini lah yang sangat sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan yang sedang terjadi. Dengan melihatnya perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, dan kita juga di ajarkan oleh sejarah teknologi informasi untuk mengngembangkan pengetahuan IT (teknologi Informasi) di zaman sekarang.

Teknologi informasi atau sering disebut dengan istilah IT adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah  sebuah data yang meliputi ; memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan bermacam-macam cara untuk menghasilkan informasi yang sangat berkualitas. Informasi-informasi yang dibutuhkan akan releva, yang sangat akurat dan tepat waktu untuk digunakan pada keperluan pribadi, bisnis, atau pun pemerintahan untuk mengambil keputusan dari informasi ini sendiri. Teknologi ini sangat  akurat sekali untuk digunakan dalam perangkat keras seperti komputer untuk mengolah data, dan sistem jaringan sebagai pengakses sebuah informasi yang sangat  dibutuhkan bagi para pengguna nya.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi (IT) yang sangat pesat, berkemungkinan untuk  menerapkannya cara-cara yang lebih efisien dalam memproduksi, konsumsi dan distribusi  di semua jasa dan barang. Dan pada era informasi ini, jarak geografis tidak lagi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi kampung global atau disebut Globak Village.

Dengan hadirnya teknologi internet (IT) yang semakin pesat dikalangan manusia telah merubah gaya kehidupan masyarakat dan tuntutan pada kompetensi manusia. Pada zaman sekarang, kehidupan manusia yang semakin bergantung pada komputer yang merupakan media perangkat keras yang digunakan untuk mengakses dan juga mengolah sebuah informasi yang bermanfaat bagi para masyarakat dan pembaca nya.

pengaruh teknologi
pengaruh teknologi

Hal-hal  ini mengacu pada besarnya keterlibatan teknologi informasi (IT) dalam berkehidupan sosial, seperti hal nya sumber informasi dan sarana belajar bagi anak-anak dan masyarakat; untuk menumbuhkn jiwa kewirausahaan bagi masyarakat; dan meningkatkan informasi dan melihat peluang-peluang yang luas untuk memasarkan sebuah produk ke masyarakat dan juga meningkatkan perdagangan melalui E-commerce.

Kemajuan teknologi dan informasi juga menjadikan manusia untuk berhubungan dengan pihak yang lain seakan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bisa terjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan juga menyebarkan informasi kepada yang lain. Teknologi komunikasi informasi telah memberikan banyak kemudahan dalam pergaulan hidup manusia. Beberapa perangkat teknologi informasi dan komunikasi, misalnya ;

  • Media cetak, seperti Koran, tabloid, dan majalah.
  • Media audio, seperti radio, tape, CD/DVD.
  • Media audiovisual, seperti TV dan juga internet
  • LCD, perangkat inframerah , Komputer, telepon, handphone,

Kemajuan teknologi  ini berpengaruh bagi kehidupan generasi remaja

Kemajuan teknologi ini merupakan suatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari, karena kemajuan teknologi berbarengan dengan seiring kemajuan tentang ilmu pengetahuan manusia. Setiap inovasi yang diciptakan untuk memberikan berbagai manfaat positif bagi kehidupan manusia, dan memberikan banyak kemudahan  serta sebagai cara yang baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari bagi manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, disisi lain juga dapat memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Dalam hal ini, sangat diperlukan nya peran orang tua sebagai penasihat dalam anak- anak muda zaman sekarang, dan juga ketahanan dan ketangguhan bangsa Indonesia. Dengan modal ini mungkin kita akan menghadapi masalah yang timbul akibat gobalisasi serta sikap bijaksana dalam memilah budaya luar supaya tidak terpengaruh budaya tersebut agar tidak merusak jati diri bangsa Indonesia.

Leave a Reply