Narkotika
Narkotika

Pengertian Narkotika,penyebaran, jenis, dan efek narkoba bagi kehidupan.

Posted on

Narkotika adalah zat atau obat obatan terlarang yg berasal dari tanaman. Narkoba dapat mengakibatkan hilang kesadaran bagi orang yg mengkonsumsinya. Di dalam undang-undang, narkotika terbagi menjadi 3 golongan. Dan yang termasuk narkotika adalah: tanaman papaver, opium mentah, opium masak, morfina, Dll. Berbeda dengan psikotropika, psikotropika adalah sejenis obat yang mempunyai khasiat dapat mempengaruhi pada sistem saraf pusat yang bisa menyebabkan perubahan sifat mental. terdapat empat golongan psikotropika.namun setelah turunya UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. psikotropika golongan I dan II di masukan di dalam golongan narkotika. Sedangkan golongan III dan IV sesuai dengan UU No. 5 tahun 1997. Zat yang termasuk dari psikotropika yaitu:

  • sedatin, royhpnol, magadon, valium, madrax, amfetamine, fensidlikin, metakualon, metifenidat, ekstasi, sabu-sabu.dan masih banyak lagi.

Penyebaran Narkotika

Narkotika

sampai saat ini penebaran narkotika di indonesia sampai tidak bisa di cegah. Bahkan, berita baru-baru ini,  ada 1 ton ganja yang di kirimkan melalui laut anyer, lalu di simpan di suatu hotel yang sudah tidak aktif lagi, di gunakan untuk menyimpan ganja 1 ton tersebut. Sudah banyak upaya kita memberantas narkotika , namun masih sedikit kemungkinan kita untuk menghindarkan narkotika dari kalangan remaja maupun dewasa. Bahkan anak-anak kita pun yang berusia SD maupun SMP banyak yang terjerumus menggunakan narkotika. Salah satu cara menghindari anak-anak kita dari narkoba adalah dari pihak orang tuanya sendiri.Orang tua supaya diharapkan mampu mendidik anaknya, mengawasi anaknya, agar terhindar dari penyalahgunaan obat-obat terlarang tersebut.

JENIS-JENIS NARKOTIKA

banyak sekali jenis jenis narkotika salah satunya adalah Heroin dan Ganja.

  • HEROIN atau diamorfin adalah sejenis oploid alkaloid
Heroin
Heroin

Heroin adalah narkotika derivatif 3.6 diasetil dari morfin.dan di sintesiskan darinya melalui asetilasi. Bentuk dari heroin sendiri adalah sejenis kristal putih yang pada umumnya adalah garam hidroklorida, diamorfin hidroklorida, dampak dari heroin adalah dapat membuat kacandua(ketagihan) bagi yang mengkonsumsinya.

  • GANJA(cannabis indica)

Ganja

merupakan tumbuhan yang budidaya penghasil serat. efek dari ganja adalah bagi yg mengkonsumsinya dapat euforia(rasa senang yg berkepanjangan tanpa sebab bahkan bisa sampai gila). Dahulu ganja menjadi simbol budaya di amerika serikat (simbol budaya hippies) karena bentuk daun ganjanya yang khas. Selain itu opium(ganja) digunakan sebagai simbol arus globalisme(perlawanan) yang di paksakan oleh negara berkembang. Sedangkan di india di gunakan untuk menyembah dewa shiva.yaitu dengan cara menghisap dengan hannish(melalui pipa chilam/chillum, dan dengan meminu bhang)

Efek yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi narkotika

  • Halusinogen, yaitu efek yang bisa ber-halusinasi bila melihat sesuatu yang tidak ada bila di konsumsi dalam dosis yang sedikit maupun yang banyak. contohnya yaitu kokain dan LSD.
  • Stimulan, yaitu efek yang bisa membuat jantung dan otak berdetak dengan cepat sehingga cenderung membuatnya menjadi senang dan gembira dalam sementara waktu.
  • Depresen, yaitu efek yg bisa membuat seseorang bisa tertidur bahkan sampai tidak sadarkan diri.
  • Adiktif, yaitu efek yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan. Biasanya seseorang yang mengkosumsi narkoba akan terus ingin lagi dan ingin lagi karena narkoba cenderung bersifat pasif ,karena secara tidak langsung, narkoba akan memutuskan syaraf-syaraf,contohnya ganja, heroin, dan putaw.
  • jika sudah terlalu sering mengkonsumsi narkoba dalam jangka waktu yang pangjang apalagi sampai melebihi takaran, akan mengakibatkan over dosis bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Leave a Reply