Cara Mengatasi Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Mudah, Murah, Namun Terbukti Ampuh

Posted on
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Mempunyai rambut yang kuat, sehat, dan indah pasti sudah menjadi dambaan seseorang. Sebab rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, apalagi bagi seorang wanita. Rambut juga merupakan suatu hal yang sangat penting, bukan hanya bisa untuk mempercantik diri bagi seorang wanita, rambut juga bisa dijadikan sebagai ajang bergaya untuk seseorang, jika rambut terlihat subur dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.

Itulah sebabnya , jika rambut sedang mengalami beberapa masalah, seperti rambut sedang mengalami kerontokan, apalagi kering, rambut harus segera dirawat dengan baik dan sesegera mungkin, sehingga dapat sehat kembali bahkan menjadi lebih kuat dan sehat. Rambut yang sedang mengalami kerontokan normal berkisar antara 50 – 100 helai per harinya, tapi jika rambut anda terjadi kerontokan rambut lebih dari batas normal tersebut maka harus dilakukan perawatan yang baik dan secepat mungkin, sehingga kerontokan yang terjadi tidak bertambah parah. Gimana ya caranya?

Ada berbagai macam cara yang bisa anda gunakan, anda bisa memakai obat terpercaya yang telah jadi di pasaran atau dapat juga memakai berbagai cara dari bahan tradisional yang alami. Dan pastinya terdapat kekurangan dan kelebihannya. Anda harus berhati – hati jika memilih produk yang telah dijual di pasaran. Saran saya sih, sebaiknya anda menggunakan bahan yang alami saja, karena bahan alami tersebut tidak akan berbahaya dan mengganggu kesehatan anda. Bukan hanya itu saja, bahan alami lebih murah dan mudah dicari disekitar lingkungan anda.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Inilah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati dan memperbaiki rambut rontok yang terjadi :

1. Teh Hijau dan Daun Seledri

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Mudah
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Mudah

Di dalam teh hijau terkandung senyawa antioksidan tinggi yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala. Sedang di daun seledri, terdapat kandungan vitamin A, vitamin B, serta zat besi yang terbukti ampuh bisa menguatkan rambut dari akarnya. Bukan hanya itu, dengan pemakaian yang rutin, campuran teh hijau dan daun seledri juga dapat mengkilaukan rambut anda.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau dan daun seledri :

  • Siapkanlah handuk yang telah direndam air lemon hangat.
  • Gunakanlah handuk hangat tadi untuk menutupi kepala anda, kira – kira 10 menit.
  • Kemudian, tetesilah rambut anda dengan menggunakan seduhan teh hijau dan daun seledri.
  • Pijat – pijatlah kepala rambut kepala dengan lembut agar bahan dapat meresap dengan sempurna.
  • Setelah kurang lebih dari setengah jam, bilaslah rambut anda dengan memakai air dingin.

2. Jangan Sisir Rambut Ketika Masih Basah

Jangan Sisir Rambut Ketika Masih Basah - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Jangan Sisir Rambut Ketika Masih Basah – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Anda harus segera meninggalkan kebiasaan menyisir rambut di saat rambut masih basah. Bukan hanya itu, tidur dalam kondisi rambut masih basah juga dapat membuat rambut menjadi semakin rontok. Dalam kondisi rambut yang basah, resiko rambut patah akan semakin tinggi. Anda juga dapat memilih sisir yang memiliki gigi jarang supaya kerontokan dan resiko rambut patah dapat lebih diminimalisir.

3. Minyak Lavender

Minyak Lavender - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Minyak Lavender – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minyak lavender diyakini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah kerontokan rambut dan telah terbukti ampuh dalam meningkatkan pertumbuhan di bagian rambut anda. Gunakanlah minyak lavender, kemudian pijat – pjatlah kulit kepala anda kurang lebih sekitar 15 menit. Cara tersebut dapat anda lakukan secara teratur selama 2 minggu sekali.

4. Protein

Protein - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Protein – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Protein adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh rambut anda. Cara mengatasi rambut rontok secara alami juga dapat dengan memakan protein dalam kadar yang cukup dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut dan bisa mengatasi kerontokan rambut anda. Itulah sebabnya, anda dapat mulai untuk memakan berbagai macam makanan yang mengandung protein yang tinggi, seperti ikan atau dapat juga memakan protein shake, sehingga rambut anda dapat tumbuh menjadi lebih kuat, sehat dan tebal.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Vitamin B12 – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara lain untuk mengatasi rambut rontok yaitu dengan memakan makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin B12 mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain bisa menjaga sel – sel di rambut dan bisa membuat kulit kepala anda menjadi lebih sehat. Vitamin B12 bisa membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah, sehingga bisa membantu dalam menyiapkan oksigen dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 di antaranya, daging, susu, telur, unggas, dan beberapa jenis makanan yang lainnya.

6. Masker Alpukat dan Kentang

Masker Alpukat dan Kentang - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Masker Alpukat dan Kentang – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kedua bahan alami tersebut diperkaya dengan nutrisi yang bagus untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut baru, menjaga kelembaban rambut, bisa mengkilaukan rambut yang kusam, serta mampu menghitamkan rambut.

Banyak perusahaan yang mengekstrak kentang dan alpukat untuk dijadikan sebagai produk shampo maupun penutrisi rambut. Pakailah masker alpukat dan kentang ini secara teratur tiap harinya sehabis mandi keramas untuk hasil yang memuaskan.

7. Yoghurt

Yoghurt - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Yoghurt – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Yoghurt adalah salah satu bentuk produk dari olahan susu. Yoghurt mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk menjaga sistem pencernaan. Mulai dari serat, probiotik, asam folat, mineral alami, semuanya terdapat di dalam yoghurt.

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, bahkan kandungan nutrisi yang terdapat dalam yoghurt juga bermanfaat untuk memperbaiki sel rambut yang rusak, memperkuat rambut, menyuburkan rambut dari dalam akarnya, serta bisa menutrisi rambut dari dalam.

Cara alami mengatasi rambut rontok dengan yoghurt :

  • Campurlah madu dengan yoghurt secukupnya saja, anda pasti bisa menyesuaikannya.
  • Oleskanlah campuran tadi dengan merata keseluruh bagian rambut dengan dipijat – pijat yang lembut.
  • Diamkanlah sekitar 1-2 jam, agar meresap.
  • Kemudian, bilas dengan memakai air dingin hingga bersih.

Catatan penting : Lakukanlah kegiatan ini minimal 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

8. Putih Telur

Putih Telur - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Putih Telur – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Pemakaian putih telur pada rambut juga dapat  membantu menjaga kualitas dan kelembutan rambut yang anda punya.  Anda dapat memisahkan antara kuning telur dengan putih telur. Kemudian, aduk – aduklah putih telur sampai menjadi bentuk pasta. Kemudian pakailah pada rmabut secara menyeluruh, sehingga dapat mengobati dan memperlambat kerontokan yang terjadi pada rambut anda.

9. Santan

Santan - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Santan – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Santan bukan hanya digunakan untuk membuat masakan menjadi nikmat dan gurih, ternyata santan memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya dapat dipakai untuk perawatan rambut yang rontok.

Santan kelapa mengandung berbagai macam mineral alami yang dibutuhkan oleh rambut. Seperti vitamin B, zat besi, kalsium, protein, dan lain sebagainya. Pakailah secara teratur supaya rambut anda menjadi semakin lebat dan sehat, tanpa kerontokan sedikit pun.

Cara mengobati rambut rontok dengan santan kelapa :

  • Sediakanlah santan yang telah siap dipakai sebanyak 1 gelas.
  • Bersihkanlah rambut terlebih dahulu dengan keramas hingga bersih.
  • Pijat dan oleskan santan keseluruh bagian kulit kepala anda.
  • Diamkanlah sekitar 1 jam sambil dibalut dengan menggunakan handuk hangat.
  • Kemudian, bilaslah dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

10. Kemiri

Minyak Kemiri - Cara Mengatasi Rambut Rontok
Minyak Kemiri – Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering dipakai saat memasak. Hampir 66% lebih kemiri terdiri minyak yang banyak mengandung mineral alami lengkap, misalnya kalsium, zat besi, kalium, dan lain sebagainya.

Minyak inilah yang sering digunakan oleh orang zaman dahulu untuk mempercepat pertumbuhan kumis dan jenggot. Tapi, bukan hanya itu, anda dapat menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri :

  • Ada 2 cara yang dapat anda coba. Pertama, hanya cukup dengan membeli minyak kemiri di toko terdekat rumah anda, kemudian memakainya.
  • Cara kedua, dengan membuat minyak kemiri sendiri. Caranya cukup mudah, sangrailah kemiri secukupnya saja, kemudian haluskan hingga keluar minyak.
  • Teteskanlah minyak kemiri secara menyeluruh ke bagian rambut yang telah anda bersihkan.
  • Diamkanlah sekitar 1-2 jam hingga meresap sempurna, lalu bilaslah dengan menggunakan air yang dingin.

11. Menggunakan Rempah Jahe, Nipis, dan Bawang

Cara Mengobati Rambut Rontok
Cara Mengobati Rambut Rontok

Obat rambut rontok alami yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dalam berbagai masalah rambut, misalnya membersihkan rambut, menghilangkan uban, mengatasi kerontokan rambut, dan bisa membunuh kutu.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang, nipis, dan jahe :

  • Haluskanlah jahe dan bawang terlebih dahulu, lalu campur dengan perasan nipis hingga encer.
  • Oleskanlah secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Jangan lupa pijat dengan lembut supaya meresap hingga ke akar – akarnya.
  • Diamkanlah kurang lebih sekitar 1-2 jam, lalu bilaslah dengan memakai air dingin hingga bersih.

Catatan penting : Gunakanlah ramuan tersebut di atas 2 kali seminggu saja. Kalau berlebihan bisa membuat munculnya masalah yang lain.

12. Lidah Buaya – Aloe Vera

Lidah Buaya - Cara Mengobati Rambut Rontok
Lidah Buaya – Cara Mengobati Rambut Rontok

Aloe vera atau lidah buaya sudah dikenal dari zaman dahulu sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk merawat rambut. Sebagian ahli menyebutkan, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap di dalam lidah buaya akan merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, dapat menghitamkan rambut secara alami, serta bisa memperbaiki sel atau jaringan rambut yang rusak.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya atau aloe vera :

  • Carilah lidah buaya yang masih segar secukupnya saja.
  • Belahlah menjadi 2 bagian, kemudian ambil gel yang terdapat di dalamnya.
  • Oleskanlah lidah buaya ke seluruh bagian kulit kepala sehabis keramas.
  • Diamkanlah sekitar 30 menit, atau hingga kering.
  • Bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai benar – benar bersih sempurna.

Catatan penting : Lakukanlah minimal 1x sehari sehabis mandi agar hasilnya lebih memuaskan.

Bagaimana, bahan alami tersebut mudah didapat dan murah bukan? Itulah beberapa cara menghilangkan rambut rontok secara alami yang dapat saya bagikan kepada anda. Anda tidak perlu mencoba semua bahan di atas, hanya salah satu saja yang menurut kalian paling mudah untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply