Mengenali Kanker dan Gejalanya
Mengenali Kanker dan Gejalanya

Mengenal Jenis-jenis dan Penyebab Kanker Sebelum Menyerang Tubuh Kita

Posted on

Jenis-jenis kanker, merupakan salah satu penyakit  yang paling mematikan di dunia. Dimana terdapat pertumbuhan sel-sel di dalam jaringan tubuh yang memiliki sifat abnormal, parasit, pertumbuhan yang cepat namun tidak terkendali. Sebenarna kanker hampir sama dengan tumor, yang masuk dalam kategori tumor ganas. Sel kanker akan terus mengalami pembelahan diri, yang selanjutnya akan lepas dari pengendalian pertumbuhan, serta tidak akan mengikuti hukum-hukum pembiakan.

Mengenali Kanker dan Gejalanya
Mengenali Kanker dan Gejalanya

Oleh sebab itu pertumbuhan kanker harus segera dihentikan atau diobati dan juga diterapi. Karena hal ini sangat membahayakan tubuh, dan membuat kanker terus menyebar ke organ-organ yang ada di tubuh si penderita. Oleh sebab itu kita harus mengetahui mengenai berbagai jenis-jenis kanker dan gejala yang dialaminya, berikut kami akan berikan rangkuman mengenai jenis-jenis kanker dan gejalanya yang bisa kita ketahui agar terhindar dari penyakit yang sangat membahayakan ini :

  1. Melanoma (Kanker Kulit)

Merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang pada bagian kulit manusia, kanker kulit ini berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit). Kanker jenis ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di bawah 30 tahun.  Anda harus mengantisipasinya dengan melakukan proses screening sendiri dalam mencegah melanoma dengan cara mengamati sendiri tanda-tanda kemunculan bintik-bintik pada kulit anda. Dan apabila kulit anda telalu sensitif, kunjungilah dokter kulit untuk mengetahui lebih mengenai penyakit kulit yang anda derita, apakah anda berisiko terkena penyakit kanker kulit atau melanoma.

Gejala-gejala yang akan anda rasakan apabila anda terkena penyakit ini adalah :

Munculnya bintik-bintik atau tahi lalat yang berubah bentuk, ukuran ataupun warna. Dan terkadang di sekitar bintik dan tahi lalat akan terasa gatal, nyeri atau bahkan terjadi pendarahan. Jika anda mengalaminya maka segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit.

  1. Kanker Rahim

Kebanyakan para wanita yang menderita atau berisiko mengalami penyakit yang satu ini, biasanya menyerang wanita yang tidak pernah melahirkan, diabetes, obesitas, aau tekanan darah tinggi. Dan anda harus segera memeriksakannya ke dokter jika mengalami pendarahan pada vagina.

Tidak ada cara untuk tes screening yang spesifik atau tepat untuk mendeteksi kanker rahim secara dini pada wanita, apabila wanita tersebut belum mengalami gejala-gejala terntentu.

Gejala- gejala yang dirasakan apabila seorang wanita menderita penyakit kanker rahim :

Hasil penelitian, 9 dari 10 orang yang menderita kanker rahim mengalami pendarahan pada vaginanya, merasakan nyeri punggung, nyeri saat berhubungan badan, dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

  1. Kanker Payudara

Kanker payudara  merupakan kanker  yang paling banyak menyerang pada wanita setelah kanker kulit. Dan untuk wanita yang berusia 40 tahun atau bahakan lebih tua harus melakukan pemeriksaan mammogram setahun sekali untuk mendeteksi kanker secara dini.

Wanita yang masih berusia muda harus melakukan pemeriksaan sendiri atau memeriksakan keadaan payudaranya ke dokter setiap tiga tahun sekali. Apabila terdapat keluarga yang pernah mengalami kanker payudara anda harus segera mengecek kesehatan anda, karena mungkin anda juga dapat terserang penyakit ini.

Gejala awal bagi seorang wanita yang mengalami kanker payudara yaitu :

Munculnya benjolan yang semaki lama semakin membesar pada payudara. Dan juga perubahan ukuran bentuk, warna , dan juga putting payudara.

  1. Kanker Paru-paru

Kanker jenis ini merupakan penyebab kematian terbesar baik dari kalangan pria maupun wanita. Belum ada cara untuk mengidentifikasi dini penyebab kanker paru-paru ini,  namun biasanya orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kanker paru-paru ini adalah para perokok, dan orang yang telah berusia 55-74 tahun, jika anda khawatir terkena penyakit ini segeralah meminta dokter anda untuk melakukan CT-scan.

Merokok Menyebabkan Kanker
Merokok Menyebabkan Kanker

Gejala yang timbul jika anda terserang penyakit ini :

Saat kanker paru-paru telah parah, biasanya akan muncul gejala-gejala seperti batuk yang terus menerus, nyeri pada dada, kelelahan, napas pendek, dan juga infeksi paru-paru atau bahkan pneumonia.

  1. kanker Serviks

kanker ini menyerang bagian serviks, yaitu bagian yang menghubungkan uterus dengan vagina. Kanker serviks juga bisa terjadi pada wanita yang berusia di bawah 50 tahun. Untuk mengetahui penyakit ini sejak dini, lakukan tes pap mulai usia 21 tahun, dan lakukan secara rutin setiap 3 tahun sekali. Jika hasilnya normal maka pada usia 30 tahun, tes pap dikombinasikan dengan tes HPV yang dilakukan setiap 5 tahun sekali sampai dengan usia 65 tahun.

Gejala awal tekena penyakit ini adalah :

Mengalami pendarahan abnormal pada bagian vagina, layaknya pendarahan pada saat berhubungan badan, setelah menopause, timbulnya bercak darah saat menstruasi, nyeri saat berhubungan badan dan berbagai gejala lainnya.

  1. Kanker Prostat

Dari 3 orang penderita kanker prostat 2 di antaranya adalah pria yang berumur lebih tua atau 65 tahunan. Belum ada screening tes yang dianjurkan untuk mendeteksi kanker prostat sejak dini. Anda bisa menjalani tes darah prostate specific antigen (PSA) dan juga digital rectal (exam DRE) setelah anda berusia 50 tahun atau bahkan lebih.

Gejala yang dialami oleh orang yang terserang penyakit ini adalah :

Kanker prostat biasanya mengalami masalah pada saat ereksi, urin yang mengandung darah, nyeri pada bagian pinggang dan melemahnya fungsi kerja kaki.

  1. Kanker Testis

Penyakit ini kebanyakan diderita oleh para pria yang berusia 20 hingga 35 tahun. Apabila anda khawatir terkena penyakit ini sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi testis anda ke dokter, sebelum terjadi sesuatu yang aneh pada testis anda.

Gejala awal yang dirasakan apabila anda terkena penyakit ini adalah :

Mengalami pembengkakan pada testis dan juga mengalami rasa berat pada skortum anda.

  1. Leukemia (Kanker Darah)

Leukeia atau kanker darah yang biasanya mempengaruhi sumsum tulang belakang dan juga jaringan getah bening. Semua kanker sebenarnya berawal dari sel, dan yang membuat adalah darah dan jaringan lainnya. Tiak ada screening tes yang dapat dilakukan untuk mendeteksi leukemia sejak dini. Jadi jika anda khawatir mengenai penyakit ini, anda bisa segera menanyakannya pada dokter.

Gejala awal yang dialami ketika anda terkena penyakit ini adalah :

Mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berada di sekitar leher, ataupun ketiak yang tanpa disertai rasa sakit, demam, mudah untuk terinfeksi, mudah lelah, mudah mengalami pendarahan apabila terjadi luka, dan juga kehilangan berat badan.

  1. Kanker Perut (Lambung)

Kanker lambung yang biasanya terjadi pada orang yang berusia 65 tahun atau juga lebih. Dan penyakit ini lebih berisiko tinggi terhadap pria dari pada perempuan. Namun untuk saat ini belum ada screening tes yang dapat mendeteksi sejak dini mengenai kanker lambung. Akan tetapi dokter akan melakukan tes yang lain seperti endoscopy untuk mengetahui keadaan perut, esofagus dan juga usus halus.

Gejala awal yang menandai anda terserang penyakit ini adalah :

Apabila saat awal tekena penyakit ini tidak akan ada tanda-tanda, namun setelah kondisi mulai memburuk akan mulai terasa tidak nyaman, kesulitan menelan, muntah-muntah, setelah makan perut akan menjadi kembung, dan kehilangan berat badan.

  1. Kanker Ovarium

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini adalah para wanita yang telah mengalami menopause. Khususnya apabila anda telah berusia 55 tahun atau lebih, tidak pernah melahirkan, dan juga memiliki keluarga yang punya riwayat kanker. Untuk saat ini belum ada tes screening mengenai kanker ovarium, namun apabila anda merasa ada yang salah mengenai kondisi ovarium anda, segeralah melapor kepada dokter, agar dokter segera melakukaj pengujian panggul dan tes tambahan seperti ultrasound.

Gejala awal jika anda terkena penyakit ini adalah :

Mengalami kembung pada perut, pada panggul, kehilangan nafsu makan, dan juga terlalu sering buang air kecil, mudah lelah,nyeri punggung dan juga nyeri ketika berhubungan seksual.

  1. Kanker Colorectal (Colon dan Rectum)

Adalah kanker yang terjadi pada bagian usus besar dan juga dubur. Kebanyakan penderita adalah orang yang telah berusia 50 tahun atau bahkan lebih. Dan anda dapat melakukan tes screening dengan cara sigmoidoscopy atau juga bisa colonoscopy pada saat berusia 50 tahun.

Gejala yang timbul apabila terserang kanker ini adalah sembelit, pendarahan pada bagain anus dan juga kehilangan berat  badan.

  1. Kanker Kandung Kemih

Kanker jenis ini biasanya menyerang pada orang dengan usia 55 tahun ke atas, dan pria lebih berisiko terkena penyakit ini daripada wanita. Tes screening tidak dapat dianjurkan bagi anda, kecuali anda memiliki resiko tinggi terhadap kanker kandung kemih, sama halnya seperti orang yang selalu terpapar bahan kimia tukang cat, penata rambut, dan juga ahli mesin. Dan nantinya dokter akan melakukan tes urin atau cystoscopy untuk mengetahui apakah anda berisiko terkena penyakit kanker kandung kemih atau tidak.

Gejala yang dirasakan apabila anda terkena penyakit ini adalah  sebagai berikut :

Gejala awal yang terjadi pada penderita kanker kandung kemih adalah adanya darah pada urin kita, terlalu sering buang air kecil dan terasa nyeri seperti terbakar ketika buang air kecil.

Itulah sedikit info mengenai jenis-jenis dan gejala kanker yang harus kita waspadai, karena dapat membuat banyak orang kehilangan nyawa keluarga mereka. Semoga dapat membantu.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply