Gangguan Mata Merah
Gangguan Mata Merah

Mata Anda Terlihat Merah? Ini Nih Tips Menghilangkan Mata Merah Dengan Cara yang Aman dan Terbukti Ampuh

Posted on

Salah satu gangguan mata yan banyak sekali di alami orang adalah mata merah. Mata meraha tidak hanya mengganggu penampilan saja tapi aktivitas yang anda lakukan sehari-hari pun akan terganggu, kebanyakan dari gangguan ini mengakibatkan rasa gatal pada mata, pusing, penglihatan kabur, dan juga mata berair. Gangguan itulah yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Mata merah terjadi karena adanya radang pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih pada bagian mata dan selaput-selaput dalam pada kelopak mata. Ada juga yang mengatakan bahwa mata merah itu di sebabkan oleh virus nah jika mata merah karena virus kemungkinan besar itu bisa menular, oleh karena itu banyak orang yang tidak ingin mendekati orang yang sakit mata merah karena takut tertular, namun selain virus ada banyak lagi penyebab terjadinya mata merah.

Gangguan Mata Merah
Gangguan Mata Merah

Beberapa gejala yang ditimbulkan akan mengakibatkan terganggunya aktivitas dan juga akan timbul rasa tidak nyaman pada mata seperti gatal, gangguan penglihatan, dan juga mata perih. Adapun cara menghilangkan atau mengobati mata merah adalah sebagai berikut.

12 Cara Mengobati Atau Menghilangkan Mata Merah

1.Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan Ruangan
Pencahayaan Ruangan-terlalu terang

Pencahayaan adalah salah satu penyebab mata mudah lelah dan iritasi, oleh karena itu anda yang terkena mata merah sebaiknya mengatur pencahayaan pada ruangan rumah anda, sekarang perhatikan lampu yang ada di ruangan biasa anda berada apakah terlalu terang jika terlalu terang ada baiknya jika anda mengganti dengan lampu yang redup. Lampu yang sangat cerah akan mengakibatkan mata anda menjadi silau dan mudah lelah kaena memaksa mata untuk bekerja ekstra.

2.Perhatikan Layar Monitor Anda

Cahaya Layar Monitor
Cahaya Layar Monitor

Tidak hanya lampu ruangan saja yang harus diperhatikan, layar monitor juga berperan penting penyebab mata merah. Jika layar monitor di komputer yang biasa anda gunakan lihat apakah cahaya di komputer anda terlalu terang jika terlalu terang maka aturlah agar tidak terlalu terang dan tidak akan membuat mata anda menjadi lelah. Usahakan tidak mematikan lampu pada saat menggunakan layar monitor atau pada saat bermain handpone jangan sambil tidur dua hal itu juga bisa mengakibatkan mata merah dan mata minus.

Yang anda harus lakukan adalah berkedip ketika melihat layar monitor, namun kebanyakan orang lupa akan kebiasaan baik ini, berkedip akan membuat mata anda menjadi lembab sehingga mata merah tidak menjadi parah, selain itu usahakan anda beristirahat beberapa menit setiap jamnya agar mata anda menjadi fres lagi. Terlalu sering dan terlalu lama menatapa layar monitor akam membuat mata merah anda semakin parah, oleh karena itu jangan terlalu sering menatap layar monitor, agar tidak terkena langsung radiasinya anda bisa menggunakan kaca mata.

3.Jangan Menggosok Mata

Menggosok Mata
Menggosok Mata

Mata merah biasanya juga ada gejala rasa gatal jadi tidak heran jika ada yang menggosoknya, namun hal ini akan membuat mata merah anda semakin parah, maka tugas anda pada saat mata terasa gatal anda harus bisa menahan tangan anda. Ini terjadi karena kemungkinan besar tangan anda juga dalam keadaan tidak steril atau terdapat banyak kuman, menggosok mata juga akan memperparah alergen yang masuk kedalam mata, bukan rasa gatal yang hilang tapi justru rasa gatal itu akan menjadi semakin parah dan tidak akan hilang sehingga membuat anda semmakin sering menggosoknya dan apa yang terjadi mata merah pun semakin parah.

4.Menggunakan Air Mawar

Rendaman Bunga Mawar Merah
Rendaman Bunga Mawar Merah

Bukan hanya terkenal dengan macamnya yang banyak, baunya yang harum, warnanya yang indah bunga mawar ternyata memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk mengobati mata merah, untuk memberiakan rasa nyaman pada mata anda bisa memanfaatkan khasiat alami dari bunga mawar, caranya sangat mudah bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya rendamlah bunga mawar kemudian gunakan air rendaman mawar untuk mencuci mata anda, rasa dingin pada mata akan membuat mata anda semakin nyaman, juga mengurangi rasa gatal, sekaligus mencegah mata merah anda menjadi parah.

5.Gunakan Mentimun

Mentimun Meredakan Mata Merah
Mentimun Meredakan Mata Merah

Tidak hanya mawar saja yang bisa di gunakan untuk meredakan mata merah mentimun juga tidak kalah dengan bunga mawar, kebanyakan orang mengatakan bahwa mentimun itu tidak baik di konsumsi karena mengakibatkan keputihan ternyata menyimpan manfaat yang sangat besar untuk penyembuhan mata merah, caranya sangat mudah sekali letakkan irisan mentimun di mata yang sudah di tutup. Efeknya irisan timun itu akan membuat mata anda menjadi sejuk. Selain untuk meredakan mata merah anda yang suka begadang, atau kurang tidur yang membuat mata anda menjadi mata panda mulai sekarang anda tidak perlu khawatir anda bisa menggunakan mentimun untuk menghilangkan mata panda.

6.Kurangi Waktu Untuk Menatap Layar Monitor

Anda salah satu orang yang bekerja seharian ful di depan layar monitor? mulai sekarang berusahalah untuk mengurangi jam kerja di layar monitor jika anda menginginkan mata anda sembuh dari mata merah, mata yang sering menatap layar monitor akan merasa lelah lebih cepat dan akan mengakibatkan mata anda iritasi. Setidaknya jika anda tidak bisa berhenti bekerja untuk sementara waktu anda bisa mengistirahatkan mata anda untuk beberaopa menit agar mata merah anda tidak semakin parah.

7.Gunakan Irisan Kentang

Manfaat Kentang Untuk Mata Merah
Manfaat Kentang Untuk Mata Merah

Kentang yang sering kita konsumsi dan berkabohidrat tinggi ini ternyata sangat banyak sekali manfaatnya selain untuk menu diet pengganti nasi salah satunya adalah untuk mengobati mata merah, irisan kentang bisa anda jadikan solusi untuk menghilangkan mata merah secara alami jika anda takun untuk menghilangkan mata merah dengan cara medis. Cara menggunakan irisan kentang ini sangat mudah letakkan irisan kentang pada mata, irisan kentang akan membuat mata anda rileks, menghilangkan rasa gatal pada mata dan juga menghilangkan resiko iritasi mata, tentunya jika anda menggunakan metode yang satu ini secara rutin akan membuat mata merah anda menghilang, dengan tidak takut mata merah kembali lagi, dan tentunya mengobati dengan cara yang aman karena menggunakan bahan yang alami.

8.Kain lembut

Rasa gatal yang datang sewaktu-waktu kerap membuat anda tidak tahan lagi untuk menggosok, tentunya anda sudah mengerti jika menggosok mata itu tidak baik karena akan membuat iritasi pada mata anda semakin parah atau membuat mata merah semakin menjadi. Oleh karena itu solusi yang baik ketika mata anda gatal adalah dengan cara mengusap mata dengan kain yang lembut atau tisu namun jika anda menggunakan dua benda itu usahan untuk menggantinya jika anda ingin menggosok lagi jangan menggunakan tisu atau kain yang sama, karena kemungkinan virus itu menempel pada kain lembut, dan ada baiknya jika anda mengusap kotoran mata anda dengan tisu agar lebih steril, jangan menggunakan tangan ya?

9.Gunakan Air Hangat

Air sangat baik untuk mata merah, mata anda akan terasa nyaman juga membuat kotoran pada mata hilang, dan membuat rasa gatal pada mata hilang karena air hangat,caranya basuhlah mata anda dengan air hangat tapi dengan keadaan mata anda tertutup ya. Namun yang harus anda ingat jangan menggunakan air yang terlalu panas karena air mengakibatkan iritasi pada mata semakain parah,  juga tidak boleh sering-sering membasuh mata dengan air yang dingin.

10.Menggunakan Obat Tetes Mata

Menggunakan Tetes Mata
Menggunakan Tetes Mata

Selain metode di atas untuk menghilangkan mata merah dan meredakan rasa gatal anda bisa menggunakan tetes mata, karena kandungan pada tetes mata membuat mata anda semakin nyaman dan rileks, namun jangan sering-sering menggunakan tetes mata anda juga harus memperhatikan efek samping dari tetes mata ini. Sebaiknya anda menggunakan tetes mata 2 atau 3 kali dalam sehari dan jika anda sudah menggunakannya selama 1 minggu dan tidak ada reaksi mengarah pada kesembuahan anda bisa langsung periksa ke dokter spesialis mata. Dan jangan menggunakan obat tetes yang sudah di diamkan selama 1 bulan karena obat mata yang di pakai lagi ketika sudah satu bulan akan lebih mudah terkena kuman, oleh karena itu sebaiknya jika sudah sembuh segeralah membuang sisa tetes mata agar tidak di gunakan lagi.

11.Gunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya Meredakan Mata Merah

Selain air bunga mawar, mentimun dan kentang, lidah buaya juga berperan untuk menyembuhkan mata merah. Cara menggunakn ldah buaya pada mata adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan air dingin kemudian gunakan campuran gel lidah buaya dengan air untuk mencuci mata merah, jangan takut karena efek sampingnya bahan alami ini sangat bagus untuk mata dan tidak akan mengakibatkan alergi mata anda. Kandungan antiseptik pada lidah buaya akan mencegah iritasi yang lebih parah. Selain itu rasa dingin dari lidah buaya akan membuat mata anda nyaman dan meredakan rasa panas pada mata akibat gejala dari mata merah.

12.Gunakan Air Rebusan Sirih

Rebusan Daun Sirih Baik Untuk Mata Merah
Rebusan Daun Sirih Baik Untuk Mata Merah

Selain bermanfaat untuk menghilangkan keputihan rebusan air daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan mata merah, Caranya rebuslah 4 lembar daun sirih kemudian gunakan air rebusan daun sirih yang sudah dingin untuk mencuci mata merah anda. Rebusan air daun sirih ini sangat efektif untuk meredakan mata merah karena kandungan antiseptik yang terkandung pada lidah buaya.

Itulah 12 cara mengobati atau menghilangkan mata merah, jiak anda sedang mengalami mata merah usahakan untuk menghindari pemakaian make up di area mata tunggulan samapi mata benar-benar sembuh. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

 

 

Incoming search terms:

  • mata merah begadang
Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply