Cara Menghilangkan Ngantuk
Cara Menghilangkan Ngantuk

Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Berat Ketika Sedang Belajar dan Bekerja

Posted on
Cara Menghilangkan Kantuk
Cara Menghilangkan Kantuk

Apakah anda adalah seseorang yang sering mengantuk? Penyebab mengantuk bukan hanya karena kurang tidur, walaupun penyebab tersering adalah gangguan pada tidur ataupun pola tidur yang salah.

Apa itu Ngantuk?

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk
Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Ngantuk merupakan sebuah keinginan diri kita untuk cepat tidur, merupakan suatu kondisi di mana tubuh kita memberikan sebuah pemberitahuan atau notifikasi agar kita harus segera tidur. Sehingga, ngantuk dapat di istilahkan sebagai peringatan sistem yang terdapat di dalam tubuh kita.

Apa saja yang Bisa Membuat Ngantuk?

1. Gejala Anemia

Gejala Anemia - Penyebab Mengantuk
Gejala Anemia – Penyebab Mengantuk

Gampang mengantuk, juga dapat dikarenakan gejala anemia kekurangan sela darah merah atau sering dikenal dengan anemia. Kalau diri kita kekurangan sel darah merah, suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh oleh sel darah merah akan terganggu. Padahal, oksigen merupakan salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Maka, cara yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan darah ke dokter.

2. Kurang Olahraga

Kurang Berolahraga - Penyebab Mengantuk
Kurang Berolahraga – Penyebab Mengantuk

Dr. Michael Triangto SpKO, seorang spesialis kedokteran olahraga mengatakan,  kalau mudah mengantuk bisa juga dikarenakan tubuh kurang berolahraga. Jika tidak melakukan olah raga tubuh akan merasa lemas, tubuh akan gampang lelah dan tidak berenergi. Sebaliknya, jika kita terlalu berlebihan dalam berolahraga, seseorang juga akan merasa sangat lelah, sehingga timbullah rasa ngantuk. Itulah sebabnya, anda harus rajin – rajin berolahraga secara teratur, namun jangan terlalu berlebihan.

3. Gejala Prediabetes

Gejala Prediabetes - Penyebab Ngantuk
Gejala Prediabetes – Penyebab Ngantuk

Dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin, mengatakan, rasa ngantuk bisa juga disebabkan karena gejala prediabetes. Selesai makan, tubuh akan mengalami berlebihnya insulin atau sering disebut dengan hiperinsulinemia, sehingga menyebabkan kadar gula darah menurun drastis. Itulah sebabnya, anda harus mengamati gejala prediabetes.

4. Gangguan pada Tidur, Misalnya Sleep Apnea

Gangguan pada Tidur
Gangguan pada Tidur

Hal ini disebabkan ketika anda sedang tertidur tapi kualitas tidur anda jelek, sehingga menyebabkan anda tidak merasa bugar ketika bangun di keesokan harinya dan disertai dengan ikutnya perasaan yang mengantuk. Anda dapat memeriksakan diri ke dokrer, jika anda sedang mengalami keadaan seperti ini.

5. Pengaruh Obat – Obatan Tertentu

Pengaruh Obat - Obatan - Penyebab Mengantuk
Pengaruh Obat – Obatan – Penyebab Mengantuk

Seperti obat flu atau batuk dan obat sakit kepala, maupun obat – obatan yang lain, yang sebetulnya obat tersebut memicu tubuh anda untuk beristirahat.

6. Depresi dan Stres

Depresi atau Stres
Depresi atau Stres

Jika anda sedang mengalami tekanan pada diri anda, hal ini juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda menjadi terganggu. Sehingga, di keesokan harinya anda akan merasa mengantuk dan malas melakukan kegiatan apa – apa.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Rasa mengantuk bisa terjadi secara tiba – tiba tanpa terdapat gejala yang pasti. Jika menganuk hanya dibiarkan begitu saja, hal ini akan berpotensi membuat kegiatan anda menjadi kurang maksimal bahkan akan kacau. Nah, tenang saja, artikel berikut ini akan membantu anda untuk mengurangi rasa ngantuk yang berlebihan, anda dapat melakukan beberapa cara – cara seperti berikut ini :

1. Berolahraga

Berolahraga - Cara Menghilangkan Ngantuk
Berolahraga – Cara Menghilangkan Ngantuk

Berolahraga merupakan trik yang sangat ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk anda. Usahakanlah anda melakukan olahraga yang ringan setiap paginya. Terserah anda ingin melakukan olahraga yang bagaimana. Misalnya, jogging atau bersepeda mengelilingi kompleks selama 30 menit tiap paginya.

Dijelaskan oleh beberapa penelitian, olahraga di pagi hari sangatlah penting, hal ini akan membuat sirkulasi darah anda menjadi lancar, melatih jantung, dan pastinya akan menjadi sistem imun tubuh. Dijamin deh, anda tidak akan merasakan ngantuk setelah jogging di pagi hari.

2. Minumlah Air Putih yang Banyak

Minum Air Putih - Bisa Menghilangkan Ngantuk
Minum Air Putih – Bisa Menghilangkan Ngantuk

Kita disarankan untuk meminum air putih minimal 2 liter atau kira – kira 8 gelas per harinya. Bukan hanya bisa melancarkan metabolisme, air putih juga dapat meningkatkan konsentrasi atau fokus saat anda sedang menjalankan kegiatan sehari – hari.

Terkadang, untuk orang yang jarang minum air putih, dia akan merasa eneg jika meminum air putih ketika pagi hari. Untuk berjaga – jaga, anda dapat membagi meminum air putih menjadi beberapa bagian. Misalnya, di pagi hari 1 gelas, siang 3 gelas, sore hari, 2 gelas, dan malam, ketika menjelang tidur 2 gelas.

3. Jangan Makan Menjelang Tidur

Jangan Makan Menjelang Tidur - Cara Menghilangkan Ngantuk
Jangan Makan Menjelang Tidur – Cara Menghilangkan Ngantuk

Kebiasaan makan sebelum tidur ini biasanya dikerjakan bagi orang yang ingin menambah berat badan mereka. Hal ini memang terbukti ampuh, namun biasanya kualitas tidur malam anda akan terganggu.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pada hakikatnya, tubuh akan bekerja secara full untuk mengolah makanan yang masuk da merubahnya menjadi energi. Keadaan ini membuat otak tidak dapat rileks, sehingga di saat pagi hari, anda masih merasa ngantuk.

4. Sarapan Pagi

Sarapan Pagi - Cara Menghilangkan Ngantuk
Sarapan Pagi – Cara Menghilangkan Ngantuk

Sebagian orang menganggap kalau sarapan adalah hal yang sepele, sehingga sebagian orang banyak yang mengabaikannya, dengan berbagai macam alasan, baik itu sibuk, diet, ataupun yang lain – lain. Hakikatnya tubuh membutuhkan energi, kalau tidak terpenuhi, tubuh dapat melakukan metabolisme dengan optimal. Inilah yang membuat timbulnya rasa ngantuk.

Itulah sebabnya, anda harus meluangkan waktu untuk sarapan pagi. Makanlah makanan yang banyak mengandung energi, misalnya roti, telur, daging, susu, dan lain – lain. Jangan lupa menambahkan buah dan juga sayuran di meja makan anda, supaya sistem pencernaan anda dapat berjalan dengan lancar.

5. Cuci Muka

Cuci Muka - Cara Menghilangkan Kantuk
Cuci Muka – Cara Menghilangkan Kantuk

Cuci muka merupakan salah satu cara yang paling ampuh menghilangkan rasa ngantuk dan mungkin anda juga pernah atau bahkan sering melakukannya. Agar lebih efektif lagi, cobalah mencuci muka dengan menggunakan air dingin.

6. Minum Kopi atau Teh

Minum Teh atau Kopi - Cara Menghilangkan Kantuk
Minum Teh atau Kopi – Cara Menghilangkan Kantuk

Teh atau kopi terbukti bisa menghilangkan rasa ngantuk karena mengandung zat kafein yang bisa menstimulus otak anda agar segar kembali. Namun anda harus ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi, karena jika terlalu berlebihan mengonsumsi kopi bisa berimplikasi ke beberapa macam penyakit yang lainnya, apalagi lambung.

7. Tidur Cukup

Tidur Cukup - Cara Menghilangkan Kantuk
Tidur Cukup – Cara Menghilangkan Kantuk

Ini merupakan penyebab utama, mengapa anda selalu merasa mengantuk, bahkan bisa dikatakan super ngantuk. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakanlah untuk tidur setiap jam 9 malam, karena waktu tersebut adalah waktu yang sangat optimal untuk tidur. Bukan hanya itu, selain bisa  membuat rasa ngantuk anda hilang, menurut penelitian, tidur cukup juga bisa menghilangkan beberapa penyakit lain, misalnya darah tinggi, stres, dan yang lainnya.

8. Tarik Napas

Tarik Napas - Cara Menghilangkan Kantuk
Tarik Napas – Cara Menghilangkan Kantuk

Menurut para penelitian, di saat anda sedang menguap, artinya kadar oksigen dalam otak anda sedang berkurang. Karena ciri – ciri mengantuk salah satunya adalah menguap. Cara untuk mengatasinya, cobalah untuk menarik napas dalam – dalam, tahanlah kira – kira 5 detik, setelah it hembuskan selama 5 detik, lakukanlah hal ini beberapa kali hingga membuat anda merasa segar kembali.

9. Mengobrol

Ngobrol - Cara Menghilangkan Ngantuk
Ngobrol – Cara Menghilangkan Ngantuk

Di saat anda sedang mengobrol, otak anda akan terasa lebih segar, karena sudah melakukan kegiatan di dalam pikiran anda.

10. Bersihkanlah Meja Anda

Membersihkan Meja Kerja - Cara Menghilangkan Kantuk
Membersihkan Meja Kerja – Cara Menghilangkan Kantuk

Ketika ngantuk sedang melanda anda, saat yang paling tepat untuk membereskan meja kerja atau belajar anda. Saat meja anda menjadi lebih bersih dan rapi, anda akan merasakan kesegaran, yang akan membuat wajah dan pikiran anda segar kembali.

11. Cobalah Ganti Posisi Duduk

Mengubah Posisi Duduk - Cara Menghilangkan Kantuk
Mengubah Posisi Duduk – Cara Menghilangkan Kantuk

Jika anda masih merasa mengantuk, mungkin mengganti posisi duduk ketika sedang bekerja dan belajar dapat menjadi solusi untuk anda. Duduklah dengan tubuh yang tegak, setelah itu silangkan kaki anda, atau anda bisa berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Sebelum anda mengerjakannya, saran yang baik dari saya, yaitu pergilah ke toilet untuk mencuci muka anda terlebih dahulu, agar mata anda menjadi melek dan wajah menjadi fresh kembali.

12. Wudhu dan Kerjakanlah Sholat Dhuha

Wudhu - Menghilangkan Kantuk
Wudhu – Menghilangkan Kantuk

Untuk umat beragama Islam, anda dapat menghilangkan ngantuk dengan cara berwudhu. Air wudhu dapat membantu anda menyegarkan mata yang sedang mengantuk, sehingga akan membuat anda menjadi lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

Rasa ngantuk sangat sering melanda pada jam 08.00 – 11.00. Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk melakukan wudhu dan mengerjakan sholat dhuha bagi kamu yang mempunyai agama Islam. Gerakan sholat juga sudah terbukti ampuh untuk melancarkan oksigen menuju otak.

13. Usahakan Anda Sedang Berada di Ruangan yang Terang

Berada di Tempat Terang - Cara Menghilangkan Kantuk
Berada di Tempat Terang – Cara Menghilangkan Kantuk

Jika ruangan belajar atau kerja anda terang, otak anda akan merespon lebih dan bisa membuat mata anda segar kembali. Usahakanlah meja belajar atau kerja anda berdekatan dengan sumber cahaya, misalnya lampu ataupun kaca.

14. Dinginkan Kepala

Mendinginkan Kepala - Cara Menghilangkan Kantuk
Mendinginkan Kepala – Cara Menghilangkan Kantuk

Ini berbeda dengan kepala yang dingin ya? Mendinginkan kepala dapat membantu otak lebih berkonsentrasi dalam belajar ataupun bekerja. Caranya hanya dengan menempelkan es batu di bagian dahi, pundak, dan pergelangan tangan anda.

Setelah anda mengejakan hal ini, dijamin deh, anda tidak akan mengantuk lagi. Tapi, jika anda masih merasakan ngantuk, coba minumlah minuman yang asam dicampur dengan tambahan es, tanpa menggunakan tambahan gula sedikit pun.

15. Menemui Pakar Kesehatan

Menemui Pakar Kesehatan - Cara Menghilangkan Ngantuk
Menemui Pakar Kesehatan – Cara Menghilangkan Ngantuk

Beberapa gangguan kesehatan mungkin dapat menjadi alasan mengapa akhir – akhir ini anda merasa ngantuk, seperti anemia, diabetes, dan lainnya. Memeriksakan diri ke dokter akan sangat baik untuk menangani penyebab anda sering mengantuk.

16. Istirahat Sebentar

Istirahat Sebentar - Menghilangkan Kantuk
Istirahat Sebentar – Menghilangkan Kantuk

Di saat anda sedang belajar atau bekerja, cobalah untuj beristirahat sebentar saja. Cara yang paling efektif dilakukan ketika anda sedang beristirahat adalah dengan melakukan senam – senam pemanasan, misalnya meregangkan tangan, pinggang, kaki, ataupun menggoyangkan kepala anda.

17. Mengemil Ketika Bekerja

Ngemil - Cara Menghilangkan Kantuk
Ngemil – Cara Menghilangkan Kantuk

Mengemil sambil belajar atau bekerja juga dapat menjadi tips menghilangkan rasa ngantuk. Anda harus memilih cemilan yang sesuai dengan selera anda sendiri, tapi usahakanlah menghindari makanan yang rasanya manis.

Pilihlah makanan yang pedas atau yang rasanya sedikit masam. Rasa pedas dapat membantu mata anda menjadi melek kembali.

Bagaimana guys, gampang kan tipsnya? Itulah beberapa cara untuk menghilangkan ngantuk yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • bagian tubuh mana yang harus dipijit untuk menghilangkan ngantuk dan lelah
  • berwudhu bisa menghilangkan ngantuk
  • WUDHU MENGHILANGKAN MENGANTOK
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply