Tanaman Jarak

Manfaat Pohon Jarak Untuk Kesehatan

Posted on

Jarak yaitu salah satu buah yang tumbuh di Indonesia, buah ini mempunyai banyak manfaat. Di dalam bahasa ilmiah jarak dimaksud dengan sebutan Ricinus Communis, yaitu tumbuhan liar yang tumbuh dihutan, di tanah kosong bahkan juga di pinggir pantai.

Kalian pasti penasarankan kenapa jarak dinamakan dengan sebutan Ricinus Communis, karena di bagian biji buah jarak ini mempunyai zat ricin, yaitu sejenis zat yang beracun yang mematikan. Jarak merupakan salah satu diantara tanaman perdu, daun ini mempunyai daun yang berjari yaitu 7-9, berdiameter 10-14 cm. Daun jarak ini berseling, berupa bulat dan juga ujungnya sedikit runcing, daun jarak dibagian atas berwarna hijau tua, dan dibagian bawah daun berwarna hijau muda, batangnya juga bulat dan juga licin, berongga, berbuku-buku dan juga buahnya berupa bulat dan tumbuh dibagian tandan.

manfaat-daun-jarak-untuk-kesehatan
manfaat-daun-jarak-untuk-kesehatan

Ada beberapa senyawa yang terkandung dalam tanaman jarak mulai dari akar, batang, getah, daun dan juga bijinya. Berikut ini beberapa kandungan yaitu sebagai berikut:

  • Getah Tanaman Jarak Pagar: Getah ini mengandung flavonoid dan saponin dan juga kandungan jatrophie yang bersifat anti jamur.
  • Pada bagian Daun Jarak Pagar ini ditemukan senyawa  kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan terakstrol.
  • Biji Tanaman Jarak ini memiliki aktivitas anti virus, toksalbumin dan curcin yang tidak memiliki aktivitas sebagai anti fungsi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat untuk anti aknker
  • Ampas Biji Jarak: yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium
  • Kulit Batang Jarak Pagar ini mengandung tanin, resin, dan saponin.

Pohon jarak mempunyai banyak manfaat untuk manusia, dari mulai batang, daun, bunga, buah dan juga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling penting yaitu bisa digunakan sebagai penghasil minyak atau bahan bakar. Yang ada dibagian bijinya yang memiliki kandungan getah ricin, terlebih lagi untuk pohon jarak pagar dan juga jarak walung yang bijinya memiliki kandungan banyak getah dibanding dengan dua pohon jarak yang lainnnya. Pohon jarak walung dan juga pohon jarak pagar ini banyak untuk dibudidayakan oleh orang-orang. Tanpa terkecuali pohon ini juga berguna untuk bahan bakar minyak. Jarak berguna untuk kesehatan, tetapi tidak seluruhnya jenis pohon jarak mempunyai manfaat untuk kesehatan, cuma pohon jarak pagar saja yang bisa digunakan untuk kesehatan.

Buah Jarak Untuk Menyembuhkan Penyakit
Buah Jarak Untuk Menyembuhkan Penyakit

Banyak sekali manfaat yang bisa menyembuhkan penyakit yang ada ditubuh kalian. Berikut ini beberapa manfaat jarak untuk kesehatan yaitu:

Menyembuhkan Luka Sariawan

Luka sariawan memang mengganggu sekali membuat nafsu makan kita menjadi hilang. Getah jarak pagar ini bisa dipakai untuk menyembuhkan luka sariawan kalian, caranya ambil getah jarak dengan kapas, lalu tempelkan le sisi mulut kalian yang sedang kena sariawan, pakai dengan cara teratur hingga sariawan kalian sembuh.

Menyembuhkan Gigi

Gigi yang berlubang memang mudah sekali dimasuki bakteri yang bisa mengakibatkan sakit, untuk kalian nggak perlu khawatir karna getah jarak ini bisa menyembuhkan sakit gigi kalian. Caranya: pakai getah jarak lalu teteskan pada bagian gigi yang sedang sakit, getah jarak ini bisa juga menyembuhkan sakit gigi karena getahnya mempunyai kandungan antimikroba yang dapat membasmi bakteri Eschereccia Coli.

Menyembuhkan Luka

Luka ringan memang perih sekali juga lama sembuhnya, nah getah jarak ini juga mempunyai zat antimikroba yang bisa membuat luka kalian menjadi cepat kering, tinggal kalian teteskan getahnya menggunakan kapas lalu diamkan itu sebagai waktu biar meresap getahnya ke dalam luka kalian. Pasti luka kalian akan cepat kering dan tidak sakit lagi.

Bisa Menyembuhkan Keputihan Pada Mulut Bayi

Keputihan yang dialami bayi umumnya disebabkan dengan bakteri candida yang melekat di puting susu ibu, saat ibu itu menyusui anaknya pasti bakal melekat dan juga berkembang biak, itulah yang bisa menyebabkan mulut bayi alami keputihan. Untuk mengatasinya yaitu ambillah batang jarak yang masih segar lalu ambil getahnya lalu teteskan pada mulut bayi, netesinnya jangan banyak-banyak biar tidak merasa kepaitan.

Menyembuhkan Radang Telinga

Untuk menyembuhkan sakit di telinga yang disebabkan karena influenza, kalian bisa menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak ini. Caranya ambil getahnya satu sendok makan lalu teteskan sebanyak 6 kali pada telinga kalian, setelah itu diamkan lalu bersihkan dengan kapas dengan cara perlahan-lahan.

Mengatasi Sembelit(Sulit Buang Air Besar)

Sembelit yaitu penyakit yang dihadapi oleh semua orang mulai dari orang dewasa sampai anak-anak, untuk menangani sembelit kalian bisa memakaidaun jarak ini. Caranya yaitu: Untuk orang dewasa: tumbuk 8-10 biji jarak lalu beri sedikit air panas lalu peras setelah itu minum air perasan itu. Untuk anak-anak: Ambillah sebagian helai daun jarak yang masih tetap muda dan layukan dengan api setelah itu tempelkan daun jarak ini ke perut anak-anak dan juga kasih minyak kelapa.

Mengatasi Ketombe

Ketombe yaitu pengelupasan kulit mati yanag terlalu berlebihan pada kulit kelapa, ketombe umumnya terlihat berwarna putih di rambut, untuk nangani ketombe kalian bisa memakai daun jarak yang ditumbuk dengan halus, lalu berikan di kulit kepala kalian, kasih daun jarak yang dihaluskan sampai teratur sebelum keramas.

Menyuburkan Rambut

Ingin menyuburkan rambut? Gunakanlah biji jarak, caranya yaitu tumbuk 20-30 biji jarak kasih air secukupnya setelah itu peras lalu ambil minyaknya setelah itu tempelkan ke kepala kulit kalian.

Biji Jarak Untuk Tubuh
Biji Jarak Untuk Tubuh

Menyembuhkan Rematik

Penyakit rematik umumnya penyakit yang sering dihadapi dengan beberapa lansia. Cara untuk mengobatinya yaitu: kalian bisa memakai akar jarak, ambil sebanyak 25 kg akar jarak lalu rebus dengan 1 liter air, saat kalian merebus usahakan airnya tinggal 1/2 setelah itu minum dengan teratur.

Perut Kembung dan Masuk Angin

Kalau bayi tiba-tiba mencret dan perutnya kambung karena masuk angin, ambillah beberapa daun jarak pagar yang tua. Lalu panaskan diatas api biarkan agak layu dan olesi minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

Koreng, Jamur, dan Gatal

Carilah minyak jarak pagar asli (biasanya tersedia di tukang urut), kemudian panaskan terlebih dahulu, setelah itu celup dengan kapas lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal. Minyak biji jarak ini tidak boleh tertelan karena minyak ini mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Mengobati Batuk

Kalau kalian batuk sudah minum obat yang ada di toko/apotek belum sembuh-sembuh, kalian bisa menggunakan akar pohon jarak ini untuk menyembuhkan batuk kalian. Caranya: ambillah akar pohon jarak secukupnya, lalu bersihkan dan rebus dengan air 7  gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja. Setelah itu minum setiap pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru setelah itu ganti akar pohon jarak yang baru.

Ada 4 Jenis Pohon Jarak yang Tumbuh di Indonesia yang Menyebar di Semua Daerah di Nusantara. Salah satunya yaitu sebagai berikut:

Jarak Pagar (Jathropa Curpas L)

Tanaman-Jarak-Pagar
Tanaman-Jarak-Pagar

Jarak pagar yaitu pohon jarak yang banyak dikenal oleh banyak orang karena mempunyai manfaat yang semakin banyak dibandingkan dengan 3 pohon jarak yang lain. Pohon jarak pagar ini mempunyai batang yang kokoh dengan jarak yang tidak teratur, batang kayunya bulat dan juga banyak kandungan getahnya. Bentuk daunnya tunggal, lebar, menjari dan berlekuk-lekuk dengan jumlah 3-5 buah. Bunganya berumah satu serta uniseksual, terkadang di temukan dengan bunga hermaprodit yang berwarna kekuningan. Buahnya bulat halus, tidak berbulu, buahnya sama dengan buah jambu, saat mudah warnanya berwarna hiaju, dan berangsur-angsur beralih jadi warna kuning kecoklatan saat menua.

Jarak Kepyar (Riccius Communis Lin)

Tanaman Pohon Jarak Kepyar
Tanaman Pohon Jarak Kepyar

Pohon jarak kepyar sangat beda sekali dengan pohon jarak pagar mulai dari segi batang, daun, bunga sampai buahnyapun juga beda, lebih sama dengan tumbuhan singkong. Buah jarak kepyar ini nyaris sama dengan buah rambutan kecil. Pohon jarak kepyar ini banyak ditemukan dipinggiran pantai atau rimba air. Jenis jarak ini sangat banyak di temukan di daerah pantai yang masih tetap indah, terlebih lagi pada daerah perdesaan yang lingkungannya masih tetap belum terjamah dengan beragam kesibukan manusia. Jarak kepyar ini juga digunakan untuk beragam kepentingan seperti yang sudah dikatakan diatas.

Jarak Ulung (Jathropa Gossyphofolia L)

daun-jarak-ulung
daun-jarak-ulung

Pohon jarak wulung yaitu pohon jarak yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman ini tumbuh di daerah yang sering terserang cahaya amtahari, seperti di pinggir-pinggir jalan, pekarangan rumah atau juga ditepi lapangan rumput.Pohon jarak wulung ini mempunyai batang yang berkayu bulat dan mempunyai warna kecoklatan. Daunnya saat masih mudah berwarna keunguan, dan juga daun yang makin menua akan berwarna ungu kecoklatan. Buahnya sama seperti dengan pohon jarak pagar cuma lebih kecil lagi. Biji buah jarak ini banyak mengandung minyak, sama dengan biji buah jarak pagar.

Jarak Bali ( Jatropha Podagrica Hook)

Tanaman Jarak Bali
Tanaman Jarak Bali

Jarak Bali juga dimaksud dengan jarak hias, tak heran lagi kalau banyak yang menanamnya di dalam pot, dan juga dipakai sebagai tanaman hias. Karena jarak bali memiliki bentuk yang menarik seperti bunga hias. Jarak Bali mempunyai pangkal batang yang mirip dengan umbi, daun jarak bali ini bertangkai dengan mempunyai panjang 20-30 cm, memiliki bunga yang berwarna merah oren, bermata rantai bunga jantan dan betina dan juga tumbuh dalam satu tangkai. Bunganya berupa elips, mempunyai panjang 1,5 cm, bijinya bulat dan juga lonjong.

 

 

Incoming search terms:

  • bentuk daun pohon jarak pagar
  • jual pohon jarak hitam hoki
  • tanaman jarak pagar di pot
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply