Air Terjun Maribaya Bandung
Air Terjun Maribaya Bandung

Ayo Kunjungi Taman Hutan Raya Djuanda dan Air Terjun Maribaya Bandung

Posted on

Taman hutan raya djuanda atau yang biasa di singkat tahura djuanda yang merupakan salah satu destinasi yang ada di tempat wisata bandung utara yang luasnya mencapai 590 hektar. Tahura ini berada di desa ciburial,kota bandung dengan ketinggian 770 mdpl sampai 130 mdpl. Banyak sekali jenis tanaman di taman hutan raya bandung. Hutan yang membentang dari kawasan dago pakar sampai ke maribaya, lembang.

Selain untuk melalu jalan dago, bisa juga menuju kawasan tahura dari arah utara, yang melalui objek wisata maribaya lembang. Untuk masuk, membayar tiket sebesar 11.000 per orang. Setelah masuk kedalam kawasan tahura, ada beerapa papan informasi yang termasuk peta dari tahura djuanda secara keseluruhan. udara yang sejuk dan juga pepohonan pinus yang rimbun. Di papan informasi ini ada sejarah tentang tahura djuanda. Jadi, taman hutan raya djuanda ini merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman. Tahura djuanda ini di kelola oleh dinas kehutanan prov. jawa barat.

Pada awalnya tahura djuanda ini di bangun oleh pemerintah hindia dari belanda sebagai hutan lindung yang bernama hutan lindung gunung polasari. Pada tahun 1960, gubernur jabar yang mulai mempersiapkan hutan lindung sebagai hutan wisata dan juga kebun raya. Dan di tahun 1965 baru di resmikn sebagai kebun raya hutan rekreasi Ir. H. djuanda. Peenggunaan Ir. H. Djuanda itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa beliau yang meeninggal di tahun 1963, ini di guakan juga di dalam nama jalan dago, jalan Ir. H. Djuanda.

Sebelum deklarasi djuanda ini , Negara-negara internasional yang hanya mengakui batas laut teritorial yaitu 3 mil laut dari garis pantai terendah. Akibatnya adalah, negara kita yang terdiri dari banyak sekali pulau yang terpisah-pisah oleh perairan internasional yang bebas diakses oleh  negara-negara asing. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi kedaulatan negara. Setelah deklarasi Djuanda, tidak ada lagi dari perairan internasional yang nyempil didalam wilayah negara kita. Batas negara kita juga diukur dari kepulauan terluar.

Ada banyak sekali objek wisata yang ada di kawasan tahura djuanda, diantaranya adalah gua jepang, monumen Ir. H. Djuanda, kolam pakar, gua belanda, prasasti raja thailand, curug omas maribaya dan juga ada taman bermain. Tahura djuanda ini juga bisa di gunakan untuk olahraga lintas alam karena hutannya yang masih alami.

Disini juga terdapat berbagai macam koleksi flora dan juga fauna. Pada beberapa tahun yang lalu disini ada bunga bangkai yang sedng tumbuh. Konon di area tahura ini ada dua bunga bangkai yang di tanam sejak tahun 2007 yang lalu, salah satunya yang baru saja mekar pada bulan februari tahun 2015.

Outbond Hutan Taman Raya
Outbond Hutan Taman Raya

Bagi anda yang membawa anak, disini juga terdapat area permainan yang cukup lengkap seperti perosotan, ayunan dan yang lainnya. Sedangkan untuk orang dewasa terdapat area outbond yang cukup menantang. Tapi untuk menggunakannya harus minta izin terlebih dahulu dari pengelola tahura.

Gua Jepang dan Gua Belanda

Gua Jepang dan Gua Belanda
Gua Jepang dan Gua Belanda

Kalian harus mengunjung gua jepang dan gua belanda terlebih dahulu karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Jalan untuk menuju gua jepang ini sudah di lengkapi dengan jogging track, jadi enak untuk jalan. Bisa berjalan sambil menikmati beragam pepohonan. Setiap pohon yang di lewati ada keterangannya masing-masing, dan banyak sekali monyet yang bergelantungan di pepohonan.

Disana ada orang yang menawari sewa senter dan juga menawari menjadi tour guide, karena di dalam gua itu sangatlah gelap, maka harus memkai senter untuk menerangi gua yang gelap. Banyak pengunjung yang masuk kedalam gua, jadi gua tidak kelihatan sunyi, dan bisa ikut nimbrung dengan pengunjung yang lainnya. Dan tour guide menerangkan sejarahnya gua jepang ini. Gua jepang ini di buat pada tahun 1942 sampai 1945 oleh orang-orang indonesia yang mejadi pekerja romusha. Banyak sekali gua yang di bangun oleh penjajahan jepang, salah satunya adalah gua yang ada di tahura djuanda. Sebelumnya gua ini di gunakan oleh tentara jepang sebagai tempat penyimpanan logistik, amunisi dan juga alat komunikasi radio pada saat perang dunia.

Di dalam gua ini banyak sekali lorong-lorong, di dalam beberapa lorong ada ventilasinya supaya gua tidak pengap. Di gua ini bisa melihat di beberapa sudut gua ada kelelawar yang bergelantungan. Kondisi gua ini sangat terlihat kokoh dan juga terawat dengan baik. Dinding gua yang terbuat dari batu yang keras tanpa di campur dengan semen. Tidak bisa di bayangkan para romusha membuat gua ini, banyak nyawa yang melayang.

Lalu mengunjungi gua belanda yang jaraknya kurang lebih sekitar 500an meter. Di sepanjang jalan menuju gua belanda akan di suguhi panorama yang sangat indah, pepohonan besar dengan suara kicauan burung mengiringinya. Disana juga ada pedagang asongan dan juga warung tetap. Gua belanda ini di buat oleh kolonial belanda di tahun 1941. Gua belanda ini ukurannya lebih luas di bandingkan dangan gua jepang dan juga lebih rapih. Gua belanda pada awalnya sebagai terowongan PLTA bengkok dago, yang kemudian di gunakan untuk keperluan militer. Di dalam gua ini ada ruangan khusus yang biasa di gunakan untuk ruang interogasi dan juga ruangan penjara. Gua belanda ini suasananya lebih seram dibandingkan dengan gua jepang. Tmpat ini biasanya di jdikan untuk tempat uju nyali yang ada di salah satu acara TV. Di gua belanda ini terdapat warung, mushola dan juga toilet. Terkadang ada beberapa monyet yang turun untuk meminta makan kepada pengunjung.

Wisata Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya Bandung
Air Terjun Maribaya Bandung

Di gua belanda ada jalur yang tembus ke objek wisata lainnya, seperti penangkaran rusa dan juga curug omas maribaya. Bisa keluar lewat pintu belakang dan langsung melanjutkan perjalanan menuju curug omas maribaya. Dari goa belanda menuju curug omas maribaya jaraknya kurang lebih 5 km. Bisa menuju curug omas maribaya dengan berjalam kaki dengan santai, tidak harus naik ojek. Tarif ojek di sana juga cukup mahal.

Tempat wisata Maribaya di Bandung ini sekarang sudah bersolek cantik. Dari dulu, Maribaya Lembang dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang berada di daerah Bandung utara. Hanya saja identik dengan tempat yang kumuh, kotor, dan juga suka dipakai orang pacaran.

Sekarang setelah direnovasi sudah cukup lama, kawasan ini berganti management dan berubah nama menjadi Maribaya Resort Bandung. Tampilan dan juga fasilitasnya berubah jauh 180 derajat, sekarang lebih nyaman dan juga lebih indah. Silahkan anda simak review kami tentang salah satu tempat wisata yang berada di daerah Bandung utara ini.

Jalan kaki untuk menjelajah hutan raya djuanda lumayan menantang, jalannya yang naik turun, sebagian jalannya juga cukup terjal. Setelah menaiki tanjakan yang terjal, anda bisa istirahat dulu sebentar. Di tengah perjalanan melewati senuah bendungan PLTA. Di dekat bendungan itu juga ada penangkaran rusa, kalian bisa saja berkunjung kesana untuk melihat rusa-rusa. Trek yang di lalui di lapisi dengan paving blok sehingga tampak lebih rapi, tapi jika musim hujan biasanya sering becek bahkan terdapat beberapa longsoran. Pastikan juka anda megunjungi tempat ini sehari sebelumnya tidak ada hujan yang deras agar tidak terlalu banyak trek yang becek. Banyak sekali objek wisata yang lainnya yang bisa di kunjungi sebelum sampai ke curug omas maribaya, ada juga curug lalay atau kekelawar dan juga ada batu dayang sumbi. Anda bisa saja mengunjunginya jika anda berlibur ke tahura djuanda.

Penangkaran Rusa
Penangkaran Rusa

Berjalan hingga 5 km itu cukup lelah, tapi semua itu aka terbayar jika sudah sampai di tempat tujuan akhir, yaitu air terjun maribaya. Disana akan di smbut dengan ribuan monyet yang bergelantungan di pepohonan dan juga di jembatan. Di sana anda aka melihat indahnya air terjun maribaya dari jembatan yang berada tepat di depan air terjun.

Ketinggian air terjun maribaya ini kurang lebih 25 meter. Dan suasananya lebih ramai pengunjung di baningkan dengan tahura djuanda. Di curug maribaya ini banyak sekali lahan terbuka dan juga banyak sekali pengunjung yang menggelar tikar sambil tiduran. Anda bisa berfoto-foto di atas jembatan, di sana juga ada warung jika ingin membeli makanan. Banyak sekali warung yang menyediakan beragam makanan yang terutama makanan dan minuman khas bandung seperti nasi timbel, jagung bakar, ketan bakar, mie gireng, surabi, bandrek, bajigur dan juga yang lainnya.

monyet yang ada di taman hutan raya juanda
monyet yang ada di taman hutan raya juanda

Didalam kompleks wisata di maribaya resort ini, terdapat beberapa area yang utama yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga anda. Penataan ruang dan juga lokasi yang cukup bagus dan juga terlihat sangat asri. Selain itu banyak juga terdapat spot-spot yang bagus untuk berfoto ataupun untuk beristirahat. Dalam kawasan ini dilewati oleh dua buah sungai yaitu sungai cigulung dan jug sungai cikawari. Di lokasi ini juga terdapat 3 air terjun yaitu air terjun atau curug cikawari, curug cigulung, dan juga curug cikoleang. Anda tidak bisa bermain air di curug cigulung ini karena airnya cukup dalam. Tetapi anda bisa untuk menikmati suasananya dari Twig Cafe yang berada persis di sisi curug Cigulung.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply