Pisang
Pisang

6 Jenis Pisang Yang Ada di Indonesia

Posted on

Pisang merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah yang beriklim tropis, dan buah ini juga banyak dikenal oleh banyak orang karena memiliki rasa yang nikmat serta banyaknya manfaat buah pisang yang dapat di peroleh dari kandungan buah pisang yang ada. Selain itu buah pisang juga memiliki rasa yang khas serta kaya akan vitamin dan mineral yang belum tentu terdapat pada buah yang lainnya.

Maka dari itu buah pisang ini banyak di budidayakan di Indonesia. Selain dicari akan manfaatnya, buah ini juga sering kali di olah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari makanan kering hingga makanan basah. Namun pada kalangan masyarakat, buah pisang ini sering kali di olah untuk di jadikan keripik ataupun biasanya juga dihidangkan secara langsung sebagai makanan penutup.

Nah, pada artikek kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis buah pisang yang memiliki ciri khas masing – masing.

Jenis – Jenis Pisang :

1.Pisang Ambon

Pisang Ambon
Pisang Ambon

Pisang ambon ini merupakan salah satu jenis pisang yang paling banyak dikenal oleh masyarakat, diantaranya adalah pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Pisang ambon lumut ini memiliki warna hijau, sedangkan pisang ambon kuning memiliki warna kuning. Jumlah buah dari pisang ambon lumut yaitu dalam satu tandannya terdapat 7 – 12 sisir, dan disetiap sisirnya terdapat 20 buah. Sedangkan pisang ambon kuning terdapat 6 – 9 sisir, dan disetiap sisirnya terdapat 20 buah.

2.Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu
Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu ini merupakan salah satu pisang yang sangat popular di Jawa. Buah pisang jenis ini memiliki kulit yang cukup tebal, dan saat matang kulit dari buah pisang raja bulu ini berwarna kuning oranye. Selain itu, pisang ini juga memiliki aroma yang sangat khas. Untuk jumlah pisang per sisinya terdapat 14 – 16 buah, dan biasanya pertandannya terdapat 6 sampai 19 sisir.

3.Pisang Raja Sereh

Pisang Raja Sereh
Pisang Raja Sereh

Pisang raja sereh atau yang popular dengan nama pisang susu ini merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki kulit yang cukup tipis dan berwarna kuning kecoklatan yang disertai dengan coret – coret hitam. Sedangkan untuk teksturnya sendiri buah pisang ini cukup lembut dan memiliki rasa manis serta aroma yang khas.

4.Pisang Barangan

Pisang Barangan
Pisang Barangan

Pisang ini banyak dikenal dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah pisang ini lebih banyak dikenal dibudidayakan di Sumatera Utara, meskipun sudah banyak daerah lain yang membudidayakannya. Kulit buah pisang ini memiliki warna kemerahan bila sudah matang, dan buahnya berwarna putih agak kuning.

5.Pisang Mas

Pisang Mas
Pisang Mas

Sesuai dengan namanya, pisang ini memiliki warna kulit berwarna kuning halus bila sudah matang. Pisang ini selalu ada bila saat pesta ataupun hajatan. Buah pisang mas ini memiliki ukuran buah yang cukup kecil dan juga memiliki kulit yang cukup tipis. Pisang ini memiliki ciri khas yaitu daging buahnya yang lunak dan rasanya cukup manis dengan aroma yang khas. Dalam satu sisir buah pisang mas ini terdapat 18 buah, dan disetiap satu tandannya terdapat 5 – 9 sisir.

6.Pisang Mas Kirana

Pisang Mas Kirana
Pisang Mas Kirana

Pisang mas kirana ini hampir sama dengan jenis pisang mas, namun ukuran buahnya lebih besar. Buah pisang mas kirana ini juga tidak mudah busuk bila di bandingkan dengan pisang mas. Sehingga menjadikan jenis pisang ini lebih cocok bila dijadikan komoditas ekspor.

Itulah beberapa jenis – jenis pisang yang saat ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain memiliki jenis yang berbeda – beda, pisang ini juga sangat baik untuk  dikonsumsi. Karena kandungan buah pisang sangat berguna dalam kesehatan tubuh.

Leave a Reply