3 Idiots
3 Idiots

7 Film Motivasi yang Akan Merubah Hidup Anda

Posted on

Film adalah alat penyiaran yang pantas untuk menyampaikan pesan, dengan audio dan visual yang dikolaburasikan membuat kesan yang sangat mendukung untuk menyampaikan suatu pesan, dan efek pesan yang dikeluarkan oleh film biasanya gampang dirasakan dan diterima oleh penontonnya. Mengkin anda pernah baper ketika melihat film yang menggambarkan tentang percintaan, atau pernah menangis ketika menonton film yang bergenre sedih dan lain lain, itu semua adalah dampak dari pesan sebuah film yang sangat kuat.

Nah, beberapa film yang memberikan pesan yang baik untuk para penontonnya adalah film motivasi. Film motivasi tidak sekedar memberikan hiburan dan tontonan semata tetapi juga memberikan sebuah pesan yang bermanfaat dan bahkan bisa merubah si penonton tersebut menjadi lebih baik, dan tidak sedikit orang yang telah mengalaminya. Lalu judul film terbaik apakah yang bisa memotivasi hidup anda? berikut ini adalah beberapa film yang bisa dijadikan motivasi hidup anda.

1. Forrest Gump

Forrest Gump
Forrest Gump

Judul film motivasi yang pertama adalah film yang berhasil di sutradarai oleh Robert Zamackis dengan film berjudul “forrst gump”. Film ini menceritakan seorang anak yang memiliki IQ dibawah anak anak normal, meskipun dengan keadaan seperti itu sang ibu tetap menginginkan anaknya untuk bersekolah disekolah negeri sama seperti dengan yang lainnya. Dengan segala cara yang telah dilakukan oleh ibunya akhirnya forrest dapat bersekolah disekolah negeri. Namun cerita ini belum selesai, selama disekolah forrest salalu dijahili oleh teman temannya karna mereka merasa dia berbeda dengan yang lainnya dan hal ini berlangsung sampai forrest SMA. Setelah forrest lulus jenjang SMA, dia diterima disekolah militer dan mengikuti peperangan di Vietnam, setelah ia pulang dari peperangan forrest akhirnya memilih menjadi seorang pembisnis udang dengan teman sekolahnya, dan diapun memilih Jenny teman lamanya menjadi pasangan hidup, dan pada akhirnya Jenny meninggal dunia karena terserang penyakit pembunuh.

Film banyak sekali mengandung motivasi, selain alur ceritanya yang menginspirasi tapi beberapa perkataan yang terdapat pada film ini juga sangat memotivasi hidup kita, dan kata kata mutiara yang sangat terkenal dalam film ini adalah “Death is just a part of life” memang benar sekali bahwa kematian adalah akhir cerita dari hidup kita, dan selanjutnya adalah “Life was like a box chocolates, you never know you are gonna get”, hidup itu seperti coklat yang berada didalam sebuah kotak, kita tidak mengetahui akan mendapatkan coklat yang manis atau tidaknya.

2. 12 Years a Slave

12 Years a Slave
12 Years a Slave

Judul film selanjutnya adalah 12 years a slave, film ini berasal dari kisah nyata sebelum dirilis menjadi sebuah film kisah ini dijadikan sebuah novel dan pada akhirnya diangkat ke layar lebar. Film ini menceritakan tentang Solomon Northup(Chiwetel Ejiofor) mereka adalah warga yang berkulit hitam yang berada di daerah Amerika dan mereka dijadikan sebagai budak, kemudian para Solomon tyersebut oleh majikannya dan pada akhirnya mereka mendapat majikan yang sangat kejam.

Film ini pernah mendapatkan piala Golden Globe pada tahun 2014, film ini sangat menyentuh dan menyayat hati sekali, isu perbudakan yang ada didalam fil ini berhasil menggugah banyak orang tentang kekejaman para majikan terhadap budaknya yang ada dibumi ini, selain menayangkan adegan kekejaman dan kekejian film ini juga menampilkan pemandangan alam yang sangat indah. Jadi jika anda belum pernah menonton film ini maka siapkanlah beberapa tisu untuk menghapus air mata anda atas kekejaman perbudakan di Amerika pada saat itu.

3. The Pursuit of Happiness

The Pursuit of Happiness
The Pursuit of Happiness

Adapun film motivasi yang selanjutnya adalah film the pursuit of happynes, film ini sangat terkenal sekali atau mungkin anda pernah menontonnya, film the pursuit of happynes menceritakan seorang salesman yang bernama Chris Garden yang kesusahan tentang ekonominya, dikarnakan hidupnya yang dipenuhi dengan kesusahan akhirnya Crish garden dan anaknya ditinggal pergi oleh ibunya, akhirnya kehidupan mereka berduapun menjadi sangat susah dan serba kekurangan.

Tapi Chris tidak putus asa diapun mencoba untuk maagang di pialang saham, dan ia berfikir jika di magang di perusahaan itu dia akan memperbaiki kehidupan mereka berdua, tapi selama Chris magang dia tidak pernah digaji sampai sampai mereka berdua harus tidur di toilet stasiun, karena Chris bukan seorang yang mudah menyerah selain itu anaknyapun selalu member semangat pada ayah tercintanya akhirnya Chrispun menjadikan anaknya sebagai motivasi dia untuk selalu berjuang. Akhirnya Chris bisa menjadi seorang yang memiliki pialang saham yang sukses hingga dia bisa mempunyai pialang saham sendiri.

Perdebatan yang telah disajikan dalam film ini dibuat dengan sangat baik, perdebatan yang terjadi dalam keluarga Chris dapat membuat anda menjadi emosi dan akan menguras air mata. Jika anda menonton film ini anda pasti akan merasa bersyukur bisa hidup dengan keluarga lengkap dan akan mengetahui betapa berharganya rasa kasih sayang keluarga apalagi dari kedua orang tua kita.

4. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Film ini dirilis tahun 2008 yang menceritakan tentang perjuangan, persahabatan, dan pendidikan anak anak yang berada didesa terpencil di Belitung, film ini bisa dikatakan sebagai motivasi bagi anak anak Indonesia, karena meskipun dalam keadaan yang serba terbatas mereka tetap bersemangat untuk belajar dan belajar.

Film ini penuh sekali dengan pesan moral, pendidikan, sosial, selain itu konflik yang disediakan oleh film laskar pelangi dapat membuat para penonton terbawa arus suasananya. Dan salah satu adegan yang sangat menginspirasi adalah ketika awal berdirinya sekolah SD muhamadiah yang kurang satu orang siswa, selain itu perjuangan seorang bintang yang harus melewati buaya yang cukup buas untuk sampai ke sekolahnya, dan sampai harus berhenti sekolah karena ayahnya yang menghilang ditelan ombak saat berlayar menjadi adegan yang paling sedih dalam film ini.

5. Hafalan Sholat Delisa

Hafalan Sholat Delisa
Hafalan Sholat Delisa

Film motivasi yang selanjutnya adalah film yang berjudul hafalan sholat delisa yang masih buatan dalam negeri, dan film ini mendapatkan beberapa penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri, film ini menceritakan seorang anak perempuan yang harus ditinggalakn oleh ibu dan saudari saudarinya tercinta selama lamanya karna diterjang oleh Tsunami yang terjadi di kota Aceh 2004 silam, perjuangan yang harus dilakukan delisa sangatlah berat apalagi kakinya juga yang harus di amputasi. Satu satunya harapan yang Delisa miliki hanyalah ayahnya, karena ketika tsunami sedang melanda kota Aceh ayahnya sedang berlaut, waktu demi waktu delisapun mulai terbangun dari bencan alam yang sangat dahsyat tersebut . Adapunfilm ini mengajarkan kita tentang norma agama, dan cinta keluarga.

6. 3 Idiots

3 Idiots
3 Idiots

Film ini menceritakan tiga orang mahasiswa jurusan teknik disalah satu perguruan tinggi yang berada dinegara India. Mereka sering sekali melakukan hal hal yang sangat konyol meskipun begitu mereka adalah mahasiswa yang jenius, mereka adalah Farhan, Raju, dan Rancho, dari ketiga mahasiswa tersebut orang yang paling cerdas dan menonjol adalah Rancho, mereka sering sekali melakukan hal hal yang membahayakan hidup mereka, diantaranya adalah mereka pernah mencuri data kampusnya yang menadikan mereka diancam akan dikeluarkan dari kampus tersebut oleh rector mereka.

Dengan ekonomi yang kurang orang tua Farhan dan Raju pernah melarang mereka berdua untuk bermain lagi dengan Rancho, karena setelah mereka bertiga berteman mereka serimng membuat onar dan masalah dengan pihak kampusnya, tapi sebenarnya semua kekonyolan yang mereka perbuat hanya untuk mengkritisi sistem pendidikan yang ada dikampus tersebut. Dalam film ini banyak sekali pesan pesan yang dapat kita ambil dan dijadikan bahan motivasi untuk diri kita. Komersialisasi pendidikan, ujian, dan nilai yang dapat membuat mahasiswa menjadi stres, pemndidikan yang hanya mengutamakan hafalan teori dan dosen yang tidak mau dikritik, dan mahasiswa yang niat kuliah hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan tanpa memikirkan itu bermanfaatb bagi sesama manusia adalah pesan yang ingin disampaikan oleh film 3 idiots.

7. Door to Door

Door to Door
Door to Door

Judul film yang selanjutnya adalah film yang berjudulkan “Door to Door” film ini diambil dari kisah nyata seorang yang mengalami cacat tulang belakang dan kelumpuhan pada otaknya, tapi dengan kekurangannya dia tidak ingin merepotkan orang lain bahkan ibunya sendiri, dia adalah Billi Porter. Karena dia tidak mau merepotkan orang yang ada disekelilingnya dia berjalan mengelilingi kota untuk mencari pekerjaan, namun dari pintu kepintu hasilnya tetap sama yaitu tidak ada pekerjaan yang pantas untuknya.

Dengan keadaan fisik yang Billy miliki, tidak membuat dipatah semangat untuk mencari pekerjaan, dan pada akhirnya diapun dapat diterima diperusahaan “Watskin Company” setelah dia diterima di dijadikan sebagai salesman. Billypun menawarkan barang perusahaannya dengan brosur dari pintu kepintu. Walaupun dengan keadaannya yang cukup memprihatinkan, Billy sering sekali mendapatkan perlakuan yang kasar dari orang orang, bahkan sampai membuat Billy pernah menderita penyempitan tulang belakang yang disebakan oleh kera kerasnya dalam mengantarkan barang barang perusahaan. Singkat cerita pada tahun 1989 Kerja keras yang selama ini dilakukannya mendapatkan penghargaan sebagai salesman yang berhasil menjual barang barang perusahaan tertinggi, dengan total penjualan mencapai $48.460.

Dalam film ini mengajarkan kita tentang kerja keras dan pantang menyerah terhadap apapun yang teradi dalam hidup kita, karena pada dasarnya manusia itu tidak ada yang sempurna, semua orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing, dan jika kita menonton film ini kita akan mengetahui betapa pentingnya kesehatan dan kesempurnaan fisik, kita akan merasa malu jika kita mempunyai keadaan fisik yang normal tapi kita malah bermalas malasan untuk bekerja.

 

     

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply