Jenis Serangga

17 Macam Serangga Beserta Gambarnya

Posted on

Macam-macam Serangga Beserta Gambarnya – Hampir setiap hari kita melihat serangga disekeliling lingkungan hidup kita seperti lalat, kupu kupu, kutu, semut, dan lain sebagainya, yang harus anda ketahui bahwa hewan yang memiliki spesies yang paling banyak di bumi ini adalah serangga.

Secara umum serangga hanya mempnyai 3 bagian saja yaitu perut, kepala, dan dada, keberadaan serangga didalam kehidupan kita bisa bermanfaat dan juga merugikan kita terutama bagi para petani. Dan berikut ini adalah beberapa spesies serangga yang telah kami rangkum.

1. Kumbang

Kumbang
Kumbang

Kumbang mempunyai nama latin Coleopetra, kata ini diambil dari bahasa Yunani yaitu koleos dan pteron, jika kedua kata ini disambungkan maka memiliki arti sayap berlapis. Kumbang ini menyebar dengan sangat luas, dari jenis Coleopetra sudah terdiri dari 350.000-400.000 spesies, sehingga kita sering sekali menemukan serangga jenis ini di semak semak atau di pepohonan. Untuk makanan dari kumbang ini sangat bervariasi tapi pada umumnya serangga memakan pada bangkai tertentu, menghancurkan jaringan tumbuhan dan hewan yang sudah mati.

2. Semut

Semut
Semut

Semut adalah jenis serangga yang termasuk dalam keluarga Artropoda. Semut ini menyebar kesuluruh tempat yang ada dimuka ini sangatlah cepat, semut hidup bekoloni, disetiap koloni memiliki semut penjaga, semut pekerja, dan semut pejantan yang dipimpin oleh ratu semut. Bentuk semut dibagi menjadi tiga yaitu kepala, dada, dan perut. Semut termasuk dalam suku formicidae dan ini menjadi serangga yang terkuat didunia, karena semut dapat mengangkat beban kurang lebih 50 kali berat badannya, sangat menakjubkan bukan.

3. Nyamuk

Nyamuk
Nyamuk

Serangga ini memiliki dua sayap berisik, enam kaki yang panjang, dan tubuhnya yang kecil, dan panjang tubuhnya tidak lebih dari 15 mm. Serangga ini termasuk dalam jenis dipetra, pada dasanya nyamuk betina menghisap darah hanya untuk mengabil protein yang akan digunakan untuk pembuatan telur, sadangkan nyamuk jantan hanya menghisap madu dari nectar bunga. Sesuatu hal yang menarik dari nyamuk betina adalah mempunyai reseptor artinya setiap nyamuk betina mempunyai sensor suhu dan kelembapan yang terletak di bagian bawah perutnya, dan ini berfungsi untuk mengeramkan telur telurnya. Biasanya nyamuk sering menempel pada permukaan air sebenarnya nyamuk itu bukan menghisam pada air tersebut, tapi itu dijadikan sebagai tempat landasan perdananya, jika nyamuk itu tidak dapat menempel pada permukaan air maka itu akan menyebabkan kematian. Hidup nyamuk tidaklah lama meraka hanya hidup sekitar 1 bulan saja.

4. Lebah

Lebah
Lebah

Ketika kita membicarakan tentang lebah pasti kita ingat tentang madu, memang lebah sangatlah bermanfaat karena seranga jenis ini dapat menghasilkan madu yang sangat enak, serangga ini mempunyai 4 tahap dalam proses perkembangbiakan yang pertama adalah telur kemudian menjadi larva setelah itu berubah lagi menjadi pupa dan menjadi dewasa. Dalam satu sarang lebah hanya terdapat satu ratu lebah dan mempunyai 3 anggota yaitu lebah pencari, lebah perawat, dan lebah pengumpul, dan uniknya semua ini rata rata dikerjakan oleh lebah betina. Sedangkan lebah jantannya hanya sebagai alat untuk membuahi sang ratu lebah saja, setelah itu lebah jantanpun akan meninggal. Fakta yang menarik dai lebah pengumpul adalah mereka akan mengumpulkan nectar dari jenis bunga yang sama dalam satu putarannya.

5. Kupu Kupu

Kupu Kupu
Kupu Kupu

Tentunya banyak orang yang sudah mengenalinya, penampilannya dan bentuknya yang indah dan banyak sekali orang yang terpikat ketika melihatnya. Kupu kupu termasuk dalam jenis ordo Lepidoptera, kupu kupu dapat dibedakan melalui waktu aktifnya dan fisiknya, pada umumnya kupu kupu aktif disiang hari dan memiliki sayap yang lebar yang berwarna cemerlang. Adapun metamorphosis dari sekor kupu kupu itu terbagi menjadi 4 tahap yaitu telur->larva->kepompong dan menjadi dewasa, sedangkan masa hidup seekor kupu kupu bisa seminggu bahkan sampai satu tahun.

6. Ngengat

Ngengat
Ngengat

Ngengat masih termasuk dalam jenis lepidopetra, adapun perbedaan dari ngengat dan kupu kupu itu bisa dilihat dari bentuk fisiknya dan juga waktu aktifnya kalau ngngat mempunyai sayap yang pendek dan warnanya agak gelap dan waktu aktifnya lebih sering dimalam hari. Kupu kupu nilai yang baik bagi para wisatawan sedangkan ngangat menjadi hama bagi perkebunan, contohnya seperti hutan yang berada di Amerika Serikat yang menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

7. Kumbang Tanduk

Kumbang Tanduk
Kumbang Tanduk

Untuk membedakan kumbang tanduk jantan dan betina kita bisa melihatnya dari tanduknya, kalau kumbang tanduk betina memiliki tonjolan, sedangkan kumbang tandung jantan mempunyai tanduk lebih panjang dan mlengkung kebelakang. Biasanya kumbang tanduk banyak terdapat di pohon palem, serangga ini bertelur di batang tanaman inang yang telah membusuk, serangga ini lumayan berbahaya bagi tumbuhan karna dapat membuat pohon kelapa sawit muda mati.

8. Pinjal

Pinjal
Pinjal

Pinjal termasuk dalam jenis serangga parasit, yang banyak ditemukan pada hewan, pinjal akan menghisap darah yang dia hinggapi. Jika dilihat secara fisiknya pijal tidak memiliki sayap tapi dengan mempunyai kaki yang sangat kuat dia mampu lompat dengan jarak yang lumayan jauh mereka tergolong serangga yang sangat bebahaya karna bisa menyebabkan radang dan alergi pada kulit dengan masuk kedalam jaringan kulit.

9. Lalat

Lalat
Lalat

Lalat bisa dibilang serangga ini masih sama dengan nyamuk, jika dilihat secara fisik serangga ini mempunyai tubuh yang ramping dan pendek, sepasang sayap, dan pada bagian kepalanya terdapat antenna, mata majemuk, mulut, dan ocelli. Fakta yang sangat mnarik dari lalat adalah mempunyai kemampuan melihat yang dianalisis oleh neuron sensitive terhadap gerakan, saran neuron inilah yang menjadi tolak ukur untuk berbolok, menghindar, dan berguling.

10. Kecoa

Kecoa
Kecoa

Kecoa termasuk serangga yang tergolong dalam jenis blattodea, jika dilihat fisiknya kecoa mempunyai panjang yang berbeda beda ini tergantung pada daerahnya. Contohnya saja seperti kecoa yang ada di Amerika mempunyai panjang sekitar 3 cm, dan kalu di bagian Eropa dan Asia memiliki panjang sekitar 1,5 meter bahkan lebih, kecoa bisa kita kelompokan dalam serangga jenis penggangu karena keberandaannya dapat merusak bahan bangunan rumah. Hampir diseluruh belahan dunia kita dapat menjumpai kecoa selain di kutub utara.

11. Belalang

Belalang
Belalang

Belalang termasuk dalam jenis subordo caelifera, belalang mempunyai antena yang pendek, dan umumnya suara yang dihasilkannya itu diperoleh dari kepakan sayapnya. Selain itu hewan ini bisa dijadikan sebagai asupan protein hewani bagi tubuh kita, dan tidak sedikit negara yang menjadikan belalang menjadi menu andalan.

12. Belalang Sentadu

Belalang Sentadu
Belalang Sentadu

Belalang sentadu atau yangs erring disebut dengan cencorang ini mempunyai keunikan terhadap tangannya, jika dilihat betuk tangannya terlihat seperti sedang berdoa, hewan ini mempunyai panjang 17 cm. Satu ekor belalang setandu bisa memperoleh 300 butir telur, dan semuanya dissimpan didalam kantung busa, dan serangga ini tergolong hewan karnifora, makanannya adalah sranggga yang lebih kecil darinya seperti nyamuk, atau lalat.

13. Kutu Daun

Kutu Daun
Kutu Daun

Srangga jenis ini adalah srangga pemakan getah tanaman, hdup hewan ini secara berkelompok,hewan ini memiliki warna hijau, coklat dan hitam pada umumnya dan ukuran tubuhnya juga sangat kecil tidak melebihi 1-2 mm. Dikarnakan serangga ini tergolong serangga pengrusak tanaman maka serangga ini menjadi salah satu musuhnya para petani, karna mereka merusak pada tunas dan daun yang masih muda, selian itu serangga ini dapat mendatangkan semut karena cairan yang dikeluarkannya mengandung madu atau manis.

14. Tonggeret

Tonggeret
Tonggeret

Serangga ini sangat dikenal oleh manusia karena suaranya yang sangat nyaring, secara kasat mata serangga ini sepeti lalat, tapi dikarnakan ukurannya yang lumayan besar jadi kita bisa membedakannya. Hidup serangga ini dipengaruhi oleh musim, jadi pada akhir musim pnghujan serangga ini melaksanakaan ritual musim kawin dan dibalik musim kawin tesebut ternyata mereka mempunyai fase metaformasa selama 17 tahun dan mereka menjadi serangga dewasa hanya dalam waktu tiga hari seminggu setelah kawin serangga ini akan mati.

15. Kutu Kepala

Kutu Kepala
Kutu Kepala

Setiap manusia biasanya pernah mengalami gatal pada kepala mereka, dan salah satu penyebab gatal pada kepala kita adalah terdapatnya kutu, karena kutu tergolong serangga yang merugikan bagi manusia dia suka menghisap darah yang ada pada kepala kita, inilah yang membuat terkadang kepala kita terasa gatal. Pada umumnya kutu hidup dan berkembang biak pada rambut yang tidak terurus jika seperti itu terus maka kutu betinanya bisa menghasilkan 6 butir telur perharinya dan ketika telah 8 hari kutu tersebut akan menetas.

16.Capung

Capung
Capung

Capung termasuk dalam serangga jenis Odonata, pada umumnya capng mmpunyai tubuh yang lumayan besar, dan sayapnyapun selau terbentang dan terbuka, dalam garis besar capung hidup lama dalam air dalam bentuk nimfa, di dalam air nimfa bisa memakan berudu dan anak ikan, tapi sangat disayangkan hewan yang indah ini akan mati ketika telah menjadi capung selama 4 bulan.

17.Wereng

Wereng
Wereng

Hewan ini sudah tidak asing lagi bagi para petani, karena hewan ini menadi salah satu musuh para petani, karena serangga ini dapat menularkan virus pada hewan utama yang menyebabkan tumbuhan akan mati. Ciri cirri yang di miliki serangga yang satu ini adalah mempunyai nimfa dari fulgorida dan ini berguna untuk menghasilkan lilin dari kelenjar khusus yang berada dalam perut dan pada bagian tubuh lainnya, dan lilin ini dapat membantu menyembunyikan serangga dari serangga pemangsa lainnya.

 

Incoming search terms:

  • jenis jenis serangga beserta gambarnya
  • nama serangga
  • macam macam serangga
  • jenis serangga
  • gambar serangga
  • jenis-jenis serangga
  • macam macam serangga terbang
  • nama nama serangga
  • macam macam serangga dan nama latinnya
  • Nama ser
Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply