Tipe Guru dan Cara Mengatasinya
Tipe Guru dan Cara Mengatasinya

Yuk Cari Tahu! Tipe Guru dan Cara Mengatasinya

Posted on

Dalam dunia sekolah seorang guru merupakan pribadi yang sakral dalam kelas. Guru yang disukai oleh muridnya ya tentunya guru yang easy going, mengajarnya jelas, kasih nilai yang baik, tidak membosankan, dan cepat pulang kalau ngajar. Hanya saja, guru yang seperti itu sangatlah sulit ditemukan bahkan mungkin saja hanya ada alam bawah sadar kita saja. Yupps! Kali ini kita akan memberi tahu kamu tipe – tipe guru dan juga tips untuk menghadapinya.

  1. Guru yang Lurus

Tipe guru yang seperti adalah guru yang mainstream. Di bilang galak enggak, di bilang baik juga enggak, kadang telat iya, kadang juga enggak. Guru yang lurus atau normal inilah akan cukup sulit untuk diidentifikasi pribadinya. Akan tetapi, biasanya karena lurus – lurus saja tidak sulit juga untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Tips untuk menghadapinya yaitu dengan cara jangan bertingkah aneh dan jalani saja tanpa ada masalah, aktif bertanya, dan juga jangan sering bolos di saat jam pelajarannya.

  1. Guru Berumur

Mungkin di sekolah kamu ada guru yang sudah berumur akan tetapi masih bisa mengajar. Nah! Guru yang seperti ini biasanya mudah capek, suaranya agak pelan, dan kurang perhatian dengan anak didiknya di karenakan faktor usianya yang sudah berumur. Alhasil kelas pun menjadi tidak ada yang memperhatikan. Selain itu tipe guru ini biasanya gaptek, untuk menyalakan komputer atau proyektor saja mungkin bisa butuh waktu 15 menit. Guru yang sudah berumur juga suka menceritakan masa lalunya jadi kalau kamu ada waktu lebih setelah jam pelajaran bisa bertanya – tanya pengalaman beliau yang pastinya beliau akan senang banget ada yang mendengarkan ceritanya.

Tips untuk menghadapinya yaitu dengan cara bantulah beliau saat kesulitan untuk menyalakan komputer ataupun proyektor , dan ajaklah mengobrol mengenai msa muda beliau juga harus dicoba.

  1. Guru Muda

Guru seperti ini biasanya kuliahnya belum lulus. Karena jiwa mudanya yang masih sangat tinggi kecenderungan untuk bisa easy going masih ada. Guru yang masih muda memilki semangat yang cukup tinggi dalam mengajar. Akan tetapi kemungkinan besar cara mengajar dan pengetahuannya pun masih terbatas, jadi sabar saja kalau teori yang diberikannya itu agak berbeda dengan yang seharusnya.

Tips untuk menanganinya yaitu dengan cara sewaktu jam pelajarannya aktif – aktiflah untuk bertanya dan jangan sampai sibuk sendiri, karena tempremen guru muda ini masih cukup tinggi.

  1. Guru Baik

Nah! Guru yang seperti ini nih merupakan anugerah terindah bagi para murid. Nilai A sudah ditangan.

Tips untuk menghadapinya yaitu dengan cara janganlah melakukan tindakan yang aneh – aneh dan juga jangan ngelunjak.

  1. Guru Killer

Definisi guru killer adalah “guru yang menyeramkan” atau bahkan dalam bahasa jepang bisa di katakan tsundere “mematikan”, banyak definisi lain dari guru ini. Mulai dari kepastian kena marah, kepastian mendapat nilai C atau bahkan D, dan kepastian lainnya. Guru killer akan sangat tepat waktu dalam menghadiri jam pelajarannya, jadi apabila kamu telat kelewatan jam absen 1 menit pun tidak ada ampun buat kamu. Murid yang berani tidur di kelas saat jam pelajarannya mempunyai nyali yang sangat besar. Kamu akan dibangunkan dan dibombardir dengan pertanyaan – pertanyaan yang sulit nan menantang atau bahkan disuruh maju untuk mnegerjakan soal yang ada di papan tulis. Kelas yang ribut dan meremehkannya juga merupakan musuh terbesar seorang guru killer. Cacian – cacian akan kamu dapatkan bila hal itu terjadi.

Contoh Guru Killer
Contoh Guru Killer

Tips untuk menghadapinya yaitu dengan cara banyak belajar dan berdo’a, janganlah melakukan hal – hal yang aneh di kelas dan hiduplah dengan lurus. Kalau ada kesempatan kamu bisa tanya – tanya pelajaran agar kamu kenal dengannya dan dia juga kenal dengan kamu lebih jauh.

Gravatar Image
Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu - kupu yang cantik.

Leave a Reply