Desain Rumah Dua Lantai
Desain Rumah Dua Lantai

Desain Rumah Dua Lantai untuk Luas Tanah Terbatas dan Dana Minim

Posted on

Memiliki luas tanah tebatas dan dana minim untuk membangun rumah impian di atas rumah yang lama agaknya sedikit berat. Namun dengan memanfaatkan struktur bangunan yang lama biaya pengeluaran renovasi rumah bisa ditekan. Karena berdiri di atas struktur bangunan yang lama maka konsep minimalis adalah pilihan yang masuk akal.
Luas tanah yang terbatas sebenarnya tidak menjadi persoalan yang pelik untuk membangun rumah impian. Desain rumah dua lantai bisa menjadi solusi untuk tetap membuat rumah yang memiliki fasilitas lengkap seperti kamar tidur utama, kamar tidur anak, kamar tidur tamu, kamar mandi, dapur dan juga taman. Penataan tiap ruangan yang tepat bisa membuat desain rumah dua lantai ini nyaman untuk ditempati.

Gambar Desain Rumah 2 Lantai
Gambar Desain Rumah 2 Lantai

Meski berdiri di atas struktur bangunan yang lama bukan berarti penataan ruangan juga masih mengikuti bangunan yang lama. Renovasi bisa dilakukan di setiap bagian rumah baik dari interior maupun interior rumah.
Untuk lantai satu, teras bisa difungsikan sebagai ruang duduk tamu dengan konsep semi terbuka. Pintu masuk utama berhadapan langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan. Di ujung ruang makan, diberikan sekat pintu lipat dari bahan kaca kemudian dibelakangnya ada kolam air mancur fungsinya selain memperindah belakang rumah juga untuk membuat rumah menjadi sejuk. Selain kolam air mancur, di ruang yang masih kosong bisa dibuat taman hijau kecil dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada.

Masih di lantai 1, kamar tidur tamu bisa ditempatkan di bagian paling depan dan berhadapan langsung dengan taman depan rumah. Kamar tidur utama berjajar dengan kamar tamu namun dipisahkan oleh kamar mandi atau toilet untuk tamu. Di dalam kamar tidur utama ini terdapat kamar mandi utama.

Di sisi yang lain, terdapat bagasi kemudian di belakang bagasi adalah dapur. Dapur ini terhubung langsung dengan ruang makan dan ruang keluarga. Di belakang dapur ada tangga menuju lantai dua. Bagian bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai gudang atau tempat khusus untuk menyimpan peralatan atau barang – barang lain.
Menuju lantai dua, ada dua kamar tidur anak dan area untuk membaca. Ditambahkan pula balkon, kamar mandi, tempat mencuci dan menjemur pakaian. Untuk tempat menjemur pakaian ini, agar kesanya tidak fulgar bisa diakali dengan dinding yang terbuat dari batuan alam.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply