Wajah yang Berminyak
Wajah yang Berminyak

Cara Mengatasi Wajah yang Kusam Secara Alami

Posted on
Mencerahkan Wajah yang Kusam
Mencerahkan Wajah yang Kusam

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang cerah secara alami. Pastinya pria maupun wanita mendambakan kulit yang seperti itu. Tapi tidak semua orang indonesia memiliki kulit yang cerah. Orang indonesia indentik dengan kulit yang kering, kusam, sawo matang dan juga terkadang banyak yang keriput. Pada dasarya kulit memiliki mekanisme regenerasi sel yang berbeda. Pada umumnya, regenerasi sel kulit yang terjadi kurang lebih 8 hari. Semakin usianya bertambah, regenerasi pada sel kulit semakin menurun. Dari sini muncul masalah kerutan pada wajah pada saat kita memasuki usia lebih dari 30 tahun. Maka dari itu, semakin bertambahnya umur kamu harus makin rutin untuk melakukan perawatan.

Wajah yang Keriput
Wajah yang Keriput

Awalnya muncul kulit kusam di sebabkan karena regenerasi sel baru yang mengalami gangguan. Masalah seperti ini tidak hanya menyerang pada mereka yang memasuki usia senja, tapi anak muda jaman sekarang juga bisa terkena wajah yang kusam. Sebelum membahas cara mencerahkan wajah, sebaiknya kamu mengetahui dulu beberapa penyebab wajah kusam.

Penyebab Wajah Kusam

Wajah yang Berminyak
Wajah yang Berminyak

1. Faktor Genetik/Keturunan

Faktor genetik ini sangat berpengaruh pada tipe kulit orang. Maksudnya, jika kedua orang tuamu memiliki kulit yang kusam dan juga berminyak, maka kamu kemungkinan besar memiliki kulit yang sama.

2. Pola Hidup

Pola hidup baik akan berdampak pada kesehatan tubuh. Begitu juga dengan pola hidup yang kurang sehat seperti jarang sekali mandi, jarang membersihkan kulit, dan juga jarang olahraga ini merupakan contoh pola hidup yang tidak sehat. Dari sini kulit kusam akan muncul dengan mudah dan meyerang kita.

3. Pola Makan

Sekarang masyarakat lebih suka dengan makanan yang instan, padahal itu belum tentu baik untuk kesehatan. Karena terlalu banyak makan makanan bersantan, gorengan, berlemak dan lain-lain bisa memicu kulit wajah menjadi kusam seperti tidak pernah di rawat.

4. Faktor Lingkungan

Dengan keadaan lingkungan yang penuh dengan debu dan juga polusi yang akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Meskipun tidak berdampak secara langsung, tapi semakin lama akan membuat kulit semkin kusam dan juga cepat rusak.

5. Stres dan Kurang Tidur

Stres tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga memperburuk untuk kesehatan kulit. Stres bisa memicu hormon tubuh menjadi tidak stabil, dan menyebabkan munculnya jerawat di wajah, wajah menjadi berminya dan kusam. Stres merupakan kondisi yang tertekan karena banyak memikirkan masalah yang sedang di hadapi. Semakin lama mederita stres, maka akan semakin tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk kulit wajah.

6. Kurangnya Konsumsi Air Putih

Par ahli merekomendasikan untuk konsumsi air putih minimal 8-10 gelas sehari. Hampir 50% tubuh kita tersusun atas air, olek karena itu jika tidak di penuhi akan membuat kulit menjadi kering dan juga kusam.

Cara Mengatasi Wajah Kusam

Wajah Berjerawat
Wajah Berjerawat

Kulit wajah yang kusam di sebabkan oleh banyak hal. Tapi pada dasarnya penyebab itu di bagi menjadi dua tipe, yaitu faktor eksternal dan juga faktor internal. Untuk faktor internal, kulit kusan di sebabkan oleh kurangnya nutrisi atau gizi yang berguna untuk menjaga kelembapan wajah. Dan faktor eksternal yaitu ada banyak sekali penyebab dari luar yang membuat kulit wajah menjadi kusam. Diantaranya adalah polusi udara dan juga akibat sinar matahari, selain itu gaya hidup yang tidak kalah berpegaruh. Kulit wajah jug bisa menjadi kusam karena produk kecantikkan yang di gunakan tidak sesuai dengan wajah.

Masalah wajah kusam ini tidak hanya di alami oleh wanita saja, tapi pria juga dapat mengalami wajah kusam seperti ini. Muka menjai kurang bersih, berkomedo, kasar dan juga muncul flek hitam. Yang lebih parahnya wajah bisa mengalami pengelupasan.

Wajah Berminyak
Wajah Berminyak

Melihat begitu banyaknya faktor yang menyebabkan wajah kusam, hal itu dapat menjadi sinyal bagi kita untuk merawat wajah. Sehingga masalah kusam pada wajah harus segera di atasi dengan cara yang tepat, dan perawatan harus di lakukan dengan rutin. Jika di antara kita sudah terlanjur mengalami wajah yang seperti ini, bagaimana cara mengatasi wajah yang kusam dengan cara alami. Di bawah ini pembahasannya.

1. Olahraga

Berolahraga dengan cara yang rutin dapat membuat tubuh kita untuk mengeluarkan racun dan bisa membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Dan, olahraga juga bisa membuat kita lebih produktif di dalam masalah tidur, sehingga waktu regenerasi kulit bisa berjalan dengan baik. Banyak orang yang berolahraga ketika dirinya sedang sakit. Hal ini yang mereka lakukan agar sakit bisa cepat sembuh. Sebenarnya olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi dapat mencerahkan wajah juga. Dengan olahraga, akan membuat kulit lebih banyak untuk mengeluarkan keringat. Nah, dengan keingat inilah yang mendorong kotorang di pori-pori dan juga membuat wajah tampak leih cerah secara alami.

2. Kacang Almond

Kacang almond dapat di olah menjadi pasta yang di pecaya dapat merawat wajah yang kusam. Kacang almond dapat di olah dengan cara di rendam. Merendam selama semalam, setelah itu kipas lapisan terluar kacang lali di campurkan dengan 2 sendok makan susu. Lalu oleskan olahan susu dan juga almond tadi ke wajah selama setengah jam.

3. Susu

Cara mengatasi wajah yang kusam selanjutnya yaitu dengan mengolah susu menjadi obat alami. Susu ini berguna sebagai pembersih yang mirip dengan minyak alami. Ketika anda mnyici wajah dengan susu, anda tidak hanya membuat wajah kusam anda hilang, tapi juga membuat wajah lebih bercahaya dan juga indah. Cobalah untuk menerapkan susu ke wajah sehari sekai hingga wajah kusam menghilang.

4. Madu

Madu berguna untuk melembabkan kulit wajah. Cara penggunaanya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan madu di seluruh wajah anda, kemudian diamkan kurang lebh satu jam, setelah itu di bilas dengan air sampai berssih. Dengan cara ini, kulit anda akan kenyal daan juga nyamn dan bersinar.

5. Makanan Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti ikan salmon, kubis dan juga biji rami, Kulit wajah anda akan lebih sehat dan juga terjauhkan dari kekusaman. Makanan ini juga bisa di jadikan asam lemak alami yang dapat meningkatkan kolagen dan meningkatkan pembentukan sel yang baru.

6. Pelembab

Dengan menggunakan pelembab kosmetik yang terlalu banyak dengan tujuan untuk menyembuhkan kusam pada kulit wajah sangatlah tidak di anjurkan. Jika kulit terlalu banyak terkena bahan kimia, maka kulit akan cenderung sakit. Oleh karena itu, jagalah kulit supaya tetap bisa bernapas dengan cara mengoleskan pelembab ke wajah. Namun, untuk produk pelembab itu tidak bisa asal pilih. Harus di usahakan untuk konsultasi dulu ke dokter kulit sebelum memakai suatu produk. Kulit yang kusam biasanya bersifat kering dan juga pecah-pecah. Makan di sarankan untuk menggunakan pelembab secara rutin sebelum beraktifitas.

7. Tabir Surya

Faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah kusam adalah karena sorotan sinar matahari secara langsung. Maka cobalah untuk menggunakan tabir surya ketika ingin pergi pada saat siang hari. Dan hindarilah waktu di mana jumlah SPF yang terlalu berlebihan, seperti pada jam 10 pagi sampai jam 2 siang.

8. Pembersih Kulit

Pembersih kulit merupakan langkah pertama yang paling penting untuk memuat wajah anda menjadi tidak kusam. Dengan pembersih yang akan membuat wajah anda akan lebih bercahaya, serta menghilangkan minyak yang berlebihan dan juga kotoran yang melekat sehingga tidak menimbulkan jerawat. Cobalah untuk membeli produk pembersih wajah yang cocok dengan wajah andda. Terapkan pembersih wajah sebanyak dua kali sehari pada tahap awal. Kebersihan wajah itu sangat berpengaruh terhadap kulit wajah. Semakin sering untuk membersihkan wajah maka akan semakin cerah kulit yang di dapatkan.

9. Air Putih

Penyebab wajah yang kusam yang sering sekali kita lewatkan yaitu kekurangan asupan air. Oleh karena itu, cara mengatasi wajah yang kusam yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi air putih dengan cara rutin dan juga cukup untuk setiap harinya.

10. Jauhi Posel di Malam Hari

Dengan penelitian yang sudah dilakukan, orang yang menggunaka gadget dngan lampu LED dan juga menghabiskan hampir dua jam, maka kadar melantonin yang ada di dalam tubuh akan berkurang. Apa itu melantonin, melantonin yaitu hormon yang bisa merangsang rasa kantuk. Maka, agar bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari, sebelum tidur sebaiknya jauhkan gadget dari anda. karena ketika tubuh kurang istirahat akan berpengaruh pada penampilan wajh anda.

11. Mengkonsumsi Buah-buahan

Makanan yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi bisa membuat tubuh menjadi lambat di pagi hari. Maka, penuhi asupan makanan denga buah-buahan yang banyak megandung vitamin c seperti jeruk, anggur dan juga kiwi. Kandungan pada vitamin c akan membuat tingkat energi di dalam tubuh meningkat dan juga berpengaruh pada tampilan wajah, sehingga lebig segar dan juga terlihat tidak kusam.

12. Gunakan Lemon

Lemon dan juga jeruk nipis sudah sangat terkenal di mana-mana, dan juga mampu unuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Dengan sifatnya yang masam yang dapat membantu mengangkat kotoran pada kulit wajah, mengangkat flek dan juga mengangkat kemodo pada wajah. Sehingga dalam waktu yang singkat kamu sudah akan mendapatkan kulit wajah yang cerah secara alami.

 

 

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply