Jenis Kopi Robusta
Jenis Kopi Robusta

Apa Kalian Ingin Tahu? Jenis Kopi yang Enak dan Populer di dunia

Posted on

Selain kayanya akan rempah-rempah, indonesia juga kaya dengan beragam kopi yang sangat nikmat yang mendunia. Bagi anda para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan macam jenis kopi. Indonesia sendiri juga menjadi salah satu negara penghasil biji kopi dengan penghasilah terbaik dan juga kualitas terbaik di dunia. Kenikmatannya juga tidak hanya di akui di dalam negeri tapi di luar negeri juga. Kopi di panen hanya untuk di ambil bijinya saja, lalu di jadikan sebagai minuman, atau bisa menjadi bahan pangan lainnya.

Banyak orang yang bertanya “Kenapa banyak sekali jenis kopi yang beragam di seluruh dunia?“, dan jawaabannya karena ada faktor yang mempengaruhi keanekaragaman jenis kopi, seperti habitat dan tempat di mana dia tumbuh, cara budidaya, dan penanganan pasca panen. Da ada juga berbagai macam cara membuat kopi, termasuk mesin dan juga peralatannya untuk mengolah kopi juga bervariasi, tentu semua itu tergantung dengan kebutuhan, dan juga masih banyak faktor lainnya.

Sebenarnya tanaman kopi itu berasal dari benua afrika, lalu menyebar ke seluruh dunia. Pada saat ini kopi banyak tersebar di amerika latin, asia pasifik dan afrika. Pohon kopi bisa tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis dan juga subtropis, tergantung dari jenisnya. Selain di negara lain, beberapa wilayah di indonesia yang tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan juga berbeda-beda. Mungki sudah banyak yang tau, jenis kopi yang populer di kalangan masyarakat yaitu arabika. Karena banyak para pecinta kopi yang menganggap mutu kopi arabika itu lebih unggul kalau di banding dengan jeis kopi lainnya. Tapi sebenarnya masih banyak jenis kopi di dunia yang mempunyai kualitas terbaik.

Jenis Kopi yang Populer di Dunia

1. Kopi Luwak

Jenis Kopi Luwak
Jenis Kopi Luwak

Pasti banyak yang sering mendengar jenis kopi ini. Kopi pertama yang paling populer di dunia itu adalah kopi luwak. Kopi luwak ini menjadi salah satu kopi yang cukup fenomenal karena kopi ini dinobatkan menjadi salah satu jenis kopi termahal di dunia. Selain mahal, kopi luwak ini di hasilkan melalui proses yang cukup aneh. Karena kopinya harus di makan oleh luwak, kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna dengan sempurna lalu di ambil dan di proses untuk di jadikan sebagai minuman. Banyak sekali orang yang percaya kalau proses fermentasi biji kopi yang di lakukan oleh luwak bisa menjadikan rasa kopi ini lembut dan juga eksotis.

2. Kopi Arabika

Jenis Kopi Arabika
Jenis Kopi Arabika

Kopi ini menjadi salah satu kopi yang paling terkenal karena tersebar hampir di seluruh dunia. Kopi ini di anggap sebagai kopi eradisional dengan cita rasa yang paling enak oleh para pecinta kopi. Tidak heran kalau kopi ini bisa tumbuh di aerah yang sejuk dan juga daerah yang dingin ini menguasai pasar kopi di dunia, yaitu dengan persentasi sebanyak 70-80% dari jumlah kopi yang beredar di pasar. Kopi ini memiliki ciri ukuran biji lebih kecil di banding dengan jenis kopi lainnya. Dan, kopi ini juga memiliki rasa dan juga aroma yang sangat nikmat, dan kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga baik untuk di komsumsi.

3. Kopi Robusta

Jenis Kopi Robusta
Jenis Kopi Robusta

Jenis kopi ini sangat populer di dunia. Jenis kopi ini memiliki ciri unkuran biji yang besar dan juga berbentuk oval. Robusta ini bisa tumbuh di dalam lingkungan yang sejuk dn juga di lingkungan yang tergolong panas. Kopi yang bisa tumbuh di negara yang beriklim tropis dan juga yang beriklim subtropis ini memang memiliki aroma dan juga rasa sebaik kopi arabika. Rasanya bisalebih pahit dan sedikit asam ketika kandunga kafeinnya lebih tinggi. Jadi, wajar jika jenis kopi ini di hargai dengan lebih murah dari jeis kopi arabika. Tapi meski begitu, masih banyak orang yang menyukai jenis kopi yang satu ini.

4. Kopi Liberika

Jenis Kopi Liberika
Jenis Kopi Liberika

Kopi jenis ini memang tidak terlalu banyak beredar di pasar kopi dunia karena masih sangat sedikit produsen kopi yang mau mengembangkannya. Kopi ini berasal dari biji kopi arabika dan juga robusta yang di padukan sehingga dapat menghasilkan kopi dengan cita rasa yang kelas mendunia. Unuk mendapati kopi ini hanya di leberia, Afrika. Harga kopi ini juga tergolong mahal karena rasanya sangat lezat. Biasanya kopi ini di buat menjadi kopi espresso ddan juga latte. Mungkin ini menjadi keunggulan kopi liberika.

5. Kopi Kolombia

Jenis Kopi Kolombia
Jenis Kopi Kolombia

Kopi kolombia ini termasuk dari salah satu jenis biji kopi yang sangat enak dan juga populer di dunia. Sesua dengan nama negaranya, jenis kopi ini berasal dari kolombia dan juga tidak bisa di temukan di daerah manapun. Biji kopi kolombia ini pada awalnya berasal dari afrika dan juga masih termasuk jenis kopi arabika. Tapi tentu saja kopi ini lebih nikmat di banding dengan kopi rabika yang biasa.

6. Kopi Excelsa

Jenis Kopi Excelsa
Jenis Kopi Excelsa

Kopi excelsa ini merupakan salah satu jenis kopi yang paling toleran terhadap ketinggian lahan. Jenis kopi ii bisa tumbuh dengan baik di dataran yang rendah mulai dari 0 samapai 750 meter. Pohon kopi excelsa ini bisa menjulang sampai 20 meter. Bentuk daunnya yang besar dan juga lebar dengaan warna hijau kaebu-abuan. Kulit buahnya yang lembut, bisa di kupas dengan mudah dengan tangan. Dan juga kopi excelsa ini tahan lama terhadap suhu tinggi dan juga kekeringan. Kelebihan lain dari jenis kopi excelsa ini bisa tumbuh dengan baik di lahan gambut. Kalau di indionesia, excelsa ini di temukan terbatas di daerrah Tanjung Jabung Barat, Jambi. Anda harus mencoba kopi ini.

7. Kopi Jamaika

Jenis Kopi Jamaika
Jenis Kopi Jamaika

Kopi jamaika ini merupakan salah satu kopi yang mendunia atau yang biasanya di kenal dengan Jamaika Blue Montain. Jenis kopi jamaika ini di budidayakan di Jamaica’s Blue Montains. Meski berasal dri tanaman kopi biasa, justru kopi ini lebih jauh dari kata biasa, dan juga harganya sangat mahal, bahkan ini termasuk salah satu kopi premium dengan harga yang tertinggi di dunia. Kopi ini memiliki beberapa keunggulan yang spesial, yaitu rasanya yang tidak pahit dan juga tekssturnya yang ringan, sangat kompleks dan juga rasanya hampir seperti krim. Anda harus mencoba kopi ini.

8 Kopi Jawa

Jenis Kopi Jawa
Jenis Kopi Jawa

Kopi jaw ini merupakan salah satu kopi yang berasal dri indonesia yang mendunia dan juga termasuk ke dalam jenis kopi arabika. Jenis kopi ini mulai di produksi pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial belanda dan juga menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Rasa dan juga aromanya juga tidak kalah nikmatnya dengan kopi yang berkualitas premium lainnya. Saking terkenal, kata Java di dalam bahasa inggris diartikan merujuk ke kopi. Anda harus segera mencoba kopi yang nikmat ini.

9. Kopi Gayo

Jenis Kopi Gayo
Jenis Kopi Gayo

Kopi gayo ini berasal dari dataran tinggi gayo yang berada di aceh yang sudah berkembang sejak tahun 1908. Kopi gayo ini termasuk kopi dengan kelas premium yang berkualitas karena di tanam di daerah dataran tinggi dengan di kelola dengan sangat teliti. Kopi ini cukup terkenal di dunia karena memiiki aroma dan juga kenikmatan yang khas dan juga kalau di upping atau di tes rasanya dan juga aromanya di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Secar umum kopi gayo ini mempunyai tekstur dan juga rasa yang sedikit asam. Kopi ini sudah di ekspor dan juga populer di beberapa negara seperti eropa, amerika serikat dan juga negara lainnya. Anda harus segera mencoba kopi ini.

10. Kopi Toraja

Jenis Kopi Toraja
Jenis Kopi Toraja

Kopi di indonesia lainnya yang sudah mendunia yaitu kopi toraja. Kopi toraja ini berasal dari daerah timur di indonesia, yaitu toraja.Biji kopi yang di tanam di toraja memang sudah terkenal dari dulu karena membpunyai cita rasa yang khas dan juga enak. Apalagi dari dulu kopi toraja ini sudah menjadi pusat penghasil kopi terbesar di indonesia. Bahkan kopi ini juga sangat di gemari masyarakat jepang dan juga masyarakat amerika serikat. Banyak dari kalangn msyarakat yang bilang kalau menyeruput kopi ini, rasa yang pahit pada kopi akan hilang begitu saja. Anda harus segera mencoba kopi ini.

11. Kopi Sumatra

Jenis Kopi Sumatera
Jenis Kopi Sumatera

Jenis kopi dari sumatera ini memiliki banyak sekali jenis kopi dengan kualitas terbaik yang sebagian besar berasal dari daeah mandaling. Kopi yang di tanam di daerah sumatera biasanya memiliki tekstur yang sangat halus, terasa sedikit masam dan juga memiliki aroma tembakau dan juga tanah. Kopi sumatra yang berasal dari daerah mandaling ini biasa di katakan berawal mula dari biji kopi yang di bawa pulang dari mekah lalu di tanam di minangkabau pada masa pemerintahan hindia dari belanda. Anda harus merasakan kopi ini, kopi ini sangat nikmat dan kalau kaian sudah mencobanya akan ketagihan.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply