Perbedaan Penyelesaian Masalah Hidup

Perbedaan Penyelesaian Masalah Hidup

Posted on

Setiap orang yang hidup pastilah memiliki permasalahan, entah itu dalam bentuk apapun. Karena pola pikir masing masing orang itu berbeda, maka setiap orang memiliki cara masing masing untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Mungkin ada sebagian orang yang dia santai dalam menyelesaikan masalahya itu tanpa harus dibuat beban. Ada juga sebagian orang yang dia kebingungan apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut. Ada yang menyikapinya dengan bijak, dan ada pula yang dia belum bisa menguasai permasalahannya sendiri, sehingga dia harus butuh pendapat orang lain.

Problem And Solution
Problem And Solution

Misalnya pada contoh sederhana ini. Dalam satu kelas terdapat 30 siswa yang memiliki sifat yang berbeda beda. Suatu hari 10 siswa dari mereka diberi hukuman, tapi tanggapan masing masing mereka berbeda. Ada yang takut dan meras bersalah, ada juga yang merasa kebingungan apa yang harus dia lakukan saat itu, dan ada pula yang dengan santai melakukan hukuman itu tannpa dia merasa bersalah. Dan 20 anak lain yang tidak dihukum pun memiliki pemikiran yang berbeda. Ada dari mereka yang merasa kasihan karena itu juga temannya, tapi ada juga yang berfikiran “salah mereka sendiri melanggar,jadi dihukum kan?” Dan juga ada yang tidak perduli dengan mereka dan lebih mengurusi dirinya sendiri,karena meras tidak ada gunanya memikirkan masalah orang lain. Itulah yang disebut perbedaan penyelesaian permasalahan hidup.

Maka dari itu perlu ditanamkan dalam diri kita masing masing bahwa yang tau apa yang terbaik untuk diri kita adalah diri kita sendiri. Maka dalam menyelesaikan suatu permasalahan haruslah mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Menyadari masalah apa yang sedang menimpa kita

Dengan kita berfikir apa masalah yang sedang kita hadapi akan memudahkan mencari jalan keluar dalam menyelesaikan permasalahan.

Tips Menghadapi Masalah
Tips Menghadapi Masalah
  • Memahami permasalahan itu

Pahami masalah itu sedetail detailnya,bentuk permasalah apa yang sedang dihadapi,untuk memudahkan dalam mencari jalan keluar permasalahan itu.

  • Mencari jalan keluar dalam menyelesaikan permasalahan

Setelah memahami kita perlu mencari jalan keluar dari masalah itu. Apa yang harus dilakukan jika kita mengalami masalah itu.

  • Meninjau akibat yang akan terjadi dari jalan keluar yang kita pilih

Setelah itu tinjau akibat yang terjadi jika kita melakukan penyelesaian masalah

  • Memilih pilihan terbaik

Setelah itu pilihlah dari jalan keluar terbaik dari jalan keluar telah dirumuskan tadi.

Dengan mengikuti langkah langkah tersebut akan memudahkan dalam menyelesaikan permasalahan anda.

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply