Cara Pembuatan Anime Dibalik Layar Kaca

Posted on

Tahukah Anda? ternyata anime yang biasa kamu tonton pembuatannya sangat rumit dan membutuhkan biaya yang sangat besar, pasti sebagian dari kita sudah mengetahuinya. Lalu kenapa masih ada saja orang yang sampai menghina anime? ingat! sejelek apapun sebuah karya tetap saja tidak boleh dihina walaupun kita tidak menyukainya, kalau ingin mengkritik, mengkritiklah dengan cara yang baik, kalau ingin memberi saran, ya berilah saran dengan cara yang baik. Yups!! kembali ke topik awal, apakah kalian ingin tahu cara pembuatan anime? yuk kita simak info di bawah ini!

  1. Rencana (Planning)

Tidak hanya anime, suatu hal pasti memerlukan rencana untuk bisa menghasilkan hal tersebut menjadi hasil yang baik. Dalam pembuatan anime hal ini harus dilakukan, apabila hal ini tidak dilakukan maka anime pun tidak akan bisa terwujud. Perncanaannya kurang lebih meliputi anime apa yang akan dibuat, bagaimanakah desain karakter yang akan dibuat, teknis – teknis apa saja yang dilakukan, dan juga pembagian staff – staff yang akan terlibat dalam pembuatan anime ini.

  1. Skenario

Apabila perencanaan sudah siap atau matang dan telah disetujui oleh semua pihak maka kita akan melanjutkannya dengan membuat skenario, dalam hal ini kita akan membahas detail karakter atau tokoh yang akan berperan.

Skenario Anime

 

  1. Storyboard

Apakah kalian tahu storyboard? storyboard yaitu pengembangan hasil dari skenario yang telah dibuat. Kalau skenario itu penjelasan cerita yang berupa teks, nah kalau storyboard ini paparan yang lebih mendetail. Dalam storyboard ini terdapat beberapa gambaran kasar, bagaimana yang akan terlihat discene tertentu, biasanya terdapat gambar dan ditulis di kolom sampingnya tentang detail scene yang akan dibuat mulai dari tata cahaya, posisi kamera, dialog, timing scene, adegan, dan detail lainnya, yang mana dengan ini tim produksi akan mengerti atau paham sepenuhnya detail cerita dan karakter yang akan dibuat.

http://gedubar.com/wp-admin/post.php?post=224&action=editStoryboard Anime

  1. Menggambar

Dalam tahap ini akan dibagi lagi menjadi tiga yaitu gambar kunci, pembuatan lay out, dan animasi in between. Dalam tahap pembuatan lay out, orang yang akan bertanggungjawab membuatnya itu akan banyak memikirkan bagaimanakah alur gerakan dalam setiap detail atau adegan yang akan dilakukan oleh tokoh. Dan kemudian pembuatan gambar – gambar kunci, orang yang diberi tanggungjawab ini akan menentukan titik – titik mana saja pergerakan yang akan terjadi pada tokoh. Lalu dilanjutkan dengan gambar in between yang akan mengunci semua pergerakan gambar sehingga gambar akan sepenuhnya bisa bergerak.

menggambar-anime

  1. Mewarnai

Tidak seperti zaman dulu dalam proses pewarnaan kita membuatuhkan atau menggunakan kuas dan juga cat di atas sel – sel yang telah disiapkan, untuk zaman sekarang tahap ini dikerjakan dengan cara men-scan dalam komputer dan juga bisa dengan cara digital.

Proses Pewarnaan

Nah!! begitulah cara pembuatan anime, memang kelihatannya mudah akan tetapi jika sudah dikerjakan kita akan merasakan betapa rumitnya pembuatan anime.

Incoming search terms:

  • anime di balik kaca
Gravatar Image

Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu – kupu yang cantik.

Leave a Reply