Cari Tahu Makanan Khas Kediri

Posted on

Selain tempat-tempat wisata yang terkenal di Kediri seperti Monumen Simpang Lima Gumul dan Gudang Garam yang merupakan salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia. Makanan khas dari kota Kediri juga tidak kalah popular dan enak. Kota Kediri terletak kira-kira 130 km dari sebelah barat daya kota Surabaya dan merupakan salah satu kota terbesar ketiga yang ada di Jawa Timur setelah kota Malang dan kota Surabaya. Kediri merupakan kota yang menjadi pusat perdagangan utama untuk industri gula dan rokok di Indonesia.

Makanan Khas Kediri yang Populer dan Enak

  1. Tahu Takwa

Tahu Takwa kini menjadi oleh-oleh khas dari Kediri sejak tahun 1912, karena awalnya dikenalkan oleh seorang pengusaha dari Cina yang bernama Bah Kacung. Nama Tahu Takwa diambil dari bahasa Mandarin yaitu takwa yang artinya aroma. Memang aroma tahu ini gurih dan menggoda meskipun belum dirasakan. Yang membuat rasa tahu takwa berbaeda dengan tahu yang lainnya adalah rasa yang gurih dan sama sekali tidak terasa masam. Yang membedakan lagi adalah ketika tahu takwa digoreng, bagian dalam tahu (daging tahu) tetap lembut dan bagian kulit luarnya sangat crispy.

tahu-takwa

  1. Stik Tahu

Julukan kota Kediri sebagai Kota Tahu sudah tidak asing lagi, karena banyak varisai dari salah satu makanan khasnya yaitu tahu yang divariasi menjadi Stik Tahu. Rasanya sudah tidak dihiraukan lagi, sudah pasti tidak kalah enak dengan stik-stik yang lain. Rasanya gurih sekali dan tidak terlalu mengenyangkan, sehingga cocok untuk Anda yang senang camilan tapi tidak ingin gendut atau tidak ingin terlalu kenyang. Teksturnya yang lebih crispy dan lembut ketika digigit dibandingkan dengan stik tahu yang lain. Terasa kurang jika Anda berkunjung ke Kediri tapi belum mencicipi makanan yang satu ini.

stik-tahu

  1. Gethuk Pisang

Tidak hanya dari bahan olahan tahu, makanan khas Kediri yaitu gethuk Pisang yang merupakan olahan makanan dari buah pisang juga menjadi kekinian sampai sekarang. Rasnaya yang sedikit asam tapi manis dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti lontong bisa Anda temukan di sepanjang jalan Dhoho atau di pusat oleh-oleh khas Kediri.

gethuk-pisang

  1. Sate Bekicot

Sesuai dengan namanya sate ini berbahan dasar bekicot. Rasanya manis sedikit pedas dengan tekstur dagingnya yang empuk sedikit kenyal. Makanan ini tidak kalah laris dengan makanan khas di atas tadi. Mungkin ada yang merasa aneh dengan makanan ini tapi cobalah rasakan makanan ini, barangkali langsung suka dan ketagihan.

sate-bekicot

Demikian beberapa makanan khas Kediri yang popular dan haruns Anda coba ketika berkunjung atau melewati Kediri.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply