sayur-bayam
bayam yang kaya nutrisi

Manfaat Sayuran Bayam Bagi Kesehatan

Posted on
manfaat-bayam
berbagai manfaat dalam bayam

Sayuran bayam atau amaranthus spp adalah sayuran yang biasa di tanam dikebun , sayuran ini berasal dari amerika tropic dan sekarang tanaman ini menyebar keseluruh penjuru dunia, siapa yang tak kenal dengan bayam, sayuran yang mempunyai daun yang lebar dan batang yang pendek. Bayam terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung sumber zat besi penting.

Bayam pun mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Bayam termasuk sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin K, mangan, magnesium, serat, folat, pprotein, kalsium dan lain sebagainya. Selain banyak nutrisi bayam juga rendah kalori. Hal demikian menunjukan bahwa bayam memiliki banyak nutrisi yang lengkap.

Berikut saya akan mengulas beberapa manfaat bayam bagi kesehatan :

  • Melawan sel kanker

Manfaat bayam yaitu melawan tumbuhnya sel kanker. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, serat, dan 13 flavonoid beberapa nutrisi ini mampu melawan sel kanker.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam mengandung kalium dan rendah sodium. Bayam juga memiliki tingkat mineral yang seimbang sehingga sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Folat yang terdapat di bayam mampu menurunkan tekanan darh tinggi dan melemasakn pembulu darah sehingga bisa mempertahankan kelancaran aliran darah.

  • Sumber anti-inflamasi

Baym banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin yang mana 2 kandungan ini berperan penting dalam regulasai peradangan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu terjadinya terkena penyakit jantung bahkan bisa terkena serangan jantung.  Berbagai nutrisi didalam bayam bisa menjaga kesehatan jantung.

  • Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat bayam yaitu dapat menyehatkan kulit. Hal ini dikarenakan bayam mengandung vitamin A yang cukup tinggi, vitamin A ini bisa menjaga kulit menjadi lebih sehat dan memungkinkan retensi kelembapan epidermis pada kulit yang akhirnya melawan psoriasisi, jerawat, keratinisasi, bahkan keriput pada wajah.

  • Mencegah anemia

Bayam banyak mengandung zat besi yang penting bagi tubuh. Zat besi digunkan saat tubuh kekurangan sel darah merah. Zat besi berguna untuk memperbanyak sel drah merah, sehingga dapt mencegah adanya penyakit anemia.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu cangkir bayam mengandung lebih dari 337 % dari angka kecukupan gizi  dan juga mengandung vitamin A, yang mana vitamin A bisa memperkuat daya tubuh sehingga jarang terserang penyakit.

  • Mengobati pendarahan gusi

Bayam juga bisa mengobati pendarahan gusi . campurkan jus wortel dengan bayam lalu minum sampai pendarahan pada gusai berhenti.

  • Baik untuk masa pertumbuhan

Mineral dan zat besi yang terkandung dalam bayam sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja. Selain itu, bayam juga baik untuk perempuan yang sedang menstruasi. Bayam juga mnegandung banyak kalori seperti rendah lemak dan bebas dari kolestrol di bandingkan dengan daging merah yang segar.

  • Mencegah diabetes

Kandungan magnesium dalam bayam mampu mencegah diabetes. Mengkonsumsi bayam secara teratur akan membantu menstabilkan gula dalam darah dan dapat mencegah dari berfluktuasi yang banyak.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply