Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet
Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet

Tips Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

Posted on

Tips Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara memilih printer yang bagus untuk anda gunakan dan tidak cepat rusak. Printer merupakan perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak data digital menjadi data analog. Perangkat keras ini sangat sering digunakan dan juga banyak dijumpai pada Toko – toko Fotocopy atau semacamnya. Pada saat ini printer merupakan salah satu perangkat keras yang sering dibutuhkan untuk mencetak dokumen, data, dan juga yang lainnya.

printer
printer

Cara kerja dari printer tersebut menggunakan tinta dasar yaitu warna Hitam dan Putih. Selain itu anda juga bisa meberikan warna – warna kombinasi, sehingga hasil cetakan semakin bagus dan berwarna sesuai dengan data yang akan dicetak. Sesuai dengan kemajuan teknologi, pada saat ini printer telah menyediakan banyak fitur yang semakin lengkap dan dapat anda gunakan tentunnya. Berikut beberapa fitur yang bisa anda dapatkan dalam Printer, antara lain :

  1. Dapat mencetak foto berwarna dalam ukuran yang besar.
  2. Dapat mencetak secara rangkap dan cepat.
  3. Dapat juga berfungsi seperti Scann.
  4. Printer Wireless.
  5. Printer Portable.
  6. Mini Printer.

Itulah beberapa fitur yang dapat anda peroleh dari Printer. Dan sampai saat ini fitur – fitur tersebut masih tetap dilakukan pengembangan.

Selain adanya fitur – fitur yang mendukung, tentunya anda juga menginginkan sebuah printer yang Bagus dan Juga awet atau tidak cepat rusak. Dan berikut ini saya akan memberika beberapa tips cara memilih Printer yang baik dan juga awet, diantaranya adalah :

1.Membeli Printer Sesuai Dengan Kebutuhan

Jika anda hendak membeli printer, sebaiknya anda sesuaikan terlebih dahulu untuk apa membeli printer tersebut. Jika printer tersebut hanya akan anda gunakan untuk mencetak data – data seperti biasa, semacam mencetak dari document yang ada pada Word dan juga Excel, sebaiknya anda menggunakan deskjet dengan Cardritge. Karena jenis printer ini perawatannya cukup mudah dan juga awet, apabila hanya digunakan dalam mencetak jumlah sedikit. Dan jika anda menginginka Printer yang memiliki fungsi tidak hanya satu, maka anda bisa menggunakan printer Laser dan menggunakan tinta berwarna.

2.Usahakan Untuk Membeli Printer Baru

Saya sarankan sebaiknya anda membeli printer dalam keadaan baru. Mengapa demikian ?, karena jika anda membeli printer bekas, maka yang ditakutkan adalah jika Printer tersebut dalam keadaan yang tidak bagus. Selain itu jika anda membeli Printer dalam keadaan baru, maka anda bisa mendapatkan printer dalam keadaan yang bagus, dan harganya pun juga tidak cukup mahal.

3.Perhatikan Garansi Oleh Toko dan Pabrik Pembuatan Printer

Tips yang selanjutnya adalah perhatikan seberapa lama garansi yang diberikan oleh toko penjual dan juga Pabrik pembuat printer tersebut. Jika garansi yang diberikan hanya sebentar, maka sebaiknya anda cari printer yang memiliki waktu garansi cukup panjang. Karena lamanya waktu garansi tersebut berpengaruh juga terhadap kualitas dari printer itu sendiri.

4.Pilihlah Merk Printer Dengan Kualitas Yang Bagus

Jika anda hendak membeli printer, dan anda mtentunya menginginkan printer yang memiliki kualitas yang baik. Karena merk printer ini juga mempengaruhi kualitas dari printer itu sendiri. Saya sarankan sebaiknya anda membeli printer dari jenis – jenis berikut, seperti merk HP, Epson, Cannon, dan juga merk yang memiliki kualitas bagus lainnya.

5.Cek Kondisi Fisik Dari Printer Tersebut

Kondisi fisik pada printer yang akan anda beli harus sangat anda perhatikan. Kenapa ?, karena bisa saja meskipun printer itu baru namun bisa saja printer tersebut dalam keadaan cacat produk. Dan selain memperhatikan fisik, anda harus benar – benar memastikan bahwa printer yang anda beli dapat bekerja dengan baik.

6.Perhatikan Layanan After Sales dari Distributor Printer

Selain memperhatikan kondisi fisik pada printer, anda juga harus memperhatikan pula bagaimana layanan yang diberikan oleh safter sales pada toko printer tersebut. Karena jika anda membeli printer di toko yang layanannya kurang baikk, maka hal tersebut akan membuat anda tidak nyaman, dan tidak begitu yakin dengan garansi pada printer yang hendak anda beli.

 

 

Leave a Reply