papeda-makanan-khas-ambon
papeda-makanan-khas-ambon

Makanan Khas Ambon yang Enak dan Lezat

Posted on

Jika kalian sedang berkunjung ke ambon, pasti kalian akan mencicipi makanan khas yang ada di sana. Pasti kalian akan ketagihan karena kenikmatnya. Berikut ini adalah makanan khas ambon yang wajib di cicipi.

1. Papeda

papeda-makanan-khas-ambon
papeda-makanan-khas-ambon

Mungkin sebagian orang yang sudah pernah mengetahui makanan ini, makanan ini khas dari ambon. Papeda ini yaitu makanan pokok masyarakat ambon yang hampir ada di semua daerah ambon. Bahan baku papeda ini yaitu dari sagu yang di olah menyerupai bubur yang berwarna putih, dan teksturnya menyerupai lem, dan juga rasa asli dari papeda itu sendiri hambar. Sebaiknya jika igin menyantap papeda pada saat masih panas bersamaan dengan kuah ikan kuning. Yang membuat cita rasa yang mantap pada papeda yaitu kuah ikannya.

Kuah ikan kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau bisa dengan ikan mubara yang di bumbui dengan kunyit. Papeda juga bisa di kombinasikan dengan ikan gabus, ikan kue dan juga kakap merah. Cara menyantap papeda ini cukup unik, yaitu dengan cara papeda di gulung dengan menggunakan alat seperti sumpit kayu, lalu di pindahkan ke atas piring yang di beri dengan kuah kuning kemudia di seruput dari piring tanpa terputus

2. Ikan Komu Asar

ikan komu asar makanan khas ambon
ikan komu asar makanan khas ambon

Asar di dalam bahasa indonesia artinya asap. Jadi ikn komu asar ini merupakan makanan yang berasal dari ikan segar yang berjenis tongkol, tuna ataupun cakalang yang di masak dengan cara di tusuk memakai bambu kemudian di asap dengan waktu kurang lebih satu jam. Ikan komu asar ini paling nikmat jika di santap dengan nasi dan juga sambal colo-colo.

3. Sambal Colo-colo

sambal colo-colo makanan khas ambon
sambal colo-colo makanan khas ambon

Nama sambal ini memang aneh, tapi rasa pedasnya tidak ada tandingannya, samba ini merupakan sambal khas yang menjadi pelengkap untuk masyarakat ambon di dalam menikmati makanannya. Sambal colo-colo ini terbuat dari rempah-rempah seperti cabai rawit, bawang merah, tomat muda dan daun seledri yang di campurkan menjadi satu, kemudian di berikan taburan garam dan di siram dengan perasan jeruk nipis.

Sambal colo-colo juga bisa di tambahkan dengan daun kemangi dan dengan iriasan kenari mentah, dan bisa juga di tambahkan kecap manis. Sambal yang sangat pedas ini di sajikan dengan tanpa di ulek. Rasa dari sambal ini cukup unik, perpaduan antara pedas dan juga asamnya dari perasan air jeruk nipis, cukup menggoyang lidah dan juga membuat ketagihan. Jadi jika anda berkunjung ke ambon, jangan lupa mencoba sambal colo-colo ini.

4. Kohu-kohu

kohu-kohu makanan khas ambon
kohu-kohu makanan khas ambon

Jika di jawa namanya urap-urap, maka di ambon namanya kohu-kohu, mirip tapi tidak sama. Kohu-kohu ini adalah salah satu makanan khas ambon yang dalam penyajiannya menggunakan sayuran mentah seperti tauge, kacang panjang, daun kemangi dan mentimun, kemudia di aduk bersamaan dengan irisan bawang putih, bawang merah, perasan jeruk nipis, cabai, ikan cakalang yang di potong kecil-kecil kemudian di campur dengan kelapa parut. Yang membedakan makanan ini dengan urap-urap di jawa adalah dengan tambahan suwir ikan cakalang. Iakan cakalang ini bisa di ganti dengan ikan yang lain seperti ikan teri basah atau dengan ikan tongkol. Kohu-kohu ini nikmat sekali bila di santap dengan talas, singkong, pisang rebus atau bisa juga dengan singkong.

5. Nasi Lapola

nasi lapola makanan khas ambon
nasi lapola makanan khas ambon

Nasi lapola ini yaitu makanan khas ambon yang berasal dari campuran nasi dan juga kacang tolo atau di daerah jawa yang di sebut dengan kacang kedele merah. Nasi lapola ini menjadi salah satu makanan favorite bagi masyarakat ambo karena rasanya yang sangat gurih dan juga pulen. Cara membuatnya yaitu beras yang di mask setengah matang, kemudian di campurkan dengan kacang tolo rebur, kelapa parut dan juga garam. Lalu di duk hingga rata. Lalu adonan ini di kukus sampai matang. Nasi lapola ini memang sangat enak dan juga gurih.

6. Nasi Kelapa

nasi kelapa makanan khas ambon
nasi kelapa makanan khas ambon

Jika di lihat hanya sekilas, nasi kelapa ini mirip sekali dengan nasi uduk dari jawa. Yang secara umum bahan dasar dari keduanya memang hampir sama, tapi ada yang membedakan yaitu cara pembuatannya dan juga penambahan sambal kelapa. Membutuhka teknik yang khusus supaya bisa membuat nasi kelapa  khas ambon. Nasi ini di kukus setengah matang lalu di riram dengan santan pekat yang kemudian di kukus kembali. Nasi kelapa ini biasanya di sajikan dengan berbagai lauk seperti sambal colo-colo, ikan bakar, telur asin, ikan asin dan juga gorengan jagung. Tapi pendamping yang wajib yaitu sejenis serudeng khas yang bisasanya di sebut sambal kelapa.

7. Roti Kering Kenari

roti kering kenari makanan khas ambon
roti kering kenari makanan khas ambon

Roti kering kenari ini merupakan salah satu makanan khas ambon yang bentuknya seperti lembaran roti tawar yang di atasnya di tambahkan dengan cacahan kacang kenari dan juga gula. Tekstur kenari yang garing ini mempunyai rasa tidak kalah dengan kacang almond yang memberikan sensasi yang nikmat pada saat menyantapnya. Karena masaknya dengan cara di panggang, roti kering ini pas untuk di jadikan oleh-oleh karena tahan lama.

8. Gogos

gogos makanan khas ambon
gogos makanan khas ambon

Makanan khas yang satu ini penampilannya mirip dengan lemper kalau di daerah jawa, hanya saja bedanya kalau lemper biasanya di isi dengan suwiran daging ayam, tapi kalau gogos di isi dengan suwiran ikan. Bahan baku untuk membuat gogos adalah ketan yang diisi dengan suwiran ikan lalu di bungkus ddengan daun pisang kemudian di bakar. Paling mantap jika di sajikan pada saat masih hangat dan bisa di jadikan teman untuk minum kopi ataupu teh.

9. Pisang Asar

pisang asar makanan khas ambon
pisang asar makanan khas ambon

Pisang asar ini adalah makanan yang sangat cocok sebagai teman untuk minum kopi ataupun teh. Di sebut dengan pisang asar karena proses memasaknya dengan cara di panggang atau di asar di dalam oven. Bahan dasar untuk membuat makanan ini adalah pisang, tapi tidak semua jenis pisang bisa di gunakan untuk membuat pisang asar. Jenis pisang yang sangat cocok untuk membuat pisang asar ini adalah pisang raja.

10. Rujak Natsepa

rujak natsepa makanan khas ambon
rujak natsepa makanan khas ambon

Di tiap daerah yang ada di indonesia mempunyai versi rujak yang berbeda-beda, beda daerahnya beda juga rujaknya. Salah satunya adalah rujak natsepa, rujak ini merupakan rujak khas ambon. Nama dari rujak natsepa ini berasal dari nama tempatnya, yaitu panti natsepa. Rasa dari rujak natsepa ini sangat enak, segar dan juga gurih karena berasal dari buah-buahan segar seperti nanas, mangga, pala, pepaya, jambu, bengkoang dan juga belimbing. Bumbu rujak natsepa ini terbuat dari campuran kacang tanah goring, gula aren, asam jawa dan juga garam yang di ulek menjadi satu. Jika kalian berselera pedas tinggi, maka tinggal bilang sama penjualnya untuk menambahkan julah cabainya. Rujak ini berasa sangat nikmat karena di nikmati di pantai natsepa yang sangat indah.

11. Bubur Sagu ubi

bubur sagu ubi makanan khas ambon
bubur sagu ubi makanan khas ambon

Bagi masyarakat ambon, sagu tidak hanya diolah menjai papeda saja, tapi bisa juga di olah menjadi makanan yang sangat nikmat seperti bubur sagu ubi. Bubur sagu ini merupakan makanan khas ambon yang hampir sama dengan kolak ubi. Yang beda hanyalah lebih kental dan juga lebih manis. Biasanya bubur sagu ini di beri santan kenta dan juga taburan kenari yang pasti akan membuat lidah bergoyang.

12. Talam Sagu Bakar

talam sagu bakar makanan khas ambon
talam sagu bakar makanan khas ambon

Makanan khas ambon lainnya yang terbuat dari sagu yaitu talam sagu bakar. Talam sagu ini rasnya sangat manis dengan rasa yang khas karena campuran keari dan juga kacang brenebon. Rasanya nikmat sekali dan juga cocok di sajikan untuk cemilan.

13. Sagu Woku Komo-komo

sagu woku komo-komo makanan khas ambon
sagu woku komo-komo makanan khas ambon

Dari nama makanan ini seperti berasal dari jepang, tapi makanan yang satu ini adalah khas dari ambon dengan bahan dasar sagu, serai, bawang putih, jeroan ikan dan juga jahe. Sagu ini memiliki ciri yang khas yaitu di bungkus dengan daun woku. Sagu ini memiliki rasa yang sangat legit dan juga gurih, dan cocok menjadi lauk untu makanan utama seperti nasi ataupun papeda.

14. Kopi Sibu-sibu

kopi sibu-sibu makanan khas ambon
kopi sibu-sibu makanan khas ambon

Bagi kalian yang suka kopi, kalian harus datang ke kedai kopi terkenal yang ada di ambon yaitu rumah kopi sibu-sibu. Sibu-sibu di dalam bahasa maluku yaitu angi sepoi-sepoi. Kedai kopi ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan juga bercengkrama dengan teman-teman anda. Kopi yang menjadi favorit di kedai kopi ini yaitu kopi sibu-sibu dan juga kopi rarobang. Jenis kopi ini berasal dari biji kopi robusta yang sudah di haluskan denga cara yang tradisional. Sedangkan penyajiannya di campur dengan menggunakan bubuk cengkeh halus, lalu di taburi dengan biji kenari sebagai penghias dan juga sebagai pelengkap aroma kopi.

15. Asida

asida makanan khas ambon
asida makanan khas ambon

Makanan khas ambon yang satu ini memiliki rasa manis dan juga enak sekali untuk di konsumsi. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal. Asida terbuat dari tepung sagu, mentega, gula merah dan juga bubuk kayu manis yang di campurkan dengan sedikit kapulaga. Makanan ini biasanya di nikmati dengan teh dan juga kopi dan cocok sekali untuk cemilan ataupun untuk sarapan. Biasanya asida ini mudh di temukn pada saat bulan ramadhan.

Incoming search terms:

  • Makanan Khas Ambon – Sambal Colo-Colo
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply