Wisata Magelang
Wisata Magelang

Beberapa Tempat Wisata di Magelang Yang Paling Keren

Posted on

Magelang merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, letaknya juga strategis karena menjadi jalan utama di arah Jogja dan Semarang. Meski kota Magelang tidak cukup luas, tapi objek wisatanya cukup lengkap mulai dari wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah. Semua ada di kota Magelang ini.

Kota Magelang termasuk kabupaten dan kota yang memiliki peninggalan keajaiban dunia, sampai saat ini magelang makin terkenal baik di Indonesia dan di penjuru dunia. Di Magelang ada berbagai tempat yang merupakan peninggalan sejarah di antaranya yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut dll. Selain itu magelang juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi untuk hari liburan kalian bersama keluarga. Berikut ini beberapa tempat wisata di Magelang yang wajib kalian kunjungi yaitu:

Curug Silawe

curug-silawe-magelang
curug-silawe-magelang

Air terjun yang terletak di sebelah barat daya kabupaten magelang ini sedikit tersembunyi dan sulit untuk ngakses jalan menuju ke lokasi ini. Karena banyak yang belum mengerti, kawasan wisata Curug Silawe ini masih terlihat indah dan alami. Curug Silawe ini terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Tempat ini berada di lereng Gunung Sumbing sebelah selatan dengan ketinggian lokasinya sekitar 500 meter dari permukaan air laut.

Saat kalian menyusuri jalannya sepanjang perjalanan kalian menemukan pemandangan alam yang cukup indah. Karena terlihat dengan hamparan persawahan luas mulai dari ujungnya berupa bukit-bukit yang dipenuhi dengan bermacam-macam jenis pohon. Diantara pohon-pohon yang terlihat dari kejauhan memiliki beberapa warna diantaranya memiliki warna daun yang berbeda dengan pohon-pohon yang lain. Salah satu di ujung persawahan juga terdapat area pemukiman yang lokasinya berdekatan dengan Curug Silawe. Harga tiket masuk ke Curug Silawe ini cukup murah, hanya 2000 rupiah saja dan parker 1000 rupiah kalian sudah bisa menikmati indahnya Curug Silawe ini. Pasti liburan kalian akan berkesan sekali bersama keluarga.

Hamparan Negeri Diatas Awan Gunung Andong

Pemandangan Dari Puncak Gunung Andong

Kalau kalian ingin merasakan sejuknya Gunung, dan tidak sempat untuk berkunjung karena terlalu sibuk tetapi kalian ingin sekali berkunjung ke Gunung, datanglah ke Gunung Andong meskipun tingginya hanya 1.736 meter di atas permukaan laut, tetapi Gunung ini menyimpan banyak pesona yang tidak boleh dilewatkan. Untuk mencapai puncak dari Basecamp kalian hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam. Ditempat ini kalian bisa melihat seluruh kota Magelang tanpe menggunakan teropong.

Kalian juga bisa camping di Gunung Andong ini, manjakanlah otak kalian meskipun harus bercapek-capek dulu, melihat orang-orang yang saling menyapa, ndengerin musik kesukaan, becanda bareng teman dan lain sebagainya. Saking populernya gunung ini selalu dipadati dan tentu saja kurang bisa dinikmati dengan panorama yang ada. Kalau cuaca sedang baik, kalian bisa melihat berbagai jenis rumah seperti miniatur yang ada di sebuah kantor pemasaran. Puncak Andong sangat menghipnotis orang yang melihatnya, dengan langit yang berwarna biru dan juga dihiasi dengan awan-awan putih yang bersih membuat orang makin tidak ingin balik ke rumah. Selain itu kalian juga bisa melihat indahnya sunset dan sunrise di Gunung Andong, sangat menyenangkan bukan?

Candi Selogrio

Candi-Selogriyo-Magelang
Candi-Selogriyo-Magelang

Candi ini terletak dilokasi yang terpencil dari pemukiman penduduk dan juga tersembunyi diantara bukit Giyanti, Condong dan Malang. Candi Selogrio ini berdiri di megah di Dusun Campurrejo, Desa Kembang kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Katanya candi ini merupakan peninggalan masa kejayaan Hindu pada abad ke 8 masehi. Candi Selogrio ini sebuah peninggalan purbakala, candi ini diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu.

Candi Selogrio ini disebut sebagai peninggalan Wangsa Sanjaya pada abad ke 8, katanya candi ini dibangun pada zaman yang sama dengan candi di dataran tinggi dieng yang terletak di puncak bukit. Luas puncak bukit ini dibangun menjadi Candi Selogrio sekitar 300 meter, sedangkan tanah milik pemerintahan magelang yang terentang mulai gerbang utaman candi sampai pagar di puncak bukit yaitu mempunyai luas 1.195 meter.

Rumah Kamera Yang Unik

Rumah-Kamera-Magelang-Jawa-Tengah
Rumah-Kamera-Magelang-Jawa-Tengah

Rumah kamera ini berada di Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur dari Magelang, Jawa Tengah. Bentuk rumah kamera ini seperti kamera DSLR yang sering sekali digunakan dengan para fotographer untuk memotret foto-foto yang unik. Kalian tidak akan menghabiskan banyak uang untuk berkunjung ke rumah kamera ini, karena tiket masuk ke rumah kamera ini hanya Rp 15.000 per orang.

Rumah Kamera Magelang ini mempunyai cerita sendiri, awalnya dari sebuah pengalaman melukis yaitu Pak Tanggol, ketika beliau tinggal di Bali, Pak Tanggol membeli kamera sebagai alat bentuk melukisnya dan ketika kamera sudah berada di tangan, Pak Tanggol menyadari kalau benda ini harus dirawat. Dan dari sinilah pemikirannya ingin membuat rumah kamera. Beliau membangun sebuah rumah yang berbentuk kamera yang dibuka sekitar tahun 2014.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak pernah bosan dan lelah, karena kalian tidak perlu berdiri berjam-jam untuk melihat semua lukisan. Di rumah kayu ini tersedia kursi yang bentuknya lucu dan kreatif, jadi kalau kalian merasa lelah kalian bisa istirahat sejenak di kursi yang sudah disediakan. Yuk buruan datang ke rumah kamera ini, sangat unik sekali pemandangannya dan juga bagus untuk dibuat foto loh.

Rafting di Sungai Ello

rafting-sungai-elo-di-magelang
rafting-sungai-elo-di-magelang

Selain Magelang terkendal dengan tempat wisata candi, magelang juga terkenal dengan wisata arung jeram. Kalian bisa menjadikan Arung Jeram di Magelang ini sebagai salah satu pilihan untuk wisata yang aman dan pastinya menyenangkan. Di sungai ini terdapat dua sungai yang bisa menjadi alternatif  pilihan di dalam wisata Arung Jeram kalian ini. Yaitu sungai Progo dan sungai Elo, masing-masing sungai dengan rutenya mempunyai tingkat tantangan yang berbeda.

Ada beberapa tingkat kesulitan tantangan yang bisa menjadi pilihan trip untuk wisatawan arung jeram di Magelang. Kalau tingkat pemula dapat dinikmati wisatawan yang tidak bisa berenang sekalipun, sebelumnya tidak memiliki pengalaman arung jeram atau anak-anak usia 8 tahun ke atas. Untuk tingkat expert dibutuhkan skill khusus baik kemampuan berenang dan telah memiliki pengalaman dalam berarung jeram sebelumnya.

Taman Bermain Kyai Langgeng Magelang

taman-kyai-langgeng-magelang
taman-kyai-langgeng-magelang

Taman Bermain Kyai Langgeng ini terletak di pusat kota Magelang, tempat ini merupakan tempat wisata keluarga yang ada di Magelang. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa menikmati berbagai macam destinasi permainan seperti Komedi Putar, Rolling Coster, Kereta Api, dan masih banyak lagi.

Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata anak-anak yang harus dikunjungi untuk menyenangkan anak kecil, selain wahana bermain disini juga ada perpustakaan yang berbeda dengan perpustakaan di tempat yang lain. Di taman ini anak-anak bisa beredukasi sambil praktek dengan hal-hal yang menarik. Harga tiket masuk yang terjangkau kalian bersama keluarga sudah puas bermain dan juga belajar di taman ini.

Alun-alun Kota Magelang

Alun-alun-kota-magelang
Alun-alun-kota-magelang

Kota Magelang yaitu salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah, terletak 75 km sebelah selatan Semarang dan 43 km dari Yogyakarta. Kota ini mempunyai alun-alun yang dijadikan sebagai pusat kota, karena letaknya strategis di tengah kota. Banyak sekali kendaraan angkutan kota dan berbagai jalur yang melewatinya. Disana wisatawan bisa bersantai ria bersama keluarga sambil menikmati jajanan khas alun-alun magelang.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian-Air-Hangat-Candi-Umbul-Magelang
Pemandian-Air-Hangat-Candi-Umbul-Magelang

Untuk menemukan Candi Umbul, kalian harus berkendara menuju Kartoharjo, Kabupaten Magelang, Kecamatan Grabag. Kalau kalian dari arah semarang kalian bisa mengambill jalan kiri sebelum mencapai Kecamatan Pringsurat, Temanggung dan kurang lebih 400 meter, kalian bisa sampai ke wisata candi ini.

Kalau kalian dari arah Yogyakarta kalian harus ngambil arah kanan tepat di pertigaan Desa Krincing menuju Grabag. Lalu ikutilah papan petunjuk arahnya yang mau menuju ke kawasan wisata Candi Umbul Magelang ini.

Sejumlah batuan yang berjejer rapi di tepi kolam dan menggambarkan berbagi relief binatang dan tumbuhan. Keberadaan pondasi yang ada di sudut dasar kolam sebagai tiang penyangga maupun tiang untuk pelindung. Sedangkan batu yang lainnya berbentuk lingga datang yaitu alas duduk yang berfungsi untuk bersemedi para ksatria. Kalau dilihat dari relief dan juga beberapa pelitasan berbentuk lingga di titik-titik yang tertentu, membuktikan bahwa Candi umbul yaitu candi yang bercorak Hindu.

Hutan Pinus Kragilan, Magelang, Jawa Tengah

Hutan-Pinus-Kragilan-Magelang
Hutan-Pinus-Kragilan-Magelang

Tempat ini banyak yang membicarakan tempat ini, karena tempat ini sering diunggah dimedia sosial. Hutan Pinus Kragilan, Magelang, Jawa Tengah ini sering disebut dengan Top Selfie Pinusan Kragilan ini. Tempat ini memang memiliki banyak pemandangan yang bagus untuk dibuat foto, meskipun harus ada fotografer agar membuat tempat ini lebih indah saat digambar. Tempat yang paling banyak disukai oleh pengunjung yaitu di sepanjang jalan turutan selepas pintu masuk menuju tempat parkir yang berupa jalan panjang dengan pohon-pohon pinus pada sisi kanan dan kiri jalan.

Sebenarnya hutan pinus ini tidak terlalu popular dan tidak terlihat dari jalan raya. Tetapi warga kragilan yang berinisiatif untuk bersama mempromosikan tempat ini, sementara pengelolanya memberikan nama Top Selfie untuk lebih banyak menarik para pengunjung. Warga sini sendiri yang membuat struktur organisasi pengelola, dimana mereka yang termasuk pengelola menggunakan seragam yang berwarna biru hitam dan juga berbagi tugas, mulai dari mengatur jalan, menjaga loket masuk, menjaga tempat parkir dan juga ada yang menjadi pemadu di lokasi ini.

Setiap satu jam sekali petugas dilengkapi dengan radio komunikasi yang berpatoli demi menjaga keamanan sekaligus juga mencegah pengunjung terutama kaum muda untuk melakukan hal yang tidak diinginkan. Setiap hari Jum’at Wage dan Selasa Kliwon warga mengadakan tradisi doa untuk keselamatan dan kenyamanan pengunjung, sedangkan pada saat setiap hari Senin 2 orang petugas diturunkan untuk memunguti sampah yang ada dilokasi hutan pinus ini untuk dibakar.

Lokasi hutan pinus dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIb. Warga melarang pengunjung untuk menginap atau mendirikan tenda dilokasi ini. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 kalau membawa mobil dan Rp 3000 untuk yang membawa motor. Disini kalian juga bisa melakukan kegiatan Flying Fox dengan harga Rp 10.000. Untuk Flying Fox belum ada update biaya terbaru

Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply