Ukiran Buah
Ukiran Buah

Contoh Ukiran Buah yang Akan Membuat Anda Terinspirasi Membuatnya

Posted on

Fruit carving atau mengukir buah merupakan seni menghidangkan makanan dengan menunjukkan keindahan dari hidangan tersebut, media yang biasa di gunakan ialah buah, terutama untuk buah yang teksturnya lunak dan bentuknya bulat. Alat yang di gunakan untuk mengukir buah ini cukuplah sederhana yaitu pisau bergerigi, cutter, dan tusuk gigi jika memang di perlukan.

Mengukir buah atau fruit carving ini pertama kali di temukan di Thailand, Pada tahun 1364 seorang decorator yang bernama Nang Nopamas membuat sebuah dekorasi lampu perahu pada acar festival royal yang rutin di adakan saat bulan purnama, tiap tahun di bulan Desember.

Nang Nopamas mengukir buah dan sayur menjadi seperti bunga hingga rangkaian ukiran buah dan sayuran yang di buat olehnya menyerupai rangkain bunga Lili yang terlihat sangatlah indah.

Inilah beberapa contoh buah yang merupakan seni fruit carving yang terlihat indah, berikut contohnya :

  • Semangka Berbentuk Mobil

Semangka Berbentuk Mobil
Semangka Berbentuk Mobil

Biasanya replika kendaraan di buat dari kayu atau bahan-bahan yang lain yang sekiranya bisa dan mudah untuk di ukir, tapi hal yang menakjubkan adalah jika ada replika mobil yang di buat dari buah. Dengan skill pahatan yang sangat menakjubkan, pengukitr ini bisa merubah buah semangka menjadi sebuah replika mobil yang sangat keren.

Tentu saja replika mobil yang satu ini tidak bisa di gunakan untuk mainan anak-anak, karena jika di gunakan untuk mainan anak-anak pasti bentuknya akan berubah jelek. Ukiran semangka seperti gambar yang di atas, sangatlah cocok untuk di hidangkan sebagai hiasan di acara pernikahan, reunian, dan masih banyak lagi. Pasti kitra harus membayar dengan harga yang fantastis untuk mendapatkan buah dengan ukiran seperti ini, karena sangat susah untuk mengerjakannya.

  • Apel Berbentuk Dunia

Apel Berbentuk Dunia
Apel Berbentuk Dunia

Dunia tapi bentuknya kok apel? Anda heran dengan ini? Ini apel kok, akan tetapu tampilannya memang di buat seperti bola dunia yang biasanya kita sering lihat. Apel yang di buat menyerupai bola dunia ini di pahat dengan ukuran yang hamper sama dengan skala ukuran bumi yang sebenarnya, bagian kulit apel tersebut di buat menjadi daratannya dan bagian dalam apel untuk lautannya. Benua Amerika dan Afrika terlihat sama dengan yang aslinya, ini sangat terbukti bahwa sang pemahat menggunakan skill terbaik.

  • Melon Berbentuk Angsa

Melon Berbentuk Angsa
Melon Berbentuk Angsa

Sekilas jika anda lihat untuk membuat melon seperti bentuk angsa sangat sulit di buat, bagian tersulit untuk membuat angsa dari buah melon salah satunya ialah pada bagian leher dan kepala angsa. Sebaiknya bagi anda yang belum pernah memahat buah, jang coba dulu bentuk seperti ini karena tekniknya sangat sulit dan butuh ketelatenan.

Buat anda yang sedang ada acara pernikahan, reunian, dan lain sebagainya . Buah melon yang di ukir seperti angsa ini sangat cocok untuk anda suguhkan, terlebih lagi jika tamu yang anda undang dari luar kota pastinya anda tidak mau mereka kecewa, maka dari itu suguhkan ukiran buah seperti ini.

  • Jeruk dan Garis Lengkungnya

Jeruk dengan Garis Lengkungnya
Jeruk dengan Garis Lengkungnya

Sepertinya jika di lihat ukiran jeruk ini sangatlah bagus, warna perpaduan antara kulit jeruk dan buahnya sangat pas, jeruk ini bentuknya sangatlah mirip dengan keranjang yang ada di minimarket. Jika anda ingin membuat ukiran seperti ini, pastikan jeruk yang anda gunakan adalah jeruk yang berukuran besar, jangan jeruk nipis nanti akan susah untuk mengukirnya.

  • Apel Berbentuk Balon Udara

Apel Berbentuk Balon Udara
Apel Berbentuk Balon Udara

Ini nih teknik ukiran buah yang sangat gampang, jadi bagi anda yang belum pernah mengukir buah, cobalah membuat apel yang di ukir seperti balon udara ini. Caranya cukup dengan membuat irisan selebar 3 cm dengan berjajar, anda sudah bisa membuat balon udara 3 dimensi. Tambahkan mayonaise untuk membuat sebuah awan dan berikan sedikit irisan apel untuk bagian penumpang di balon udara tersebut.

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply