Tanaman Obat mata Bunga Boroco
Tanaman Obat mata Bunga Boroco

Jenis-jenis Tanaman Obat Mata yang Mudah Kita Jumpai

Posted on

Ada banyak sekali tanaman yang hidup di lingkungan sekitar kita, dan tanpa kita sadari sebagian dari tanaman tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi untuk menjaga kesehatan mata kita. Mata adalah organ vital manusia yang harus kita jaga selalu mengenai kesehatannya, agar  mata  kita terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak, silinder, minus, perih, mata kabur, dan lain sebagaianya. Namun sebenarnya kita bisa menjaga atau merawat kesehatan mata kita tanpa harus pergi ke dokter.

Dengan memanfaatkan tanaman-tanaman obat mata yang ada di sekitar kita, yang terbukti dapat membantu dalam mengobati berbagai gangguan pada mata kita. Dan berikut kami akan berbagi mengenai beberapa tanaman obat mata yang dapat membantu anda dalam mengobati sakit mata yang anda alami tanpa harus pergi ke dokter.

Tanaman obat mata memang dapat kita temukan di sekitar kita, karena sebenarnya jika kita menyadari banyak sekali manfaat yang terkandung dari tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Indonesia sendiri kaya akan tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai penyakit yang ada, dan salah satunya adalah tanaman obat mata berikut :

Tanaman Kitolod

Tanaman Obat Mata Kitolod
Tanaman Obat Mata Kitolod

Tanaman ini mudah sekali dijumpai karena banyak tumbuh di sekitar rumah kita. Tanaman yang berupa semak- semak ini berukuran kecil. Dan dalam tanaman kitolod ini terdapat kandungan senyawa alkaloid, porifenol, saponin, dan juga flavonoid. Meski getah dari tanaman ini mengandung racun namun pada bagian tanaman kitolod yang lain bersifat anti-kanker, anti-radang, dapat menghentikan pendarahan, serta juga dapat menjadi penghilang rasa nyeri. Dan biasanya tanamn kitolod ini digunakan untuk mengobati mata katarak, mata minus ataupun plus, perih pada mata, dan lain sebagainya.

Cara pembuatannya :

  1. Siapkan bunga kitolod sebanyak 3-5 tangkai
  2. Lalu masukan ke dalam gelas yang berisi air, lalu kita diamkan kurang lebih selama 5 menit.
  3. Ambil beberapa tangkai kitolod dari dalam gelas, lalu kita pegang tungkai tanaman dan teteskan ke bagian mata kita yang sakit, masing-masing dua tetes.
  4. Setelah kita teteskan biasanya kita akan merasa mata kita menjadi perih ,namun itu hanyalah efek sesaat saja. Dan lakukan hal tersebut berulang-ulang minimal 3 kali dalam sehari.

Tanaman Rumput Mutiara

Tanaman ini merupakan tanaman rumput  yang biasa dikenal dengan nama rumput siku-siku, tanaman ini juga termasuk tanaman rumput liar dan biasa hidup di di daerah yang memiliki tanah yang lembab, kebun-kebun yang kosong atau basah, pinggir-pinggiran jalan, di halaman sekolah, atau bahkan di selokan.

Tanaman Obat Mata Rumput Mutiara
Tanaman Obat Mata Rumput Mutiara

Tanaman rumput mutiara dikenal sejak zaman dahulu sebagai tanaman obat yang sudah dimanfaatkan atau diterapkan di India, China, dan juga Asia Tenggara dalam mengobati berbagai jenis penyakit, terutama penyakit mata katarak.

Tanaman rumput mutiara ini juga dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh kita. Karena kandungan dalam tanaman ini yang dapat menghilangkan sumbatan- sumbatan yang ada dalam pembuluh darah halus yang dapat mengakibatkan sistem aliran peredaran darah. Dan berikut cara membuat ramuan dari tanaman obat rumput mutiara untuk membantu mengobati penyakit mata :

  1. Menyiapkan 30 gram daun rumput mutiara.
  2. Cuci bersih daun tersebut hingga kotoran-kotoran atau tanah tidak menempel pada bagian tanaman lagi.
  3. Rebus daun mutiara yang sudah dicuci bersih dalam dua gelas air.
  4. Setelah itu minumlah air rebusan daun mutiara, usahakan meminumnya dalam sehari tiga kali dengan takaran dua gelas.

Tanaman Daun Dewa

Tanaman Obat Mata Daun Dewa
Tanaman Obat Mata Daun Dewa

Daun dewa berukuran tinggi sekitar 30-40 cm, memiliki batang yang tegak, batang daun yang lunak, pendek berbentuk segilima. Daun dewa ini sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit pada mata dan juga dapat membantu menurunkan kolseterol yang tinggi. Daun dewa ini juga terkenal dapat menghancurkan penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir denga lancar.

Dan bagi anda yang pernah mengalami musibah atau kecelakaan pada bagian kepala, mungkin bisa menggunaka ramuan dari obat yang terbuat dari daun dewa yang dicampurkan dengan umbi dewa. Cara membuat obat dari tanaman obat mata daun dewa :

  1. Siapkan 3-5 lembar daun dewa
  2. Lalu cuci bersih daun dewa hingga benar-benar bersih dari sisa tanah yang menempel pada kulit batang.
  3. Tambahkan 15-30 gram umbi jalar, dan bisa juga kita hancurkan umbi lalu dimasukan ke dalam satu gelas.
  4. Setelah itu rebus campuran daun dewa dan juga umbi hingga mendidih.
  5. Setelah itu dinginkan air bekas rebusan daun dewa tersebut lalu minum tiga kali sehari.

Tanaman Daun Sendok

Tanaman Obat Mata Daun Sendok
Tanaman Obat Mata Daun Sendok

Tanaman yang banyak tumbuh di daerah jawa ini biasa dikenal dengan nama ki urat. Tanaman daun sendok ini sudah lama diketahui dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat anti radang, melancarkan air kemih, peluruh darah, menghentikan batuk, memperbaiki penglihatan, dan juga dapat menormalkan aktivitas hati yang berlebihan.

Daun sendok memiliki berbagai kandungan kimia seperti polifenol, dan flavonoid, asm sitrat, vitamin C dan lain sebagainya. Dan dengan banyaknya kandungan zat kimia yang ada dalam daun sendok ini membuat daun sendok dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang ada pada mata, terutama penyakit mata katarak.

Cara membuat ramuan dengan menggunakan daun sendok :

  1. Siapkanlah setengah genggam daun sendok
  2. Lalu cuci bersih daun sendok hingga tidak ada lagi sisa tanah yang menempel pada daun.
  3. Setelah itu rebuslah daun tersebut, dan setelah itu disaring.
  4. Minumlah air rebusan yang telah disaring minimal tiga kali dalam sehari.
  5. Sekali minum dengan takaran ¾ gelas, agar lebih berkhasiat anda juga bisa menambahkannya dengan madu atau

Tanaman Obat Boroco

Tanaman Obat mata Bunga Boroco
Tanaman Obat mata Bunga Boroco

Tanaman hias yang banyak ditanam di pekarangan rumah atau di taman-taman ini ternyata dapat menjadi obat bagi anda yang memiliki penyakit pada mata, seperti katarak. Tanaman yang banyak dikenal dengan nama bayam kucing karena memiliki bentuk bunga yang menyerupai kumis kucing.

Manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat membantu menyembuhkan mata rabun, menyuburkan rambut, mengobati wasir, diabetes, dan juga kanker ganas. Dan cara pembuatan ramuan dari tanaman boroco ini tidaklah sulit, cara mengobati penyakit mata dengan tanaman obat mata Boroco :

  1. Siapkan 10-30 gram biji dari tanaman boroco.
  2. Cuci itu semua hingga bersih.
  3. Rebuslah dengan tambahan air secukupnya.
  4. Air rebusan tadi setelah dingin digunakan untuk merimbang atau membersihkan mata. 2-3 kali dalam sehari.

Tanaman Bunga Telang

Tanaman Obat Mata Bunga Telang
Tanaman Obat Mata Bunga Telang

Tanaman obat mata bunga telang merupakan tanaman obat yang mudah kita temui karena biasa tumbuh di dekat pekarangan atau di tepi hutan. Dan kebanyakan orang menanam tanaman obat mata ini di pekarangan rumah karena bunganya yang indah dan juga unik.

Dan banyak yang belum mengetahuinya jika tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti bisul, abses, demam, sakit telinga, busung perut, dan juga radang mata merah.

Berikut adalah cara membuat ramuan dari bunga telang :

  1. Siapkan bunga telang yang berwarna biru 5 sampai 7 helai.
  2. Lalu cuci bunga telang hingga bersih dan tidak menyisakan kotoran sedikitpun.
  3. Rendam bunga daun telang dengan air secukupnya hingga air berubah menjadi biru.
  4. Terakhir, gunakanlah air rendaman untuk mencuci mata.

Tanaman Pegagan

Tanaman Obat Mata Daun Pegagan
Tanaman Obat Mata Daun Pegagan

Tanaman yang sering kita temui di berbagai tempat seperti di taman, tepi jalan, ladang, sawah atau di kebun. Banyak tumbuh di daerah-daerah Asia tropik seperti Indonesia. Tanaman yang sudah sejak dulu dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat mata. Juga dapat digunakan sebagai obat kulit, keloid, gangguan kulit, dan juga gangguan saraf. Tanaman ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu dalam penyembuhan mata bengkak. Tanaman ini dapat diolah menjadi sebuah ramuan yang dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Cara pembuatan ramuan dari tanaman pegagan :

  1. Melumatkan atau menghancurkan tanaman pegagan.
  2. Peras daun hingga mengeluarkan cairan yang berwarna hijau.
  3. Setelah diperas cairan tersebut disaring supaya terpisah dari ampasnya.
  4. Cairan yang telah diperoleh dari proses penyaringan dapat digunakan sebagai obat tetes mata.
  5. Gunakan untuk menetes mata sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Selain digunakan sebagai obat tetes mata, daun pegagan ini juga dapat diminum, cara pembuatan minuman dari daun pegaga :

  1. Siapkan kurang lebih 20 daun pegagan.
  2. Cuci daun hingga bersih dari lumpur ataupun tanah.
  3. Rebus daun pegagan kurang lebih dalam tiga gelas air bersih.
  4. Setelah itu tunggu hingga sedikit dingin, lalu dapat diminum sebagai obat.

Tanaman Ginkgo

Tanaman Obat Mata Daun Ginkgo
Tanaman Obat Mata Daun Ginkgo

Tanaman ini merupakan tanaman yang tersebar di seluruh dunia. Namun pada waktu sekarang ini, tumbuhan ini hanya ada dan diketahui tumbuh liar di Asia Timur Laut. Namun terkadang kita juga akan menemui tanaman ini karena termasuk tanaman yang tumbuh liar di pekarangan rumah.

Tanaman ini merupakan tanaman tertua, tanaman yang ekstrak daunnya kaya akan nutrisi yang dapat mengobati berbagai penyakit. Ada dua molekul yang terkandung dalam daun ginkgo, yaitu Terpenoid. Dan juga Flavonoid yang berperan sebagai antioksidan petensial. Yang dapat membantu pencegahan perkembangan penyakit stroke, jantung, kanker, alzheimer dan juga mata katarak.

Cara pembuatan ramuan dengan tanaman ginkgo :

  1. Siapkan beberapa lembar daun ginkgo yang masih muda.
  2. Cuci daun hingga benar-benar bersih.
  3. Lalu keringkan daun hingga benar-benar kering.
  4. Setelah benar-benar kering kita bisa menyeduhnya dengan air panas, sama halnya ketika membuat teh.

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa tanaman obat mata yang dapat kita temukan di sekeliling rumah kita. Semoga dapat membantu.

Incoming search terms:

  • bunga herbal untuk mata
  • jenis tanaman liar untuk obat mata
  • tanaman narkoba
  • Tumbuhan jenis rumput
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply