Dilarang Merokok
Dilarang Merokok

Bahaya Merokok Bagi Semua Orang

Posted on

TAUKAH ANDA APAKAH ITU ROKOK?

Rokok
Apakah Itu Rokok?

Rokok yaitu sebuah tembakau yang digulung atau dilinting dengan menggunakan kertas, kulit jagung atau daun, yang besarnya rokok itu kira-kira jari kelingking orang remaja dengan panjangnya antara 70 mm sampai 100 mm. Rokok ini biasanya digunakan atau dihisap setelah ujungnya rokok tersebut dibakar. Banyak sekali bahan kimia yang terdapat di satu batang rokok, berkisar kira-kira 400 bahan kimia. Ada sekitar 400 bahan kimia yang dapat merusak tubuh pemakai rokok, sedangkan yang dapat di akumulasi itu hanya sekitar 40 bahan kimia saja.

APA SAJA ALASAN MEREKA UNTUK MEROKOK?

Banyak sekali alasan yang dilantunkan oleh pemakai atau pengonsumsi rokok ketika mereka di tanya. Menurut penelitian, ada beberapa alasan yang sering dipakai untuk alasan, antara lain yaitu:

  1. Hanya sekedar coba-coba
  2. Ikut-ikutan teman
  3. Hanya ingin merasakan saja
  4. Karena merasa kesepian
  5. Karena gengsi dengan orang lain
  6. Mengikuti kebiasaan orang tua
  7. Hanya sekedar iseng
  8. Agar tidak tegang (menghilangkan ketegangan)
  9. Agar tidak dikatakan banci
  10. Penghilang kejenuhan
  11. Agar tidak stres
  12. Ingin mencari inspirasi
  13. Sebagai lambang kedewasaan

Banyak anak sekolah atau pelajar, mereka merokok karena faktor lingkungan atau pergaulan. Banyak juga anak sekolah atau pelajar yang beranggapan bahwa dengan merokok mereka akan ditakuti, gaya, hebat, dll. Yang mana padahal, jika dia tidak bisa pandai-pandai menjaga dirinya, maka dia akan bisa juga terjerumus memakai NARKOBA.

APA SAJA BAHAYA MEROKOK?

Bahaya Merokok
Bahaya Merokok

Banyak sekali bahaya merokok terhadap kesehatan kita. Bahaya merokok bagi kesehatan kita, antara lain:

  • Dapat menyebabkan kanker, antara lain: kanker rahim, kanker mulut, kanker usus, kanker esofagus, kanker pundi kencing, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker tekek, kanker prankias.
  • Dapat menyebabkan penyakit saluran pernafasan kronik strok.
  • Dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau sering disebut osteoporosis.
  • Untuk perempuan ada bahaya merokok, antara lain: putus haid awal, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi.
  • Dapat menyebabkan kemandulan atau impotensi.
  • Dapat menyababkan bronkitis, penyakit ulser peptik, emfisima, otot lemah, penyakit gusi, penyakit mata, dan lain-lain.

Bahaya diatas merupakan bahaya untuk perokok aktif. Sedangkan itu, bahaya untuk perokok pasif antara lain:

  • Meningkatkan resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung.
  • Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis.
  • Sakit atau mata pedih, bersin dan batuk-batuk, sakit kerongkongan, sakit kepala, dan lain-lain.

Sebenarnya perokok aktif dengan perokok pasif itu lebih beresiko perokok pasif, dikarenakan zat yang terkandung di dalam asap rokok itu dua kali lebih banyak, nikotinnya itu lima kali lebih banyak, karbon monoksida tiga kali lebih banyak, tar lima puluh kali lebih banyak zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janinnya adalah dapat menyebabkan keguguran bayi atau janin, pendarahan dari uri (abruption placenta), berkurangnya berat badan hingga 30%, kematian janin didalam kandungan, dan lain sebagainya. Kemudian, bahaya asap rokok untuk bayi antara lain:

  • Penyakit dan masalah pernafasan.
  • Jangkitan telinga.
  • Sindrome kematian secara mendadak.
  • Leukimia
  • Kanker otak, dan lain-lain.

APA PERBEDAAN PEROKOK AKTIF DENGAN PEROKOK PASIF?

Perokok Aktif dan Perokok Pasif
Perokok Aktif dan Perokok Pasif

Perokok aktif yaitu orang yang secara langsung merokok dengan menghisap rokoknya. Sedangkan, perokok pasif yaitu orang yang secara tidak langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok dari orangyang sedang merokok.

Orang yang merokok dapat merusak sistem kadiovaskular, yaitu meningkatnya denyut jangungdiabetes dan tekanan darah tinggi. Dengan kita menghentikan kebiasaan merokok, maka kita akan bisa terhidar dari resiko terkena serangan jantung. Selain itu juga kita juga akan bisa terhindar dari resiko jantung koroner. Maka dari itu, perokok itu harus memahami BAHAYA MEROKOK.

Leave a Reply