berbakti kepada orang tua
Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Hal Sepele yang Membuat Orang Tua Merasa Bahagia

Posted on

 

contoh memebahagiakan orang tua
Hal Kecil Yang Membuat Orang Tua Bahagia

Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi setiap anak yang ada di dunia ini, karna mengingat begitu besar jasa kedua orang tua kepada kita para anak. Sejak kita lahir, orang tua sudah ada di samping kita dan siap untuk melimpahkan kasih sayangnya kepada kita. Sewaktu kecil kita memang tidak bisa terpisah dari orang tua, namun saat kita mulai beranjak remaja, kita mulai mengesampingkan orang tua dan terkadang lebih memilih teman-teman kita. Tanpa kita sadari hal tersebut telah melukai hati orang tua kita.Bagi anda yang  sudah terlanjur melakukan hal tersebut dan anda menyadarinya serta anda ingin menebus kesalah anda, di bawah ini saya akan memberikan cara-cara sederhana yang membuat hati orang kita merasa bahagia:

1.Segera Datangi Panggilanya

Kita (para anak) mungkin telah disibukkan dengan banyak hal seperti belajar, bermain bersama teman, dan lain-lain. Saat kita sedang sibuk melakukan suatu pekerjaan, tak jarang orang tua memanggil kita untuk sekedar mengecek keadaan kita atau membutuhkan bantuan kita. Jika orang tua memanggil anda dan anda segera mendatanginya seperti saat anda mendapat telefon dari seseorang, maka hati orang tua pasti akan senang dan merasa bangga memiliki anak seperti anda.

2.Membantu Meringankan Beban

Beban apapun yang mereka pikul selalu mereka jalani dengan gembira selama anda merasa bahagia. Meskipun begitu, anda juga harus sadar bahwa orang tua adalah manusia biasa yang memiliki banyak kelemahan. Sebagai anak yang baik anda seharusnya bisa membantu sedikit demi sedikit beban yang sedang ditanggung orang tua. Jangan terlalu memaksakan kehendak kepada orang tua, bila anda menginginkan sesuatu tapi orang tua tidak bisa memenuhinya, jangan salahkan orang tua. Anda seharusnya menahan keinginan anda tersebut atau anda berusaha sendiri untuk mendapatkannya.

3.Jadilah Orang yang Baik dan Berguna

Orang tua tidak menginginkan anaknya sukses tapi berkelakuan tidak baik. Orang tua lebih menginginkan anaknya menjadi orang yang baik dan jujur dalam pekerjaan maupun dalam keseharian, serta berguna bagi orang lain. Orang tua akan merasa bangga dan tidak menyesal memiliki anak seperti anda kalau anda bisa menjaga sikap, memiliki sopan santun, dan selalu menjaga nama baik keluarga.

4.Lakukanlah Pekerjaanmu dengan Sungguh-Sungguh

Pekerjaan apapun yang anda lakukan selama itu baik dan tidak merugikan orang lain pasti akan didukung oleh orang tua. Orang tua akan merasa bangga kalau anaknya bisa sukses dalam pekerjaanya. Selain pekerjaan, dalam hal pendidikan pun juga sama, kalau anda mendapat prestasi yang baik, orang tua tentunya juga akan bangga kepada anda.

5.Terbuka Kepada Orang Tua

Orang tua akan merasa bahagia kalau mereka anda jadikan sebagai teman curhat karna mereka merasa kalau anda percaya pada mereka. Mereka akan dengan senang hati mendengar keluh kesah anda, dan mereka akan memberikan nasehat untuk memecahkan masalah yang sedang anda hadapi saat itu.

6.Selalu Berkata dengan Ucapan yang Lembut dan Tidak Menyinggung Perasaan

Orang tua memiliki perasaan yang sensitif, kalau sedikit saja anda mengatakan perkataan yang kasar atau menyinggung perasaan mereka, hati orang tua akan terluka meskipun mereka tidak menampakannya. Untuk itu, anda harus berhati-hati saat berbicara dengan orang tua. Selalu gunakanlah bahasa yang baik dan nada yang rendah serta jangan sampai mengucapkan kata-kata yang sampai menyinggung perasaan mereka

7.Sering-Seringlah Mengunjungi Mereka

Memang tidak sedikit dari kita para anak akan meninggalakn rumah orang tua karna urusan pekerjaan, pendidikan, atau saat kita sudah berkeluarga. Apabila anda merantau ke tempat yang tidak terlalu jauh dengan orang tua, setidaknya setiap akhir pecan kunjungilah mereka dan tanyakan kabar mereka, dan kalau anda berada di tempat yang lumayan jauh dari kediaman orang tua, paling tidak telfonlah mereka.

 

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply