legenda gunung semeru
Gunung Semeru

Keindahan, Sejarah, dan Legenda Gunung Semeru

Posted on

Gunung Semeru ini adalah gunung tertinggi di pulau jawa, dan gunung Semeru sendiri merupakan gunung tertinggi ketujuh di Indonesia, secara letak geografis gunung ini terletak di dua wilayah administratif, yaitu wilayah Kab Malang dan Lumajang. Dengan posisi di antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. Gunung Semeru ini memiliki ketinggian puncak 3.676 mdpl (meter di atas permukaan air laut). Gunung Semeru ini juga lebih dikenal dengan sebutan Mahameru sebagai puncaknya dan Jonggring Saloko adalah nama kawahnya.

Gunung Semeru sendiri merupakan jenis gunung stratovolcano aktiv yang berada didalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kawasan ini mempunyai luas 50.273,3 Hektar. selain keindahan panorama alamnya, taman nasional ini juga kaya akan budaya (suku tengger). Yang  menjadikan daya tarik bagi wisatawan maupun traveler lokal sampai mancanegara.

keindahan Gunung Semeru
Gunung Semeru

Di Gunung Semeru sendiri ini terdapat tempat-tempat tersendiri bagi warga yang menganut ajaran agama Hindhu dan Budha di Indonesia. karena di gunung ini sendiri dipersonifikasikan sebagai gunung yang suci karena berada di India. dalam sejarah kosmologi Hindu dan Budha  Gunung Semeru ini diambilkan dari bahasa sangsekerta yang mengartikan semeru itu ‘Meru Agung” gunung ini sebagai pusat alam semesta yang baik secara fisik ataupun metalisk (spiritual). Gunung ini juga dipercaya sebagai tempat bersemayamnya/tinggalnya para Dewa (Siwa) pada Zaman dahulu. Gunung ini juga dikenalsebagai gunung “Lingga Acala” lingga yang tidak bergerak sama sekali yang berarti bahwa lingga bukan diciptakan oleh manusia. Diartikan dalam bahasa Jawa Kuno, Acala diartikan sebagai gunung/karang. Legenda Gunung semeru  ini, terdapat pada kitab Tantu Panggelaran dengan bahasa Jawa Tengah, didalam bentuk prosa menceritakan bahwa, ketika tanah Jawa masih tidak seimbang ataupun belum stabil, Batara Guru memerintahkan para Dewa untuk memenggal sebagian punacak Gunung Mahameru dari tanah Bharatawarsa (India) untuk dibawa ke Jawa.

Dan perintah tersebut itu dilaksanakan oleh para Dewa. Puncak Mahameru akhirnya dipenggal, kemudian diterbangkan ke tanah Jawa dan jatuh disisi barat pulau Jawa, kemudian tanah Jawa berguncang. sedangkan di bagian timur Jawa berjungkat, tetapi yang dibagian barat Jawa malah tenggelam. Potongan-potongan puncak Gunung Mahameru itu pun dibawa kembali ke rah yang berlawanan (barat). dalam perjalanan dari arah barat menuju ke arah timur tanah Jawa, di bagian-bagian puncak Gunung Semeru itu ada sebagian juga yang berjatuhan. bagian-bagian yang jatuh tersebut akhirnya tumbuh dan menjadi enam gunung kecil, yaitu Gunung Katong (Gunung Lawu, 3.265 mdpl), Gunung Wilis (2.169 mdpl)< Gunung Kampud (Gunung Kelud, 1.713 mdpl), Gunung Kawi (2.631 mdpl), Gunung Arjuna (3.339 mdpl)< dan Gunung Kemukus (3.156 mdpl).

Legenda gunung Semeru ini menggambarkan tentang penyebaran Hindu paham Siwaitis di Indonesia dari tanah India ke negri Nusantara yang pusatnya adalah di tanah Jawa, dan meninggalkan pengaruh besar terhadap kepercayaan dan kebudayaan suku Tengger hingga saat ini. Gunung Semeru ini tidak indah alamnya saja selain itu legenda keberadaannya yang merupakan Peninggalan Arkeologi berupa Arca (Arcopodo) dan prasasti kumbolo.

Arca (Arcopodo) ini pertama kali ditemukan oleh mahsiswa Mapala Universitas Indonesia pada tahun 1984, yang bernama alm. Norman Edwin dan Herman O Lantang, Selang waktu yang sangat lama yaitu dua tahun setelahnya, Norman kembali mengunjungi Gunung Semeru tersebut untuk mengunjungi arca tersebut kembali dan menuliskann temuannya di majala Swara Alam pada tahun 1986. setelah berathun-tahun lamnya dua arca (Arcopodo) tersebut tiba-tiba menghilang dengan sendirinya dan tidak diketahui keberadaannya, seolah  seolah Arca itu telah menghilang secara misterius dan menjadi mitos dikalangan pendaki. Kemudian pada awal bulan November 2011 Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas melakukan penelitian dan membuktikannya bahwa menganggap bahwa arca tersebut hilang lebih dari 25 tahun. Dan mengapa di Pos Arcopodo yang sekarang pendaki tidak pernah menjumpai Arca ini.?

Gunung Semeru, Keindahan, Sejarah,dan Legenda. Sesuai dengan judul tulisan. dalam bagian ini saya akan menceritakan tentang pengalaman perjalanan yang mungkin bisa membantu memberikan kamu sedikit gambaran jika kamu ingin atau berencana untuk melakukan pendakian ke gunung Semeru. Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa Gunung Semeru adalah Gunung Suci, jadi jaga setiap omongan, perbuatan, tingkah laku,dan kelestarian (sampah) saat kamu melakukan trekking/mendaki Gunung Semeru. Begitu pula alam memiliki cara tersendiri untuk merespon perbuatan manusia.

 

Leave a Reply