Daerah Penghasil Kopi

5 Daerah Penghasil Kopi Terlezat di Indonesia

Posted on

Anda pasti sudah tau tentang kopi, biji hitam yang kecil ini sedang sangat popular sekali belakangan ini, apalagi dikalangan menengah dan anak anak muda yang ada di Indonesia. Indonesia mempunyai beberapa jenis kopi yang sangat enak rasanya dan aromanya, yaitu Arabica, Exelsa, Robusta, dan Liberika, Kopi Robusta dan Arabika adalah jenis kopi yang banyak di temukan di Indonesia. Dalam buku catatan sejarah biji kopi pertamakali ditanam oleh bangsa Ethiopia pada abad ke-9, perdagangan kopi yang dilakukan oleh orang orang berkembang pesat yang menjadikan kopi menyebar sampai ke daerah Afrika, sampai Eropa dan akhirnya Indonesia.

Membahas tentang jenis kopi yang ada di Idonesia, Jenis kopi yang pertama kali ada di Indonesia adalah Arabika, kopi ini dibawa oleh para kolonial belanda di Batavia pada tahun 1696, sampai saat ini banyak sekali daerah yang penghasil kopi yang berada di Indonesia. Berikut ini adalah 5 daerah penghasil kopi terbaik yang ada di Indonesia.

1.Kopi Gayo

Kopi Gayo
Kopi Gayo

Kopi yang berasal dari Kota Aceh mempunyai beberapa ciri khas yang unik, yang pertama kopi ini memiliki tingkat kekentalan yang ringan, dan juga tingkatan asamnya yang seimbang, kopi yang ditanam di pegunungan gayo, Aceh tengah termasuk dalam kategori kopi terbaik yang ada didunia, dan kopi ini berhasil mendapatkan Fair Trade Gertified TM dari organisasi Internasional Fair Trade pada 27 Mei 2010, dan saat ini Amerika Serikat dan Eropa adalah wilayah ekspor kopi terbesar yang mempunyai nilai jual yang tinggi pada saat pameran kopi yang diadakan oleh organisasi Specialty Coffe Association of America.

Kopi ini disajikan dengan cara yang cukup dibilang unik, dengan kebiasaan masyarakat Aceh yang menyajikan dengan cara diseduh terlebih dahulu didalam panic baru dihidangkan dalam gelas yang dicampuri dengan susu dan gula.

2.Kopi Toraja

Kopi Toraja
Kopi Toraja

Kopi toraja memiliki perbedaan dengan kopi yang lain di Indonesia yaitu kopi toraja tidak akan meninggalkan rasa pahit dan mempunyai sensasi yang mana rasa pahit yang terdapat pada biji kopi akan hilang dalam tegukan pertama, rasa kopi ini sebenarnya sama dengan kopi Sulawesi yang lainnya yang mempunyai cirri khas hutan dan tanah yang mengandung asam rendah, dikarnakan cara pemetikan biji kopi ini dilakukan dengan cara tertentu. Dan daerah yang yang bisa ditanami kopi hanya lah daerah tertentu saja yaitu daerah pegunungan toraja utara dan tana toraja, Sulawesi selatan, adapun beberapa tempat yang menjadi tujuan ekspor kopi toraja adalah Jepang dan Amerika Serikat.

3.Kopi Florist

Kopi Florist
Kopi Florist

Kopi ini mempunyai kekentalan yang tinggi dan asam yang rendah, kopi ini juga memiliki ciri khasnya yaitu memiliki 2 rasa utama yaitu rasa coklat dan vanilla dengan caramel alamiah. Kopi ini ditanam di Bajawa daerah dataran tinggi diantara pegunungan florest, Nusa Tenggara Timur, dan tujuan ekspor utama kopi ini adalah Amerika Serikat.

4.Kopi Jawa

Kopi Jawa
Kopi Jawa

Kopi Jawa terdiri dari dua jenis yaitu Arabika dan Robusta, kopi arabika pada umumnya ditanam di provinsi Jawa Tengah, sedangkan robusta ditanam di Provinsi Jawa timur, kopi ini memiliki cirri khas tersendiri yakni mempunyai aroma yang sangat tinggi, kekentalan dan asamnya yang medium, dan juga rsanya yang seimbang. Tujuan ekspor kopi ini adalah  Amerika Serikat dan Eropa.

5.Kopi Kintamini (Bali)

Kopi Kintamini
Kopi Kintamini

Kopi ini mempunyai tingkatan keasaman dan kekentalan yang rendah, dan kopi ini memiliki biji yang cukup besar, selain itu kopi kintamini mempunyai dua rasa yaitu rasa jeruk dan floral, kopi ini ditanam di pegunungan kintamini dan bisa menghasilkan 2000-3000 ton pertahunnya, dan tujuan utama pengeksporan adalah Jepang, Australia, Eropa, dan beberapa daerah di Arab.

Diatas tadi adalah daerah penghasil kopi terlezat yang ada di Indonesia, jadi bagi kalian para pecinta kopi jangan lupa untuk mencicipi semua kopi yang diatas tadi dijamin pasti anda akan ketagihan.

 

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply