dampak pergaulan bebas
Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas Akhir Zaman

Posted on

Saat ini zaman globalisasi, moral manusia mulai menurun bahkan menghilang, terutama moral remaja yang kian hari semakin parah tidak terkendali. Zaman sekarang ini mungkin sudah memasuki zaman gelobalisasi ibaratnya seperti kebebasan dari segala  aspek. Sehinga banyak tren-tren  asing  yang muncul, sementara tren-tren  asing yang muncul itu tidak cocok dengan kebudayaan kita, sebagai contoh yaitu free sex yang mana kebudayaan ini tidak cocok dengan kebudayaan kita. Pada saat ini pergaulan bebas suda mencapai kehuatiran dan kerusakaan yang sangat memperihatinka sekali. Para remaja dapat sangat muda bergaul dengan lawan jenisnya. Tidak jarang pemandangan yang seperti itu kita jumpai di tempat-tempat umum,para remaja saling bergandngan tampa memperdulikan masyrakat umum yang berada di tempat itu,  mereka suda menggangap perbuatan mereka itu adalah hal yang suda biasa

Padahal remaja adalah generasi muda bagi bangsa dan agama, yang  di masa depanya nanti mampu melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa maupun agama.maka dari itu remaja sangat mempunyai peran penting bagi bangsa dan agama, tidak hanya itu remaja juga harapan bagi para orang tua.

A.PENGERTIAN PERGAULAN BEBAS

Kita tentu sudah mengerti bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk prilau yang menyimpang atau tidak benar, nama “bebas” yang dimaksud adalah melampaui batas-batas norma yang telah ada. Masalah pergaulan bebas ini mungkin suda sering kita dengarkan baik di lingkungan maupun di media masa. Remaja adalah induvidu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar, sehinga emosi yang tidak terkontrol itu terkadang di lampiaskan dengan perbuatan-perbuatan yang tidak benar.

dampak pergaulan bebas

 

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERGAULAN BEBAS

Ada beberapa faktor penyebab pergaula bebas diantaranya yaitu;

1.Rendahya Taraf Pndidikan Keluarga

Rendahya taraf pendidikan keluarga mungkin juga dapat berpengaruh besar terhadap terjadinya pergaulan bebas, misalya masih memperbolehkan anaknya berpacaran tampa adanya pengawasan, ini dapat menyebabkan anaknya dapat terjerumus dalam pergaulan bebas, yang pada ahirnya akan merugikan bagi si anak dan orang tuanya

2.  Keadan keluarga yang tidak setabil {Broken Home}

Keadaan keluarga sangat berpengaruh terhadap tingkah laku atau perkembangan pesikis remaja. Apabila keadaan keluarga tidak harmonis, maka perkembangan pesikis anak akan tergangu dan anak cenderung mencari kesenangan di luar, karna sang anak merasa tidak mendapat kasih sayang dari orang tuanya dan melampiaskanya dengan pergaulan bebas.

  3.  Orang tua yang kurang memperhatikan

Orang tua yang kurang memperhatikan anaknya atau malah bahkan tidak mamperhatikan anaknya dikarnakan cenderung memikirkan pekerjaanya atau kepentinganya sendiri dan anak kurang mendapatkan perhatian sehinga anak cenderung lebih bebas dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari tampa adanya pengawasan , oleh karna itu perlunya perhatian dari orang, karna oran tua mempunyai peran penting dalam  menjaga serta mendidik anaknya.

 4.  Lingkungan setempat kurang baik

Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap pergaula anak, Apabila kondisi keluarga sudah baik akan tetapi lingkunga sekitar kurang baik atau tidak mendukung, maka anak tersebut dapat terjerumus dalam pergaulan bebas, apalagi pemuda zaman sekaran ini lebih suka bergaul dengan teman yang berda di lingkungan sekitar daripada keluarga, maka dari itu perlunya lingkungan yang baik kara linkungan juga menjadi salah satu faktor penyebab pergaulan bebas.

   5.   Kurang berhati-hati dalam memilih teman

Berteman mungkin hal yang suda bias, namun apa jadinya dengan dia berteman malah menjadikan dirinya yang asalanya baik menjadi nakal, ini di sebabkan karna dia salah memilih teman,dia memilih teman yang nakal berkemugkinan dia juga akan ikut nakal.

 

Leave a Reply