Tips Mudik Aman dan Nyaman
Tips Mudik Aman dan Nyaman

8 Tips Mudik Aman dan Nyaman Gunakan Mobil bersama Keluarga

Posted on

Mudik udah menjadi kebiasaan yang beberapa orang Jakarta atau perantauan lakukan dikala Lebaran tiba. Mudik juga identik dengan bermacet ria, namun justru itu “seni”nya. Semacet apa pun perjalanan, selamanya akan membuat mudik paling dinanti tiap-tiap tahun.

Agar pulang kampung menjadi lebih nyaman, Simak beberapa hal yang perlu anda lakukan. Nah, selanjutnya tips mudik gunakan mobil yang perlu anda ketahui:

1. Periksa Detail Kondisi Mobil

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi secara detail mobil anda. Kalau pada umumnya, seminggu sebelum saat Lebaran, mobil yang akan digunakan untuk mudik di bawa ke bengkel untuk cek kondisi mobil tersebut.  Periksa secara detail kondisi ban mobil, rem, kampas, kopling, mesin mobil dan air sebelum anda perjalanan atau berangkat mudik.

2. Jangan Melebihi Kapasitas Penumpang Maupun Barang

Supaya selamat dan nyaman dalam perjalanan,  sangat di hindari mengangkut penumpang dan membawa barang terlalu banyak sehingga melebihi kapasistas mobil anda. Kalau berlebihan beban, maka keselamatan penumpang yang menjadi taruhan. Hal ini juga berlaku pada barang bawaan.

3. Bawalah Uang Tunai yang Cukup

Selama perjalanan mudik, kami tidak bakal memahami apakah bakal bertemu ATM atau tidak di sepanjang jalan. Oleh karena itu, siapakan uang tunai, karena tidak seluruh toko sediakan mesin debit dan kartu kredit. Sebelum berangkat, coba lakukan perhitungan kasar pengeluaran yang bakal anda habiskan sepanjang di perjalanan. Hitung mulai dari pengeluaran besar sampai kecil baik ongkos makan, parkir, tol, tolet, dan lain sebagainya.

4. Siapkan dan Bawa Makanan & Minuman Cukup

Membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan termasuk hal yang penting. Sebab, kami belum pasti menemukan minimarket, supaya disarankan untuk buat persiapan makanan ringan sampai makanan agak berat seperti roti.

5. Install Aplikasi GPS/ Bawa Peta Mudik

Aktifkan atau Install GPS di smartphone anda karena hal tersebut penting untuk mengecek kemacetan sampai jalan alternatif lainnya. Perlu diingat bahwa GPS sangat boros dalam penggunaan baterai, sebaiknya sedia an juga powerbank supaya handphone anda tetap terus menyala menyala. Bawa juga peta jalur mudik yang banyak disediakan untuk mengecek info jalur mudik sampai rest area.

6. Istirahat Sebentar Jika Lelah

Jarak tempuh perjalanan yang cukup jauh serta macet udah pasti bakal bikin anda capek menyetir, maka jangan dipaksaan. Luangkan waktu sejenak di rest area atau pom bensin terdekat untuk beristirahat. Anda bisa kembali menyetir jika tubuh udah lebih segar. Mengantuk bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.

7. Menyiapkan Perkakas & Kotak Obat (p3k)

Pastikan bahwa tidak ketinggalan membawa perkakas & kotak obat keluarga (p3k). Perlengkapan tersebut lumayan penting untuk keselamatan dalam perjalanan mobil dan juga kesehatan bagi sang sopir maupun untuk penumpang.

8. Jika Membawa Balita

Supaya balita nyaman dan tidak rewel ikut perjalan mudik di perjalanan, jangan lupa bawa perlengkapan penunjang seperti bantal dan selimut. Malam hari kebanyakan bakal cukup dingin, sehingga hangatkan tubuhnya bersama selimut.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply