Gedung Sekolah Melengkung
Gedung Sekolah Melengkung

Kreativitas dari Gedung Sekolah Melengkung

Posted on

Bangunan sekolah atau gedung sekolah lazimnya memiliki bentuk yang seperti gedung atau rumah. Desain bangunanya biasanya memanjang dengan berjajar ruang kelas di dalamnya. namun di Singapura ada gedung sekolah yang unik berbeda lain dari sekolah yang lain.

Banguan sekolah dengan desain unik ini ada di Nanyang Technological University. Konsep bangunan ini sangat berbeda dengan sekolah pada umumnya. Jika melihatnya, sulit untuk menjawab mana atapnya dan mana halaman sekolahnya. Pasalnya di atap gedung sekolah ini ditanami rerumputan hijau yang membuatnya bisa dijadikan halaman untuk bermain dan belajar siswa.

Gedung sekolah dibuat dengan desain yang sangat menarik. Meskipun masih satu atap, namun gedung sekolahnya dibuat melengkung dalam satu garis.

Atap gedung yang ditumbuhi rumput juga dibuat mengikuti lengkungan gedung. Tujuan ditanami rumput di atap gedung sekolah ini adalah untuk menciptakan ruang terbuka hijau di sekolah. Jadi selain bisa menjadi atap gedung sekolah, rerumputan ini juga bertujuan untuk menghasilkan udara yang segar dan menampung air untuk irigasi.

Gedung sekolah melengkung ini menggunakan kaca di bagian depan gedung. Meskipun demikian, terik panas matahari tidak akan terasa begitu serius karena lapisan kaca yang digunakan terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Panas matahari sebenarnya juga telah disaring oleh pepohonan yang ada di sekitar gedung sekolah melengkung ini.

Penggunaan kaca ini juga bertujuan agar para siswa dan pengajar yang ada di dalam gedung sekolah tetap bisa menikmati keindahan pemandangan yang tersaji di luar gedung.

Gedung sekolah melengkung ini dibangun setinggi lima lantai. Mungkin bagi pengunjung yang baru pertama kali datang ke sana akan beranya, kenapa gedung sekolah ini dibuat melengkung? Maksud pembuatan gedung sekolah melengkung ini sebenarnya adalah agar kreativitas para siswa dan pengajar seni muncul ketika berada di gedung sekolah melengkung ini.

Konsep yang diusungnya sangat kreatif. Dan gedung sekolah dengan desain yang melengkung ini menjadi salah satu bangunan yang unik untuk bangunan sekolah. Dan mungkin bisa menjadi inspirasi juga bagi sekolah yang lain untuk terus maju dan berkembang mengembangkan kreativitasnya.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply