Tips Mengecat Rumah yang Benar
Tips Mengecat Rumah yang Benar

Tips Mengecat Rumah yang Benar untuk Hasil yang Indah

Posted on

Warna rumah yang indah tidak hanya didapat dari kualitas cat yang digunakan tetapi juga teknik mengecat rumah yang benar. Mengecat rumah memang terlihat mudah tetapi jika tidak dilakukan teknik yang benar maka hasilnya juga tidak akan indah meskipun cat yang digunakan adalah yang berkualitas tinggi.

Supaya cat rumah anda terlihat lebih indah, berikut tips mengecat rumah yang benar untuk hasil yang indah:

  1. Persiapkan alat – alat mengecet mulai dari kuas, bak tempat cat dan juga air. Gunakan kuas yang baru atau jika menggunakan kuas lama perhatikan bulu atau rollernya. Jika kondisinya masih baik bisa digunakan tetapi jika kondisinya sudah kaku atau banyak bulu yang sudah rusak maka sebaiknya ganti dengan yang baru. untuk air yang bening dan bersih agar hasil cat juga bersih dan indah.
  2. Jauhkan barang – barang atau tutupi barang tersebut agar tidak terkena cipratan cat.
  3. Bersihkan dinding dari debu atau kotoran yang menempel pada dinding.
  4. Lapisi dengan plamir pada retakan atau lubang – lubang yang ada di dinding agar hasil catnya nanti juga bisa rata, mulus dan indah.
  5. Untuk campuran cat dan air, gunakan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat yang digunakan. aduk hingga air dan cat bercampur rata kurang lebih lima menit.
  6. Untuk mendapatkan hasil cat yang maksimal, lakukan pengecatan dengan lapisan dasar terlebih dahulu. Tunggu hingga kering baru dilakukan pengecatan lagi.
  7. Supaya hasil catnya rata, gunakan teknik zig zag dari atas ke bawah secara berulang – ulang sampai dinding tertutup cat dengan rata. Setelah kering, lapisi lagi dengan cat agar hasilny indah. Gunakan roller supaya hasil catnya rata dan pekerjaan lebih cepat terselesaikan.
  8. Untuk mengecat plafon, gunakan cat yang lebih kental dalam hal ini jangan terlalu banyak menggunakan campuran air agar cat tidak mudah menetes.
  9. Saat mengecat suatu bidang, sebaiknya proses pengecatan dilakukan seketika itu juga. Misalkan di dinding sebelah kiri maka saat itu selesaikan dulu sisi kiri baru ke sisi yang lain karena jika tidak dilakukan seperti itu hasil cat atau warna akhirnya biasanya akan terlihat berbeda.

Demikian tips mengecet rumah yang benar untuk hasil yang indah. Semoga tips mengecat rumah yang benar ini bermanfaat untuk hasil yang indah warna cat rumah anda.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply