Aktivitas Gunung Sinabung
Aktivitas Gunung Sinabung

6 Misteri Gunung Sinabung yang Menakutkan

Posted on

Letusan gunung sinabung menjadi bencana alam untuk Indonesia bahkan di Luar Negeri juga, merasakan kepedihan dari bencana ini. Tidak ada yang bisa memkirkan bagaimana bisa gunung yang sudah tertidur bertahun-tahun tiba erupsi. Gunung sinabung mengeluarkan larva dan juga abu vulkanik tanpa henti, banyak sekali korban yang berjatuhan bahkan ratusan orang dan membuat Indonesia berduka kembali.

Gunung Sinabung kembali meletus 21 Mei 2016, Gunung Sinabung meletus dan mengeluarkan awan panas, awan panas ini meneyelimuti Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Akibatnya 7 orang meninggal dan 2 lainnya mengalami lika bakar. Diperkirakan korban tengah berada di zona merah yang berjarak 4 km dari Gunung Sinabung, sampai dengan 22 Mei 2016, telah terjadi 4 kali letusan. Menurut petugas pos Gunung Sinabung erupsi pertama yang meluncurkan awan panas terjadi sekitar 14:30 WIB.

Dibalik letusan dahsyat tersebut tersembunyi beberapa misteri letusan Gunung Sinabung yang menyimpan cerita misteri. seperti apa misteri yang terkuak? berikut ini adalah ulasan mengenai Gunung Sinabung.

1.Meletus 800 Tahun yang Lalu

Gunung-Sinabung-Meletus
Gunung-Sinabung-Meletus

Para peneliti menemukan fosil kayu dikedalaman 20 meter, hal ini yang membuktikan bahwa adanya letusan beberapa ratus tahun yang lalu. Lokasi ditemukannya fosil ini di Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Setelah di penelitian tahun 2010 ternyata fosil kayu itu terbakar sekitar 800 lalu akibat letusan Gunung Sinabung. Padahal, Gunung Sinabung masuk deretan gunung mati yang tidak pernah meletus sejak tahun 1600. tidak ada yang menyangka Gunung Sinabung meletus 800 tahun yang lalu, peristiwa meletusnya Gunung Sinabung 800 tahun yang lalu masih menjadi mesteri yang semakin lama terkuak dan berubah menjadi fakta.

2.Gunung Sinabung Tidak Meletus Di Tengah

Gunung-Sinabung-Meletus-Tidak-Ditengah
Gunung-Sinabung-Meletus-Tidak-Ditengah

Kebanyakan gunung meletus pada bagian tengah, dan pada bagian itulah gunung mengeluarkan larva pijar, namun sangat berbeda dengan letusan Gunung sinabung yang ternyata berada di bagian samping tidak berada di puncaknya. Orang-orang khawatir jika yang meletus bagian samping karena jika itu terus terjadi maka lama-kelamaan gunung akan terkikis dan menjadi rata dengan tanah.

3.Gunung Sinabung Bukan Sibayak

Gunung-Sinabung-Bukan-Sibayak
Gunung-Sinabung-Bukan-Sibayak

Masyarakat Karo menyangka bahwa yang akan meletus adalah gunung Sibayak, Gunung Sinabung dan gunung Sibayak mendatangkan kejuan yang sangat luar biasa. Kebanyakan masyarakat lebih waspada dengan keberadaan Gunung Sibayak karena gunung ini pernah meletus di tahun 1881. Namun faktanya Gunung Sinabung lah yang meletus sangat dahsyat, mereka tidak menyangka bahwa gunung yang sudah mati bertahun-tahun ternyata hidup lagi dan menjadi aktif. Selain itu letusan Gunung Sinabung memakan banyak sekali korban.

4.Misteri Orang Berdoa

Misteri-Orang-Berdoa
Misteri-Orang-Berdoa

Letusan Gunung Sinabung selain menyisakan Duka tetapi juga menjadikan misteri, beberapa orang bercerita pada saat erupsi Gunung Sinabung, abu vulkanik terlihat seperti orang yang sedang berdoa. Kejadian itu memang bukan kejadian biasanya, seharusnya abu vulkanik yang keluar dari gunung berbentuk mengikuti arah angin. Banyak sekali orang yang menebak-nebak makna dibalik bentuk simbol orang yang berdoa. Sebagian dari masyarakat mengemukakan bahwa kepulan abu vulkanik itu mengingatkan untuk berdoa agar selamat dan terhindar dari bahaya.

5.Anak Gunung Toba

Anak-Gunung-Toba
Anak-Gunung-Toba

Letusan Gunung Toba adalah letusan yang paling mengerikan di Dunia. gunung itu meletus ratusan tahun lalu, erupsi dari gunung ini hampir memusnahkan manusia. Banyak orang menyebutnya sebagai kiamat kurba. Ternyata letusan Gunung Toba menghasilkan dua buag gunung yaitu Sinabung dan Sibayak. Gunung yang berhasil membentuk Samosir dan Danau Toba ini juga berhasil menunggalkan dua gunung yang aktif dan pernah meletus hebat.

6.Erupsi Terlama Di Indonesia

Erupsi-Gunung-Sinabung
Erupsi-Gunung-Sinabung

Gunung Sinabung memecahkan rekor dengan erupsi terlama di indonesia, dengan rekor sebelumnya yang dipegang oleh gunung Bromo dengan lama 7 bulan. Kini gunung ini sudah disusul dengan Gunung Sinabung yang erupsinya lebih lama. Namun bekas erupsi tidak selamanya berdampak negatif ada juga damak positif dari erupsi gunung, seperti tanah menjadi subur setelah erupsi.

Demikianlah misteri di balik letusan Gunung Sinabung semoga menambah wawasan anda ya.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply