Manfaat Minum Susu Kedelai

Beberapa Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Susu kedelai yang selama ini banyak dikenal sebagai susu pengganti bagi anak maupun orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki kandungan rendah lemak dan juga kerap dikonsumsi oleh orang dewasa atau para wanita yang sedang menjalani program diet. Dan dalam susu kedelai terkandung banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi tubuh kita. Susu yang dibuat dari olahan kacang kedelai yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Susu kedelai mengandung 7 gram protein serta 9 asam amino yang sangat penting bagi tubuh kita. Dan kita telah ketahui bahwa protein merupakan sumber makanan yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh kita. Dan kandungan protein nabati dalam kacang-kacangan seperti kedelai sangatlah baik bagi kesehatan. Kandungan protein yang ada dalam susu nabati juga sangat baik untuk proses pertumbuhan anak, memperbaiki jaringan pada tubuh yang mengalami kerusakan, dan juga meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Selain kandungan protein yang lengkap, susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk kandungan kalsium untuk memperkuat tulang, zat besi, riboflavin, dan juga vitamin B1. Dan berikut kami akan sajikan mengenai beberapa khasiat dan juga manfaat dari susu kedelai untuk tubuh kita :

Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa

Bagi orang yang mengalami alergi terhadap susu sapi, pasti akan beralih mengkonsumsi susu kedelai. Beberapa anak-anak dan juga orang dewasa yang mengalami kondisi seperti  ini atau yang lebih dikenal dengan istilah intoleransi laktosa yang diakibatkan karena sang penderita memiliki enzim lactase yang jumlahnya terbatas dalam tubuhnya. Enzim lactase berfungsi memecah laktosa diubah menjadi glukosa dan galaktosa agar usus lebih mudah untuk mencernanya. Oleh sebab itu, penderita akan sulit dalam mencerna susu  sapi, dan berakibat timbul respon seperti muntah, mual, diare, dan juga gejala sakit perut lainnya.

Kelebihan lain dari susu kedelai ini adalah pilihan aman untuk dijadikan pengganti susu sapi, terutama bagi balita dan juga bayi yang membutuhkan banyak protein. Karena dua gelas susu kedelai dapat memenuhi protein bagi balita. Dan juga tidak ada kandungan laktosa pada susu kedelai sehingga anak dapat mencerna susu dengan mudah.

  1. Membantu Penderita Autisme

Manfaat lain susu kedelai yang belum banyak diketahui oleh orang adalah susu kedelai dapat membantu bagi para penderita auitisme. Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada anak, yang mana anak tidak mampu untuk berinteraksi sosial dan seolah-olah memiliki dunia sendiri. Selain harus menjalani terapi penyembuhan, penderita auitsme juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein). Selain keduanya sulit untuk dicerna oleh organ pencernaan, kasein dan glutein juga dapat menyebabkan gangguan fungsi otak sehingga dapat menyebabkan penderita auitsme menjadi semakin hiperaktif.

Dan disarankan bagi para penderita autisme untuk mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi, agar tetap mendapat asupan protein, vitamin, dan mineral tanpa merasakan efek samping yang merugikan bagi penderita autisme.

  1. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Stroke, dan Jantung Koroner

Selain itu, manfaat lain dari susu kedelai yang sangat penting adalah susu kedelai dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan vitamin E dalam susu kedelai dapat membantu pencegahan penyakit jantung koroner dan juga stroke. itu dikarenakan vitamin E dapat mencegah timbulnya plak pada pembuluh darah arteri yang juga dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Dan selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam susu kedelai dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Susu kedelai mengandung mineral mangensium yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah. Magnesium juga dapat membantu menghambat pelepasan tromboksan, atau zat yang bertugas membuat trombosit (keping darah) agar menjadi lebih lengket dan menjadi mudah menggumpal. Hal tersebut dapat membantu mencegah naiknya tekanan darah dan terjadinya stroke maupun gangguan jantung.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Manfaat lain dari susu kedelai yaitu dapat membantu mengurangi kolesterol yang ada dalam darah. Susu kedelai juga dapat membantu menghalau kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang dapat memicu penumpukan plak kolesterol di dinding arteri. Ini dikarenakan susu kedelai mengandung lesitin yang dapat melarutkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat mencegah penyempitan dan peyumbatan.

Selain itu, di dalam susu kedelai juga terkandung isoflavon yang dapat berfungsi sebagai antioksidan sekaligus membantu meningkatkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Yang memiliki fungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri lalu membawanya ke organ hati, dan di situ kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan.

  1. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat susu kedelai yang satu ini juga tak kalah penting, yaitu kemampuannya dalam mencegah kanker. Selain menjadi sumber protein, mineral, vitamin, susu kedelai juga mengandung selenium yang merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dapat mengatasi paparan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Selain selium, antioksidan lain pada susu kedelai adalah vitamin E dan genistein yang dapat membantu menghalau sel kanker dalam tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes

Penyakit diabetes mellitus dapat muncul dikarenakan tubuh kekurangan insulin, sehingga dapat mengakibatkan kelainan karbohidrat, protein, lemak, air dan juga elektrolit. Dalam susu kedelai juga terkandung asam amino dan arginin yang diketahui dapat menjaga keseimbangan hormon insulin yang ada dalam tubuh.

Kandungan Gizi Dalam Susu Kedelai

Kandungan Gizi Dalam Susu Kedelai
Kandungan Gizi Dalam Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan minuman olahan yang dihasilkan dari sari pati kacang kedelai yang memiliki banyak sekali kandungan gizi dan juga manfaat. Susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai yang memang rendah lemak dan juga tanpa laktosa ini baik untuk dikonsumsioleh orang yang sedang menjalani diet sehat alami. Dan berikut bebrapa kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai dan juga manfaat susu kedelai, antara lain :

  • Susu kedelai kaya akan protein

Protein dalam susu kedelai tersusun oleh asam amino, seperti lesitin, ariginin, glisin, lisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, dan fenilalanin. Kandungan protein dalam susu kedelai sangat baik untuk pertumbuhan dan juga tumbuh kembang anak, memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan sistem imun, merupakan penyusun hormon insulin dan juga glikogen di dalam pankreas.

  • Mengandung Karbohidrat

Susu kedelai juga mengandung karbohidrat yang dapat bermanfaat sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang ada dalam susu kedelai juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan juga mengatasi sembelit.

  • Mengandung Vitamin E

Kandungan vitamin E yang ada dalam susu kedelai bermanfaat dalam memperbaiki dan juga melancarkan reproduksi, baik bagi pria ataupun wanita. Membantu memperlancar haid atau menstruasi, mencegah gejala impotensi dan juga mencegah keguguran.kemudian manfaat lain dari kandungan vitamin E yang ada dalam susu kedelai yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan produksi ASI juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita.

  • Mengandung Isoflavon

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai merupakan asam amino yang terdapat vitamin dan juga gizi dalam kacang kedelai yang membentuk flaonoid. Flavonoid sendiri merupakan pigmen, seperti zat hijau daun yang tidak berbau. Banyak sekali manfaat dari zat hijau ini, salah satunya meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan termasuk dalam nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, mencegah sembelit, menguatkan tulang dan gigi, mengendalikan tekanan darah, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah resiko  obesitas, dan juga menghilangkan gejala penyakit maag.

Itulah sedikit mengenai khasiat dan manfaat susu kedelai dan juga kandungan yang terdapat dalam susu kedelai, yang ternyata sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Susu kedelai memang mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi yang terbukti sangat baik untuk tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ada. Dan susu kedelai juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung berbagai kebutuhan yang memang sangat dibutuhkan oleh janin. Seperti protein, vitamin, san asam folat. Namun bagi Ibu hamil yang sudah berusia 1-3 bulan agar membatasi konsumsi susu kedelai karena dapat memicu kontraksi rahim. Itu disebabkan perekat pada rahim belum terbentuk sempurna dan akan mengakibatkan keguguran.

Dan jika anda ingin hidup sehat tidak ada salahnya apabila anda mulai mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, karena memang banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Demikianlah sedikit informasi mengenai khasiat dan manfaatdalam susu kedelai.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply