gas elpiji hijau

Beberapa Bahaya Gas Elpiji yang Tidak Anda Ketahui

Posted on

Buat kalian yang suka masak dan yang terutama masaknya menggunakan kompor gas harus diingat bahwa banyak sekali masyarakat yang mengalami bahaya karena kompor gas, bukan hanya orang yang menyebabkan yang terkena bahayanya akan tetapi orang disekitarnya juga akan mendapatkan kerugian. Maka dari itu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan kompor gas, karena bahaya kompor gas tidak baik untuk kesehatan.
Berikut bahaya gas elpiji :

pompa-gas-tekanan
struktur pompa gas

Gas Meledak

Ketika anda kurang teliti memasang regulator maka yang terjadi akan berpotensi mudah meledak dikarenakan tidak bekerja dengan baik. Hal ini juga disebabkan oleh kompor gas yang tidak tertutup rapat, dikarenakan selang yang tidak rapat atau karena lubang kecil bekas gigitan hewan kecil yang anda tidak berakhir. Selang yang menggulung juga bisa menyebabkan gas meledak. Menyalakan lilin, rokok atau menyalakan saklar listrik yang terlalu dekat dengan gas elpiji. Hanya karena hal sepele seperti itu bisa memicu munculnya percikan api dan ledakan.

Kelainan Tubuh Jangka Pendek

Menghirup gas yang terlalu lama ketika sedang memasang regulator atau ketika memasak terlalu lama terkadang tidak terlalu ditanggapi oleh masyarakat. Perlu diingat kondisi seperti inilah yang membuat kesehatan tidak baik dan jangka pendek. Kelainan tubuh jangka pendek ini seperti :

  • Sesak napas

Seseorang yang mempunyai penyakit sesak napas ini harus selalu berhati-hati ketika memasang regulator, lebih ketika memasang regulator menggunakan masker agar jika gasnya bocor anda tidak mengalami sesak napas.

  • Tubuh lemas

Hal ini rentan terjadi kepada anak-anak yang terhirup gas elpiji dikarenakan tubuhnya kekurangan oksigen tubuhnya menjadi lemas.

  • Tubuh menggigil

Jika anda memiliki masalah jantung dan anda tidak sengaja menghirup gas elpiji maka tubuh akan menderita keracunan gas sehingga tubuh menggigil.

  • Kesadaran diri berkurang

Ketika anda sensitiv terhadap bau yang menyengat lalu anda menghirup gas elpiji terlalu lama tanpa ada penanganan maka anda akan merasakan sakit kepala, mual sehingga kehilangan kesadaran.

  • Mata berkunang-kunang dan behalusinasi

Terkena angin yang terkontaminasi oleh gas elpiji bisa menyebabkan pandanga mata kabur untuk sementara dan bahkan bisa menyebabkan seseorang berhalusinasi.

Kelainan Tubuh Jangka Panjang

Jika anda menghirup gas elpiji dalam jangka yang panjang bisa menimbulkan kerusakandan kelainan pada tubuh lebih berat karena harus melakukan perwatan medis yang intensiv. Kelainan tubuh jangka panjang seperti berikut :

  • Hilangnya konsentrasi dan depresi berat

Seringnya seseorang menhirup gas elpiji bertahun-tahun seperti pegawai yang menangani pengisian gas elpiji bisa menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi dan mengalami depresi berat dikarenakan bau gas yang begitu kuat bisa menggangu pada kesehatan saraf-saraf kepala.

Menghirup gas terlalu lama bisa menyebabkan rusaknya saraf tubuh termasuk otak dan mengakibatkan seseorang menjadi lumpuh atau setengah lumpuh.

  • Terjadi kejang-kejang

Bagi anak-anak yang menghirup gas elpiji dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kejang-kejang seperti epilepsi. Bau gas ini mampu mencederai sistem kinerja otot.

  • Gangguan jantung

Ketika anda memili lemah jantung hindarilah bau yang menyengat seperti gas elpiji  karena dalam jumlah besar bisa mengakibatkan gangguan jantung yang berat seperti gagal jantung dan terserang jantung berhenti.

  • Kerusakan jaringan paru

Gas elpiji ketika anda hirup akan masuk kedalam saluran pernafasan dan masuk menuju jaringan paru yang menyebakan menurunnya fungsi ginjal dalam menagtur cairan tubuh jika tidak segera diobati akan terjadi kerusakan paru-paru.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply