Pesona Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur yang Begitu Eksotis

Posted on

Apakah anda pernah mendengar, pantai Klayar Pacitan yang menyimpan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Jika anda mengunjungi pantai Klayar akan menemukan pesona pantainya yang unik dengan hamparan pasir putihnya yang luas. Di sana ada karang raksasa laksana Sphinx, bebatuan karang dengan bentuk yang sangat unik, air mancur alami setinggi 10 meter, serta suguhan seruling samudera.

Pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, lebih tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Pacitan pantai Klayar ini bisa di tempuh dengan jarak perjalan sejauh kurang lebih 40 km dari arah barat kota Pacitan, serta menghabiskan waktu perjalanan selama 1 jam.

Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang ada di Jawa Timur yang sangat mengagumkan, ya memang popularitasnya tidak setenar Goa Gong Pacitan dan Pantai Teleng Ria. Tetapi secara umum, pantai Klayar ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang sangatlah menarik untuk di kunjungi.

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Pesona pantai Klayar Pacitan yang sangat menawan ini patut untuk anda masukkan di dalam rencana perjalanan liburan anda dengan keluarga, akan tetapi yang membuat kurang mudah yaitu akses jalan untuk menuju pantai ini. Jika anda menuju pantai klayar ini pasti akan menjumpai jalan yang belum di aspal dan beberapa bagian jalan yang rusak, jadi anda harus benar hati-hati untuk melewatinya.

Selain itu anda juga harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun, inilah yang membuat  anda harus hati-hati di dalam mengemudi kendaraan, karena memang perlu kehati-hatian agar tidak terjadi suatu kejadian yang tidak di inginkan. Tetapi setibanya anda di pantai Klayar, anda akan di suguhkan pemandangan yang sangat menawan hati anda.

Persoalan ini sudah di antisipasi oleh pemerintah lokal dan dieksekusi di dalam recana pengembangan wisata di Pacitan, pembangunan pariwisata ini sangatlah penting karena melihat para wisatawan yang mengunjungi pantai Klayar Pacitan semakin banyak sekali dari waktu ke waktu.

Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Pesona Pantai Klayar Pacitan
Pesona Pantai Klayar Pacitan

Hal yang menarik di pantai klayar ini ialah tebingnya yang sangat banyak dan ada beberapa di antaranya berlubang karena di terjang oleh ombak, juga banyak pohon kelapa yang berjajar di kawasan pantai. Satu hal yang perlu anda ingat adalah anda tidak boleh berenang di pantai ini, anda hanya bisa menikmati pesona keindahan pantainya saja, karena mengingat ombaknya yang tergolong besar dan banyaknya tebing.

Di pantai klayar ini anda akan menjumpai sesuatu yang unik yaitu seruling samudera, seruling samudera ialah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau bebatun yang ada di pantai Klayar ini. Saat cekungan itu di terjang oleh ombak dan air laut akan menyembut ke permukaan melalui sela-sela bebatuan yang akhirnya akan menghasilkan bunyi yang sangat indah layaknya bunyi seruling.

Jika anda melihat ke arah barat dari pantai klayar ini, terdapat sebuah tebing karang yang besar dan menjulang dengan ketinggian hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang terdapat di kawasan wisata pantai Klayar ini, pemandangan di pantai Klayar ini sangatlah eksotis.

Di pantai Klayar anda bisa menyaksikan fenomena di mana ombak akan menghantam bebatuan karang yang akhirnya akan menciptakan air mancur yang tingginya bisa mencapai 10 meter, pemandangan yang indah ini adalah akibat semburan kencang dari air laut yang masuk melalui bawah sela-sela bagian bawah bebatuan.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply