Cara Menghilangkan Stres
Cara Menghilangkan Stres

Cara Mudah Menghilangkan Stres Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Posted on
Cara Mengatasi Stres
Cara Mengatasi Stres

Stres adalah suatu keadaan yang mengikutsertakan beban rohani seseorang di saat berhadapan dengan berbagai masalah hidup yang dijalaninya. Dengan adanya beban rohani tersebut, seseorang harus menyesuaikan, bertindak, dan mengontrol segala sesuatunya agar menjadi seimbang lagi. Karena stres tergolong reaksi yang normal dikarenakan adanya tekanan dalam hidup, sehingga setiap individu, mulai dari yang remaja, orang tua, dewasa, bahkan anak – anak pun bisa mengalaminya.

Proses Terjadinya Stres

Proses Terjadinya Stres
Proses Terjadinya Stres

Pada hakikatnya stres dapat terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh agar melepaskan banyak hormon setelah mengalami berbagai macam situasi atau keadaan. Tujuan pelepasan hormon ini dikarenakan supaya tubuh mempunyai energi yang cukup untuk bertindak atau menjalaninya.

Penyebab Stres

Penyebab Terjadinya Stres
Penyebab Terjadinya Stres

Di saat tubuh mendapatkan suatu energi untuk menghadapi suatu masalah, sebetulnya kondisi tersebut sangat baik untuk menambah kemampuan seseorang. Tapi di zaman sekarang, tekanan hidup sering berdatangan dari segala aspek yang sifatnya sangat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Sehingga, stres yang terus – menerus dapat saja terjadi dan bisa membuat tubuh menjadi sangat lelah. Akibatnya, seseorang akan sulit berpikir dengan jernih, sehingga bisa menimbulkan interaksi sosial, mengalami masalah kesehatan, dan kualitas hidup.

Stres merupakan suatu kondisi jiwa yang sangat populer pada abad ini. Cobalah anda ingat – ingat kembali, berapa banyak orang yang sedang anda temui mengatakan kalau mereka sedang mengalami stres atau mungkin anda sendiri juga sedang mengalaminya?

Stres bukanlah suatu penyakit, namun kalau anda tidak bisa mengatasinya dalam waktu yang tepat, anda bisa saja mengalami berbagai macam masalah kesehatan.

Itulah sebabnya, hal terpenting yang harus anda lakukan yaitu mengetahui cara menangani stres tersebut, supaya tubuh selalu memberikan respon tetap baik di saat terjadi situasi yang tidak diinginkan datang. Inilah beberapa cara untuk mengatasi stres ketika sedang menimpa anda :

1. Komunikasi

Komunikasi - Cara Menghilangkan Stres
Komunikasi – Cara Menghilangkan Stres

Melakukan komunikasi atau berbicara sampai berbagai macam cerita tentang beban hidup atau masalah yang sedang dialami kepada seseorang sangatlah baik untuk mengurangi beban yang anda alami dan bisa mengatasi stres. Bukan hanya itu saja, bercerita kepada teman atau sahabat memungkinkan seseorang mendapatkan solusi dari masalah yang sedang di alaminya. Bahkan, penelitian membuktikan kalau orang yang tertutup kepada orang lain sangat sering mengalami stres daripada orang yang membuka diri kepada siapapun yang dia percaya dan sering berkomunikasi tentang permasalahan yang dialaminya kepada orang lain.

2. Berteriak

Berteriak - Cara Menghilangkan Stres
Berteriak – Cara Menghilangkan Stres

Berteriak secara lepas dengan suara yang lantang merupakan cara yang tepat dilakukan bagi anda yang sedang mengalami stres. Ketika anda mengalami stres, pasti anda akan merasakan sesuatu yang menjanggal di dalam hati. Itulah sebabnya, melepaskan perasaan tidak mengenakkan itu dapat anda lakukan dengan berteriak lepas yang pastinya anda lakukan di tempat yang sepi dan luas supaya tidak mengganggu orang lain, misalnya di atas tebing atau di tepi pantai. Berteriak bisa dilakukan beberapa kali supaya anda menjadi lebih tenang.

3. Berlibur atau Piknik

Berlibur - Cara Menghilangkan Stres
Berlibur – Cara Menghilangkan Stres

Melakukan liburan merupakan salah satu yang tepat untuk mengatasi stres yang sedang anda alami. Liburan dapat anda lakukan bersama dengan keluarga tercinta, supaya lebih menyenangkan dan menambah keharmonisan keluarga. Bukan hanya itu, jalan – jalan juga sangat tepat bagi anda yang sedang mengalami stres, karena dengan melakukan hal tersebut, seseorang bisa mempunyai suasana hati yang lebih tenang.

4. Tertawa

Tertawa - Cara Menghilangkan Stres
Tertawa – Cara Menghilangkan Stres

Tertawa ternyata bisa memberi dampak yang sangat baik untuk menghilangkan stres yang sedang anda alami. Sebagian penelitian mengatakan, tertawa 5 sampai 10 menit bisa merangsang endorphine, serotonin, serta metanonin agar keluar. Yang mana, ketiga zat tersebut bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi otak, sehingga tubuh akan menjadi lebih tenang. Bahkan, tertawa bisa menyembuhkan seseorang yang sedang dilanda gangguan mental stres berat. Bukan hanya bisa menghilangkan stres, tertawa ternyata juga mempunyai manfaat lain, misalnya :

  • Bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.
  • Bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Bisa mencegah penyakit jantung.

5. Tidur Sebentar

Tidur - Cara Menghilangkan Stres
Tidur – Cara Menghilangkan Stres

Di saat tubuh sedang lelah, sulit bagi kita untuk mengendalikan stres. Tidur adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres yang bisa menambah produktivitas. Bukan hanya itu, beristirahat atau tidur minimal selama 8 jam yang dikerjakan setiap hari bisa meremajakan tubuh untuk kegiatan di hari selanjutnya. Selain menghilangkan stres, ternyata tidur juga mempunyai manfaat yang lain, misalnya yang dikutip dari Times of India :

  • Bisa memperbaiki kualitas hidup anda, jika dikerjakan secara konsisten setiap malam hari.
  • Menambah memori, karena kurang tidur dapat membuat masalah terhadap memori. Itulah sebabnya, bahayanya sebab tidur terlalu larut malam juga harus anda pertimbangkan agar tidak mengalami stres.
  • Bisa memperbaiki tubuh, karena tidur bisa menghasilkan molekul protein tambahan yang ampuh untuk menguatkan tubuh serta sistem imunnta dalam melawan infeksi supaya tubuh tetap sehat.
  • Bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat, karena kadar tidur yang terbatas bisa membuat seseorang gampang terkena cemas dan depresi.

6. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat - Cara Menghilangkan Stres
Mengonsumsi Makanan Sehat – Cara Menghilangkan Stres

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan makanan. Makanan yang mengandung magnesium, asam folat, omega 3, vitamin B, dan vitamin C adalah makanan yang bisa menghilangkan stres yang sedang anda alami. Bukan hanya itu, makanan yang mengandung antioksidan juga sangat baik jika dikonsumsi, karena bisa memperlancar fungsi memori anda. Inilah beberapa makanan dan minuman sehat yang dapat menghilangkan stres yang sedang anda alami :

  • Mengonsumsi air putih, dikonsumsi 2 liter per harinya.
  • Mengonsumsi teh rasa buah atau teh herbal.
  • Makanan yang mengandung magnesium di antaranya : Sayur bayam, tofu, dan kacang almond.
  • Makanan yang mengandung asam folat di antaranya : Asparagus atau jeruk dan oatmeal.
  • Makanan yang mengandung vitamin B di antaranya : Yoghurt, susu, ikan sardin, ikan salmon, ikan tuna, buah alpukat, dan buah pisang.
  • Makanan yang mengandung vitamin C di antaranya : Buah – buahan misalnya jambu biji, jeruk, kiwi, dan stroberi.

7. Musik

Mendengarkan Musik - Cara Mengatasi Stres
Mendengarkan Musik – Cara Mengatasi Stres

Pada tahun 2008, penelitian yang dikerjakan oleh University of Maryland School of Medicine mengatakan kalau mendengarkan musik yang disukai selama 30 menit bisa melepaskan zat endorphin untuk mengurangi rasa stres dan bisa menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut juga semakin baik, karena tubuh akan menjadi selaras dengan suara musik yang sedang anda dengarkan. Hal ini Menyebabkan relaksasi menjadi naik, detak jantung melambat, otot – otot menjadi tidak tegang, dan energi akan meningkat sesuai dengan iramanya.

8. Pijat Pundak dan Leher

Pijat - Cara Menghilangkan Stres
Pijat – Cara Menghilangkan Stres

Cara mengatasi dan menghilangkan stres salah satunya dengan cara melakukan pemijatan di bagian leher belakang serta pundak. Sebab, bagian tersebut cenderung menegang di saat pikiran anda berada dalam tekanan. Akan lebih baik lagi jika pemijatan dilakukan oleh orang lain atau tukang pijat, apalagi orang – orang yang mempunyai hubungan emosional misalnya suami dan istri.

Pemijatan dengan lembut ditambah dengan obrolan – obrolan yang menyenangkan dapat mengalihkan fokus perhatian pada beban pikiran yang sedang anda alami ketika itu. Sehingga bisa membangkitkan semangat dan motivasi untuk melepaskan dari bayang  – bayang kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan.

9. Berkebun

Berkebun - Cara Menghilangkan Stres
Berkebun – Cara Menghilangkan Stres

Apakah anda pernah melihat seorang kakek dan nenek sedang berkebun dan mereka terlihat bahagia? Ternyata, dari hasil sebuah belajar di Belanda CNN (08/07/11) mengatakan kalau kegiatan kebun mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa dalam mengatasi dan menghilangkan stres yang sedang anda alami.

Bukan hanya itu, di studi tersebut dijelaskan kalau kegiatan berkebun mempunyai pengaruh yang lebih baik daripada aktivitas berlibur santai yang lain untuk menyembuhkan tingkat stres yang dialami seseorang.

10. Berpikiran Positif

Berpikiran Positif - Cara Menghilangkan Stres
Berpikiran Positif – Cara Menghilangkan Stres

Berpikiran yang positif adalah cara yang bisa menghilangkan stres, karena dengan melakukan hal tersebut, seseorang dapat menerima beban yang sudah diberikan dalam hidupnya, karena mempunyai sudut pandang yang baik terhadap beban tersebut. Sudut pandang yang dimaksud adalah sebuah pemikiran yang sadar jika beban yang sedang menimpa pada dirinya merupakan ujian dan cobaan yang sudah diberikan oleh Sang Maha Pencipta, dengan begitu seseorang akan percaya jika dibalik kesulitan yang sedang dialaminya, tersimpan hikmah yang sangat luar biasa, jika dia berhasil menjalani tantangan hidup yang dialaminya.

11. Seks

Seks - Cara Menghilangkan Stres
Seks – Cara Menghilangkan Stres

Seks merupakan penyembuhan yang sangat baik untuk mengatasi atau menghilangkan stres yang sedang anda alami. Namun, jika anda adalah seseorang yang sudah menikah ya? Sebagian dokter mengatakan jika berhubungan seks merupakan cara yang luar biasa dalam meredam stres dan juga kemarahan anda. Bukan hanya itu, seks juga memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya :

  • Bisa membakar kalori sampai 420 kalori setiap kali melakukan kegiatan seks.
  • Menguatkan sistem imun, sebab seks memproduksi senyawa kimia yang sangat ampuh untuk melawan berbagai virus.
  • Menjaga kesehatan jantung, sehingga jantung tidak mudah terkena penyakit.
  • Bisa menambah sirkulasi darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  • Bisa memperbaiki tonus otot, sehingga bisa membuat bagian tersebut bekerja dengan baik.

12. Meditasi

Meditasi - Cara Menghilangkan Stres
Meditasi – Cara Menghilangkan Stres

Meditasi adalah hal yang bisa mengatasi dan menghilangkan stres, karena bisa membersihkan pikiran sampai bisa membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena meditasi dapat membuat pernapasan lebih teratur, tekanan darah dan detak jantung menjadi normal kembali, sampai bisa menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin. Bukan hanya itu, melakukan kegiatan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan saat anda sedang sakit.

Cara alami untuk menghilangkan stres ternyata sangat mudah bukan, semoga beberapa tips tersebut bisa membantu anda menghilangkan beban stres yang sedang anda alami.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply