Fungsi Ip Address Pada Jaringan
Fungsi Ip Address Pada Jaringan

Fungsi Ip Address Pada Jaringan Komputer

Posted on

Ip Address atau yang bisa di sebut juga Internet Protocol Address adalah alamat dari suatu host, host itu sendiri adalah interfaces yang dimiliki perangkat seperti komputer, smartphone, dan perangkat lain yang  di gunakan untuk terhubung ke jaringan.dan perangkat sepertilaptop dan lainya  tidak bisa dinamakan menjadi host karena memiliki lebih dari host.  Contohnya laptop bisa terhubung ke jaringan meelalui 2 cara yaitu nirkabel dan wireless. Jadi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan melalui kabel utp ke slot nic itu merupakan host.  Jadi saat semua terhubung jaringan ntah itu menggunakan wireless atau nirkabel portnya memiliki Ip address.dan seiring perkembangan jaman sekarang terdapat 2 versi Ip Address yaitu ip address veri 4 (Ipv4) dan ip address versi 6 (Ipv6)  meskipun versinya berbeda namun fugsinya sih sama. Cuma ip address versi 6 hanya memperbaiki versi sebelumnya.. dan berikut fungsi dari ip address antara lain:

Fungsi Ip Address Pada Jaringan
Fungsi Ip Address Pada Jaringan

Fungsi Dari Ip Address

  1. Sebagai identitas perangkat yang terhubung ke jaringan

Jadi dengan anda terhubung dengan jaringan ip addess yang anda dapatkan akan menjadi identitas perangkat anda. Jadi server bisa mengetahui perangkat anda dengan ip yang anda dapat, hal ini lah yang menyebabkan ip address tidak boleh sama dengan perangkat lain yang terhubung. Contoh alamat ip 192.168 .4.1 nah  192.dan 168 ini merupakan net id yang merupakan nomor yang sama dengan perangkat lain sedangkan angka dibelakangnya merupakan host yang merupakan ip perangkatnya.

  1. Mengidentifikasi skala Jaringan Yang Digunakan

Perlu anda ketahui penggunaan ip address tidak sembarang penggunaanya, karena selain menjadi identitas perangkat ip address juga digunakaan sebagai skala jaringan yang digunakan. Seperti bentuk ip address versi 4 yang hanyamaksimal terdiri 12 digit. Jadi dengan anda melihat ip address dengan sederhana anda sudah mengetahui seberapa besar alokasi ip address yang di gunakan. Kita ambil contoh 192.168.1.100. dengan melihat ip tersebut anda sudah tahu kalau itu berskala kecil yaitu hanya maksimal254 host yang bisa terhubung. Jika anda kebinggungan gogling ilmu ip address dasar dan pembagian kelas ip address.

  1. Dapat Digunakan untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan

Jadi pelu anda ketahui dengan ip address yang sedang terhubung ke jaringan, anda bisa melacak keberadaan anda sekarang. Caranya mudah tingal anda copy alamat ip anda dan buka situs ini iplocation.net dan masukan ip anda lalu ip lookup setelah itu anda akan di tampilkan keberadaan anda sekarang dengan lengkap.

  1. Sebagai jejak pengguna internet

Dan yang terakhir adalah di gunakan jejak pengunan internet.  Jadi untuk ini perlu anda ketahui, karena banyak sekali orang yang salah memanfaatkan penggunaan internet. Seperti menyebarkan konten yang berbau asusila, provokatif, penghinnan dan banyak lagi. Nah kasus kasus seperti itu bisa di lacak melalui ip address.

Nah itu beberapa fungsi dari ip addres mulai sekarang gunakanlah internet sebaik baiknya karena sekarang banyak sekali berita hoax atau palsu. Gunakan internet sebagai hal positif seperti belajar menambah hiburan atau bisnis. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply