Pencahayaan dalam desain rumah minimalis
Pencahayaan dalam desain rumah minimalis

2 Sumber Pencahayaan Dalam Desain Rumah Minimalis yang Perlu di Perhatikan

Posted on

Pencahayaan dalam desain rumah minimalisPentingkah cahaya dalam rumah? Rumah merupakan tempat singgah yang sangat berpengaruh dalam hidup kita. Maka sudah selayaknya kita mengkondisikan rumah kita menjadi tempat yang sangat nyaman untuk dihuni. Terlebih pada rumah minimalis, pencahayaan sangat diperlukan. Pengaturan cahaya selain bermanfaat untuk menimbulkan rasa nyaman, juga menghindari kesan seram. Misalkan, apabila ruangan dalam rumah tampak gelap maka akan terkesan seperti rumah yang seram dan tidak membuat rumah minimalis tersebut tampak cantik dan indah. Namun pencahayaan yang berlebihan juga tidak akan menimbulkan kesan yang cantik, malahan akan membuat ruangan menjadi terasa panas, seperti efek pencahayaan yang dihasilkan dari rumah kaca. Oleh karena itu, sebaiknya pengaturan pencahayaan di dalam rumah minimalis harus dilakukan dengan tepat agar mendapatkan kenyamanan.

Dalam pengaturan dan pemilihan pencahayaan dalam desain rumah minimalis, hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan adalah sumber cahaya yang dihasilkan. Sumber cahaya yang tepat adalah berasal dari dua macam cahaya, yaitu cahaya melalui sinar lampu dan sinar matahari.

  •  Pencahayaan Melalui Sinar Matahari

Fungsi jendela memang sangat penting, selain sebagai ventilasi udara juga sebagai media masuknya sinar matahari dari luar. Namur agar lebih tepat penyinarannya, sebaiknya menggunakan jendela yang terdapat kaca agar cahaya matahari dapat masuk dengan sempurna. Selain itu jendela kaca juga sebaiknya diberi tirai dengan pemilihan warna yang cerah. Hal ini berguna untuk memantulkan sinar dari cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Namun pemilihan warna cerah sebaiknya disertai dengan warna yang teduh agar suasana di dalam rumah tetap terasa nyaman.

Selain itu, sebaiknya jendela pada rumah minimalis ini terdapat lebih dari satu. Maka masuknya cahaya melalui sinar matahari berasal tidak hanya dari satu sudut ruangan saja, sehingga ruang-ruang di dalam rumah menjadi lebih terang. Misalnya, pada ruang kamar tidur, dapat anda beri jendela sekaligus menggunakan tirai supaya pada pagi hari setelah bangun tidur cahaya matahari dapat masuk dengan baik. Kemudian media lainnya yang dapat membantu cahaya matahari masuk ke dalam rumah minimalis anda dengan baik adalah melalui langit-langit. Caranya adalah dengan merubah atap atau genteng rumah anda dengan kaca, sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki pencahayaan kurang pada siang hari dapat mengaplikasikan tips yang telah dijelaskan agar mendapatkan pencahayaan sinar matahari yang maksimal pada rumah minimalis anda.

  • Pencahayaan Melalui Sinar Lampu

Pencahayaan dalam desain rumah minimalis dari lampu sangat efektif digunakan pada malam hari. Pemilihan lampu harus sesuai dengan yang dibutuhkan pada setiap ruang. Begitu juga pada pemilihan tempat lampu akan diletakkan, seperti di langit-langit. Selain itu, lampu juga sangat efektif bila diletakkan di sudut ruangan, seperti di atas meja sudut. Bahkan fungsi lampu di sudut ruangan selain untuk pencahayaan ruang, juga sebagai hiasan ruangan. Oleh karena itu, pemilihan warna lampu pada lampu di sudut ruangan bisa divariasikan dengan warna lain selain warna putih. Apabila penggunaan lampu pada ruang tamu, sebaiknya memilih lampu warna putih agar tampak terang. Selain itu, apabila terdapat hiasan dinding di ruang tamu, bisa ditambahkan lampu fokus agar menimbulkan kesan yang agak mewah namun tetap minimalis dan nyaman. Sama halnya dengan penggunaan lampu pada kamar tidur, sebaiknya menggunakan lampu yang agak redup untuk memberikan rasa nyaman dan tenang ketika tidur. Alternatif lain adalah anda bisa menggunakan dua jenis lampu, yaitu pada langit-langit dan lampu hias dimana lampu pada langit-langit lebih terang sedangkan lampu hias yang bisa diletakkan di atas meja dan memiliki pengaturan cahaya.

Penyesuaian lampu dan fungsi dari setiap ruang sangat penting. Apabila ruang tamu cukup menggunakan lampu yang tidak terlalu terang, maka akan berbeda dengan dapur dan ruang belajar. Kedua ruang tersebut memerlukan lampu yang lebih terang karena aktifitas yang dilakukan membutuhkan konsentrasi yang cukup.

Kedua pencahayaan dalam desain rumah minimalis bisa menjadi alternatif yang sangat tepat dalam memberikan sinar yang cukup pada rumah minimalis anda. Gunakan dan seimbangkan cahaya-cahaya tersebut sesuai kebutuhan dan fungsinya agar kesan minimalis tetap tampak dan kenyamanan tetap terjaga.

Incoming search terms:

  • foto rumah minimalis dalam
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply