Indahnya Curug Citambur

Ini Nih Beberapa Informasi Mengenai Curug Citambur yang Berada di Cianjur Selatan

Posted on

Anda pernah mengunjungi Curug Citambur? kenapa di namakan curug citambur ya, banyak versi yang mengatakan tentang nama ini namun yang paling populer adalah Curug Citambur yang dalam baha sunda Curug berarti air terjun dan Citambur berasal dari dua kata yaitu “Ci” yang berarti air dan “Tambur” yang berarti alat musik Tambur yang bentuknya sama dengan kendang, versi ini sangat berhubungan dengan benang merah, karena curug ini dinamai seperti itu berhubungan dengan alat musik yaitu Tambur.

Versi yang pertama mengatakan bahwa air terjun ini turun dari tebing dan mengeluarkan suara “bergedebum”, yang mirip dengan alat musik tambur yang di mainkan dengan cara di pukul. Dengan suara yang unik ini lah akhirnya warga memberi nama Curug Citambur.

Curug Citambur
Curug Citambur

Versi kedua crita ini lebih berhubungan dengan asal-usul sebuah kerajaan. Diceritkan dahulu ada kerajaan yang berada di daerah pasirkuda yang di beri nama kerajaan Tanjung Anginan, yang sekarang ini menjadi wilayah Desa Simpang dan Karangjaya, kecamatan Pagelaran, dan letak dari kerajaan ini tidak jauh dari air terjun ini.

Kisahnya adalah setiap raja melakukan ritual dan mandi di air terjun ini dan para pengawal selalu memainkan alat musik Tambur dan suara dari alat musik ini sampai di Desa yang tak jauh dari air terjun ini, karena seringnya mendengar suara musik ini lah akhirnya warga sekitar memberinya nama Curu Citambur.

Namun sumber sejarah tidak ada yang menjelaskan tentang keberadaan kerajaan Tanjung Anginan ini, warga hanya berpendapat bahwa cerita ini hanya legenda yang berkembang dari mulut ke mulut .

Namun meskipun seperti itu air terjun Citambur ini sangatlah indah anda bisa menjadikan sebagai tempat untuk berlibur berikut ini adalah beberapa Informasi mengenai Curug Citambur yang mungkin akan membantu anda jika anda sedang berkunjung ke Air Terjun ini.

Lokasi Atau Alamat Curug Citambur

Curug yang satu ini berada di Cianjur Selatan, Jawa Barat. Tepatnya curug ini berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Fasilitas di Curug Citambur

Tidak salah jika tempat ini menjadi salah satu tempat yang di favoritkan karena tempat ini memiliki fasilitas yang sangat membantu anda, fasilita yang ada di sana sama dengan fasilitas yang lainnya memang tidak ada yang lebih istimewa namun jika anda sudah berada di sana anda akan merasakan keistimewaannya karena selain fasilitas yang ada Curug Citambur juga sangat indah. Fasilitas yang di sediakan seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola dan juga ada banyak sekali yang menjual makanan dan minuman di sana.

Tiket Masuk Curug Citambur

Unruk bisa menikmati keindahan dari curug yang satu ini anda tidak perlu membayar mahal cukup dengan 3.000 per orang sangat murah bukan, jika anda membawa motor anda di kenakan biyaya parkir 2.000 dan untuk kendaraan roda empat atau mobil di kenakan biyaya 5.000 per satu mobil, dengan begitu anda bisa merasakan sensasi keindahan Curug Citambur sepuas hati.

Rute Menuju Curug Citambur

Untuk bisa sampai di Curug Citambur anda bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat hanya saja nanti pada saat hampir sampai di curug citambur jalan akan semakin rusak dan berbatu jadi jika anda menggunakan kendaraan beroda empaa atau mobil sebaiknya jangan menggunakan mbil pendek atau sedan karena akan menyulitkan anda.

Rute menuju Curug Citambur jika di ambil dari arah Bandung, menuju kawasan Ciwedey, Bandung selatan. Kemudian selanjutnya adalah rute pendek yang di jadikan patokan. Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Rancabali.

Bagi anda yang mengambil dari arah Bandung hanya harus menuju kawasan Ciwedey sampai melewati kawasan wisata alam kawah putih, Pemandian air panas Cimanggu, pemandian air panas Ciwalini dan melewati perkebunan teh yang berkelok-kelok.

Kurang lebih 1,5 jam dari Desa Cipelah Kecamatan Rancabali menuju Desa Karang Jaya, akses jalan di perkebunan teh Sirumbara cukup baik namun akan semakin parah jika memasuki Desa Karang Jaya. Setelah sampai di Desa Karang Jaya tepat di depannya ada pintu masuk menuju Curug Citambur, dan di dekat pintu masuk terdapat danau kecil yang bernama Situ Rawa Suro yang berfungsi untuk pengairan irigasi. Dari Danau kecil itu masih ada perjalanan 200 meter jalannya belum beraspal atau bisa di katakan masih berbatu sebaiknya anda berhri-hati saat berkendara.

Air Terjun Tinggi dan Hijau

Indahnya Curug Citambur
Indahnya Curug Citambur

Setelah sampai anda akan menikmati pemandagan yang indah di tambah dengan air terjun yang akan membuat sekitar kita menjadi sejuk, keunikan dari air terjun ini adalah debit airnya yang sangat deras, sehingga menimbulkan uap air yang tampak seeperti kabut tipis Waktu yang baik untuk melihat Curug Citambur ini adalah pada saat musim penghujan, debit air yang deras dan alam sekitar yang indah akan membuat Curug ini menarik untuk di lihat.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Citamburan ingib berwisata di tempat ini, pastinya anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply