Cara Berbisnis Tanah Untuk Pemula
Cara Berbisnis Tanah Untuk Pemula

Pengenalan Mengenai Cara Berbisnis Tanah

Posted on

Apakah Anda tertarik untuk melakukan bisnis tanah yang pada saat ini sangat banyak peluangnya untuk bisnis tersebut?Tetapi apakah Anda masih bingung mengenai cara berbisnis tanah tersebut? Jika benar begitu, Anda tidak perlu bingung dan risau. Hal tersebut dikarenakan di artikel ini, di sini akan memberikan informasi yang rinci  mengenai cara berbisnis tanah dengan baik. Dengan begitu, penulis harapkan dapat meminimalisir hal- hal yang tidak Anda inginkan seperti bangkrut dan hal – hal buruk lainnya ketika Anda mulai memutuskan untuk berbisnis tanah.

Namun sebelum dijelaskan lebih jauh membahas mengenai cara melakukan bisnis tanah, di sini akan memberikan informasi mengenai bisnis tanah itu sendiri. Bisnis tanah merupakan suatu usaha bisnis yang menjadikan tanah sebagai komoditas atau produk yang ditawarkan kepada masyarakat luas atau konsumen. Dengan begitu dapat diketahui bahwa, bisnis tanah erat kaitannya dengan jual beli tanah. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjadi pelaku bisnis tanah, setidaknya Anda harus memiliki tanah untuk Anda perjual belikan atau Anda memiliki dana untuk membeli tanah, yang kemudian Anda jual lagi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara- cara berbisnis tanah tersebut, Anda dapat baca di pembahasan berikutnya.

Cara Berbisnis Tanah. Anda Ingin Tahu? Baca Sini

Seperti yang telah diuraikan dalam penjelasan di atas bahwasannya bisnis tanah merupakan suatu usaha dalam hal baik jual atau beli produk khususnya tanah , yang mana bisnis tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Namun apakah Anda tahu cara berbisnis tanah? Jika Anda tidak tahu atau belum mengetahuinya, di pembahasan ini, penulis akan membahas hal tersebut.

1. Beli putus. Apakah Anda mengerti beli putus tersebut? Beli putus adalah sebuah cara yang Anda lakukan ketika Anda mau memulai bisnis tanah. Hal tersebut dilakukan jika Anda tidak memiliki tanah sendiri untuk dijadikan bisnis( diperjual belikan). Oleh karena itu mau tidak mau Anda harus memiliki modal untuk membelinya.

Beli putus  dapat Anda lakukan dengan cara Anda mencari lahan yang Anda sukai dan Anda cocok untuk bisnis Anda tersebut, kemudian Anda melakukan tawar menawar kepada pemilik tanah, dan selanjutnya langsung bayar. Namun perlu Anda ketahui ketika Anda melakukan cara ini, Anda akan membuat pembiayaan Anda lebih padat atau besar. Hal tersebut dikarenakan tanah juga merupakan salah satu komponen besar, jika dihitung atau dinilai dari segi harga.

Ketika Anda sudah melakukan transaksi pembelian lahan dari pihak lain, Anda pun harus memperhatikan beberapa hal . Contohnya yaitu seperti Anda harus memperhitungkan keuntungan investasi Anda , ketika Anda membeli tanah atau lahan tersebut. Hal tersebut dikarenakan dengan modal besar (beli tanah) , tingkat pengembalian modal bisa saja tidak menarik bagi Anda. Oleh karena hal tersebut,  pastikan Ansa mendapatkan lahan di bawah harga pasaran karena Anda membeli tunai dan tentunya , Anda sudah harus memastikan bahwa dengan membeli tunai akan memberikan keuntungan lebih bagi Anda.

2. Pembelian bertahap. Adapun melakukan bisnis tanah dengan cara pembelian tanah bertahap kepada pemilik tanah dilakukan ketika Anda tidak memiliki lahan atau tanah yang merupakan tempat bisnis Anda. Oleh karena itu, untuk merealisasikan bisnis tanah tersebut, Anda harus membeli tanah dari pihak lain.

Pembelian tanah bertahap dilakukan ketika Anda sudah merasa cocok , dan suka dengan tanah  tersebut, Anda kemudian melakukan proses tawar menawar kepada pemilik tanah, dan selanjutnya Anda melakukan pembayaran tanah dengan cara bertahap. Di dalam pembayaran  tanah  secara bertahap tersebut dilakukan sesuai kesepakan antara Anda dan pemilik lahan sebelumnya.

Pembayaran secara bertahap atas pembelian tanah tersebut sangatlah menguntungkan bagi Anda. Contohnya yaitu Anda dapat menekan modal menjadi modal yang relatif lebih sedikit , dan tentunya Anda akan memiliki tingkat pengembalian modal yang lebih baik , jika dibandingkan dengan cara pembelian putus.

3. Anda  dapat melakukan kerjasama kepemilikian dengan pemilik tanah. Hal tersebut Anda lakukan jika Anda tidak mempunyai lahan sendiri untuk bisnis Anda tersebut. Adapun inti dari bisnis ini adalah berdasarkan unit tanah yang akan dijual nantinya. Disini , pemilik tanah juga akan diberikan hasil keuntungan atas kepemilikannya.

Adapun keuntungan bagi Anda ketika melakukan cara ini dalam melakukan bisnis tanah Anda yaitu Anda (sebagai developer) dapat menekan modal Anda seminimal mungkin. Kemudian biasanya komposisi biaya tanah dalam usaha developer kurang lebih 20% dari harga jual. Hal tersebut tentu akan memberikan tingkat pengembalian modal yang jauh lebih baik bagi Anda dari pada sistem yang lainnya.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply