Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasi Ketombe dengan Bahan atau Cara Alami

Posted on

Ketombe merupakan penyakit yang menyerang rambut yaitu berupa pengelupasan kulit  mati berlebihan di kulit kepala. Sel sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalaminya secara terus menerus (kronis ataupun sekali sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar diikuti dengan pemerahan dan iritasi). Kebanyakan masalah ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan bebas.

Penyebab munculnya ketombe antara lain:

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, selsel epidermal akan terdorong keluar, dimana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini telalu kecil untuk dapat dilihat oleh mata. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian atau pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususnya umum terjadi di kulit kepala. Pada rang yang berketombe, selsel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira kira  dua minggu sekali, sedangkan pada orang yang tidak berketombe, siklus ini berlangsung sekitar satu bulan sekali. Hasilnya selsel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Cara mengatasi ketombe bisa menggunakan:

  1. Cuka

Cuka cukup mujarab untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Cuka memiliki zat asam yang bersifat abrasive. Kandungan inilah yang yang mampu mengelupaskan selsel kulit mati di kulit kepala anda.

  1. Baking soda

Baking soda mengandung senyawa abrasive yang mampu mengatasi ketombe di kulit kepala.

Namun usahakan jangan menggunakan baking soda yang terlalu berlebihan , karena dapat mengakibatkan kulit mengalami masalah iritasi. Hentikan penggunaan jika ketombe sudah hilang..

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sejak zaman dahulu sudah dipercaya cukuo efektif untuk merawat rambut secara alami. Dalam lidah baya tekandung beragam mineral alami yang cukup efektif untuk memberi nutrisi rambut. Selain bermanfaat menghilangkan ketombe, ternyata lidah buaya dapat melembabkan rambut secara alami.

Demikian artikel diatas tentang penyebab munculnya ketombe dan cara mengatasi ketombe dengan bahan atau cara alami . Semoga bermanfaat untuk anda sekain terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply