Tips membeli rumah bekas
Tips membeli rumah bekas

Ingin Tahu Tips Membeli Rumah Bekas ? Ayo Baca Artikel Ini

Posted on

Tips membeli rumah bekas – Apa yang Anda  fikirkan pada hari ini? Apakah Anda sedang bingung untuk mencari rumah, namun budget atau dana Anda menipis? Jika benar begitu, Anda tidak perlu merasa bingung lagi. Hal tersebut dikarenakan di artikel ini, penulis memiliki solusi atas masalah Anda tersebut.

Adapun solusi yang di maksudkan penulis diatas di dalam menghadapi masalah Anda tersebut yaitu Anda dapat memiliki rumah, namun rumah tersebut adalah rumah bekas. Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahui budget Anda yang sangat tidak memungkinkan untuk membeli rumah baru. Dalam memilih rumah bekas itu merupakan suatu langkah yang lebih tepat bagi Anda, jika dibandingkan  Anda memaksakan diri Anda untuk membeli rumah yang baru. Salah satu contohnya yaitu  ketika Anda membeli rumah bekas, Anda tentu akan terbebas dari pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN).  Namun jika Anda tetap memaksakan diri Anda untuk membeli rumah baru, tapi kondisi keuangan Anda tidak mendukung maka dapat dipastikan  pada akhirnya Anda akan mendapatkan masalah , contohnya seperti Anda tidak bisa membayar cicilan rumah baru tersebut. Tentu hal tersebut tidak Anda inginkan, bukan?

Namun ada hal penting yang perlu Anda ketahui bahwasannya di dalam membeli rumah bekas pun Anda harus selectif di dalam memilih atau membelinya. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak merasa menyesal atau kecewa ketika membeli rumah tersebut. Untuk itu, Anda beberapa tips yang perlu Anda ketahui didalam memilih atau membeli rumah bekas. Apakah Anda sudah tahu mengenai tips membeli rumah bekas? Jika Anda tidak tahu. Di pembahasan berikutnya, penulis akan memberikan informasi yang rinci mengenai tips membeli rumah bekas.

Beberapa Tips Membeli rumah Bekas

Seperti uraian penjelasan di atas dapat diketahui bahwasannya memilih atau membeli rumah bekas merupakan suatu cara yang tepat ketika Anda hanya memiliki dana atau budget yang tidak mencukupi untuk membeli rumah baru. Hal tersebut lebih baik jika dibandingkan ketika masyarakat (Anda) membeli rumah baru, yang pada akhirnya dapat menjadi sumber masalah bagi Anda.

Namun di dalam membeli rumah bekas, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Dan di artikel ini, penulis akan memberi informasi mengenai tips membeli rumah bekas kepada Anda.

1. Anda harus mengetahui kondisi detail mengenai rumah bekas tersebut. Hal tersebut dapat Anda ketahui dari pemilik rumah tersebut sebelumnya.  Namun jika Anda membeli rumah bekas tersebut melalui jasa agen properti , Anda harus memilih agen properti yang terpercaya dan dari agen tersebut Anda dapatkan informasi secara maksimal mengenai rumah yang akan beli tersebut. Kemudian untuk mendapatkan Agen properti tersebut, Anda dapat memperolehnya dari teman Anda. Namun jika Anda tidak mengenal atau bahkan teman Anda tidak mengetahui mana agen properti yang berkualitas sebaiknya Anda membeli rumah bekas  yang Anda inginkan tersebut dari perusahaan properti yang telah terkenal dan tentunya memiliki kredibilitas yang baik. Sebagai tambahan informasi bagi Anda yaitu mengenai keuntungan menggunakan jasa agen properti yaitu Anda akan dibantu di dalam mengurusi dokumen jual beli, bahkan Anda dibantu untuk pengajuan KPR hingga prosesnya tuntas.

2. Anda harus memeriksa kondisi fisik rumah.  Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahui kondisi fisik rumah Anda (misalnya  kapan rumah tersebut telah berdiri), Anda akan mengetahui usia bangunan/ rumah tersebut yang mana ini merupakan dasar karena Anda akan menempati rumah tersebut di kemudian hari. Kemudian, selain Anda memeriksa kondisi rumah yang akan Anda beli tersebut , ada baiknya jika Anda pun menanyakan riwayat tanah dan bangunan/ rumah tersebut.  Hal tersebut dikarenakan untuk memudahkan Anda di dalam melakukan perawatan di kemudian hari.

Adapun di dalam memeriksa kondisi fisik rumah yang akan Anda beli , terutama rumah bekas. Anda harus memperhatikan hal – hal sebagai berikut yaitu mengenai kondisi dinding rumah tersebut, struktur rumah, kualitas lantai, kondisi atap, sirkulasi udara, jaringan listrik , dan terakhir adalah sumber air.

3. Anda harus melakukan pemeriksaan keaslian dan kelengkapan dokumen. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Kemudian tips yang terakhir yaitu Anda harus menyurvei terlebih dahulu mengenai lingkungan di sekitar rumah yang akan Anda beli. Contohnya mengenai adanya fasilitas – fasilitas yang mendukung seperti sekolah, pasar dan lain- lain.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply