Tanaman Anggrek Bulan
Tanaman Anggrek Bulan

Mengenal Tanaman Bunga Anggrek Bulan yang Indah

Posted on

Bunga memang memiliki keindahan yang dapat membuat banyak orang merasa ingin memilikinya. Begitu juga dengan tanaman bunga anggrek bulan yang termasuk ke dalam salah satu bunga nasional Indonesia. Dilihat dari bentuk kelopaknya dan juga warna bunga yang sangat mempesona dan tidak dimiliki oleh bunga yang lain. Bunga anggrek bulan yang populer dengan nama Butterfly Orchid, karena seperti seekor kupu-kupu yang melebar dengan corak warna yang sangat cantik. Itulah yang tentunya membuat bunga anggrek bulan ini menjadi banyak diminati oleh para penggemarnya.

 Anggrek Bulan
Anggrek Bulan

Dan apabila anda ingin menanam tanaman bunga anggrek bulan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya memerlukan beberapa teknis khusus agar tanaman anggrek ini dapat tumbuh. Dan untuk mendapatkan tanaman anggrek ini anda bisa melakukan dua hal, yaitu dengan menanam media pot dan juga menempelkannya di pohon. Dan berikut penjelasannya :

  1. Menanam Media Pot

Menanam tanaman bunga anggrek bulan yang pertama adalah dengan menanamnya dengan media pot sebagai wadah dari tanaman bunga anggrek tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  •  Pertama pilihlah pot yang pas dan sesuai dengan tanaman anggrek. Dan agar lebih terkontrol perkembangan dari akar tanaman anda bisa untuk menggunakan pot yang transparan.
  •  Dan untuk media tanahnya anda bias menggunakan sabut kelapa, pecahan-pecahan genteng, batu bara, arang, dan juga potongan akar pakis.
  •  Menyiapkan kawat dari bambu.
  •  Menyiapkan bibit tanaman anggrek yang bias kita dapatkan dari toko pertanian atau toko bunga yang memiliki daun berukuran 1 cm dan sudah berakar sekitar 2 hingga 3 helai.
  •  Setelah semua terlaksana, kita bias mulai untuk melakukan proses penanaman bunga. Untuk penanaman bibit anggrek bulan ini kita bisa langsung memindahkan bunga ke dalam pot dan jangan sampai merusak sehelai akar ataupun daun. Setelah kita itu kita bisa memberikan perawatan yang secukupnya dengan member sedikit pupuk dan rajin menyiram.
  •  Setelah berusia lebih dari 3 bulan, kita bisa melakukan tahapan repotting. Yaitu dengan memindahkan tanaman anggrek bulan ke dalam pot yang berukuran lebih besar.
  1. Menanam Anggrek Dengan Cara di Tempel

Bunga anggrek memang termasuk ke dalam tanaman bunga yang merambat dan hidup dengan cara menempelkan diri pada tanaman lain. Dan itu juga yang membuat anggrek dapat ditanam dengan cara menempelkannya ke tanaman lain, dan termasuk cara yang paling mudah dalam menanam tanaman bunga anggrek.

Perawatan Tanaman Bunga Anggrek Bulan

Dan setelah kita berhasil menanam tanaman anggrek bulan ini langkah selanjutnya adalah dengan memberikan perawatan yang ekstra kepada tanaman ini.

  • Pemberian Pupuk

Apabila kita memberikan pupuk alangkah baiknya kita lebih arahkan pada bagian daunnya, karena faktanya pembuluh daun dapat menerima 90% asupan nutrisi. Dan dekastar adalah alah satu pilihan pupuk yang biasa digunakan para pecinta tanaman anggrek.

  • Penyiraman Bunga Anggrek Bulan

Bunga anggrek bulan termasuk jenis tanaman yang tidak terlalu menyukai asupan air yang berlebih. Karena itu dapat merusak pertumbuhan akar dan membuat media tanam menjadi basah. Dan sebaiknya melakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer, karena dapat membuat tanaman tetap dalam keadaan lembaba tanpa merusak media tanamnya.

  • Intensitas Cahaya

Bunga anggrek bulan termasuk jenis bunga yang tidak terlalu memerlukan sinar matahari yang berlebih. Sekitar 20-30% sudah cukup berpengaruh, itupun hanya dari cahaya matahari pagi. Jadi kita bisa memberikan pelindung seperti paranet agar tetap terjaga dari sinar matahari. Dan apabila mengunakan media pohon sebagai media tanamanya usahakan menanam menghadap kea rah timur agar langsung terkena sinar matahari pagi.

Itulah sedikit mengenai tanaman bunga anggrek bulan dan cara melakukan perawatan untuk tanaman bunga anggrek bulan.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply