Manfaat Daun Mint
Manfaat Daun Mint

Hey Guys, Ternyata Banyak Sekali Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Daun mint merupakan salah satu jenis dedaunan yang mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat yang sangat berkarakter, pasalnya karena aroma daun mint ini sangat menenangkan banyak sekali peminatnya, manfaatnya selain sebagai penambah aroma masakan yaitu bisa juga sebagai pengobatan.

Beberapa kosmetik dan alat kecantikan juga memanfaatkan kebaikan daun mint ini. Di negara Eropa penggunaan daun  mint di campurkan di berbagai macam masakan, bukan hanya itu saja bahkan minuman dengan varian rasa mint pun juga banyak di jumpai di sana.

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun mint ini umumnya di gunakan untuk di konsumsi baik makanan, kue, bahkan di jadikan obat-obatan sebagai pencegah penyakit atau pengobatan.

Rasa daun mint yang aneh dan unik memiliki banyak sekali manfaat dan juga keuntungannya, daun minta pada umumnya juga di olah sebagai tambahan pasta atau bahkan ekstraknya sering di tambahkan ke minuman sehingga rasa minuman itu tambah segar. Kemudian, apa saja manfaat dari daun mint?

Kandungan Daun Mint

Kandungan Daun Mint
Kandungan Daun Mint

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun mint yang sangat baik untuk tubuh adalah antioksidan, sera ada beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya yaitu vitamin C, A, D dan E yang sangat baik untuk tubuh kalian.

Beberapa mineral juga terdapat di dalamnya, misalnya yaitu kalsium serta fosfor. Kandungan-kandungan yang di miliki daun mint ini yang membawa bamuak manfaat dari daun mint, manfaatnya seperti berikut ini :

  • Penambahan Aroma Makanan
Daun Mint Penambah Aroma Makanan
Daun Mint Penambah Aroma Makanan

Apakah kalian pernah merasakan permen mint atau jajanan yang komposisinya ada daun mintnya? Nah itu merupakan salah satu makanan yang mengaplikasikan daunt mint di dalamnya.

Sebenarnya mencampurkan daun mint di dalam masakan itu, bertujuan untuk menambah ciri khas dan aroma yang menyegarkan pada makanan tersebut.

  • Meningkatkan Nafsu Makan
Daun Mint Meningkatkan Nafsu Makan
Daun Mint Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak orang yang mengatakan, kalau makanan yang mereka makan mengandung daun mint mereka menjadi kecanduan jika memakannya, rasa yang di berikan oleh daun mint ini sangat mententramkan dam membuat nyaman bagi para penikmatnya.

Sehingga salahh satu tujuan dari pemberian daun mint dalam masakan ialah untuk meningkatkan nafsu makan lebih tinggi.

  • Aromaterapi
Daun Mint Sebagai Aroma Terapi
Daun Mint Sebagai Aroma Terapi

Di dalam hal medis, manfaat daun mint ini sangat baik jika di gunakan untuk aromaterapi, aromaterapi dari daun mint ini biasanya di gunakan bagi pasien yang membutuhkan ketenangan dan perasaan yang rilex, karena jika menghirup harum daun mint ini rasanya akan rilex dan tenang.

  • Mengatasi Demam Tubuh
Mengatasi Demam Tubuh Dengan Daun Mint
Mengatasi Demam Tubuh Dengan Daun Mint

Salah satu efek dari daun mint ini adalah memberikan rasa dingin yang menyegarkan bagi tubuh, meskipun berada di bawah terik sinar matahari efek yang di timbulkan oleh mint itu berbeda, bahkan mereka yang sedang demam atau kenaikan suhu biasanya menggunakan daun mint untuk meredakan panasnya itu.

  • Baik Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kondisi tulang memang semakin lama semakin menurun bersamaan/selaras dengan usia yang menua, akan tetapi cara untuk menjaga kondisi kesehatan tulang adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor.

Meskipun di dalam daun mint tidak banyak mengandung kalsium dan fosfor, tapi setidaknya bisa membantu sedikit dalam pemenuhan kebutuhan kalsium dan fosfor dalam tulang.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa daun mint mampu mengurangi resiko penyakit kanker usus besar, sebab kandungan radikal bebas dalam tubuh manusia dapat di netralisir dengan daun mint dan salah satu zat yang sangat berperan dalam hal ini adalah anti oksidan.

  • Baik Untuk Kesehehatan Mata
Daun Mint Baik Untuk Kesehatan Mata
Daun Mint Baik Untuk Kesehatan Mata

Di dakan daun mint juga mengandung vitamin A, salah satu fungsi dari vitamin A yang terkandung dalam daun mint adalah untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata.

Bahkan para lansia yang mengalami gangguan dalam kesehatan matanya atau yang sudah rabun di anjurkan untuk sering-sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, misalnya yaitu mint dan wortel.

  • Melegakan Pernafasan
Daun Mint Dapat Melegakan Pernapasan
Daun Mint Dapat Melegakan Pernapasan

Orang yang sesak nafas biasanya di berikan pelega yang sifatnya menyegarkan agar melegakan nafas, salah satu estrak yang di gunakan adalah daun mint, sebab dalam daun mint terdapat kandungan khusus yang mampu membuka rongga dalam jalannya pernafasan, sehingga sang penderita sesak nafas yang menghirupnya merasa lega.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas

Kekebalan tubuh manusia akan meningkat jika kebutuhan nutrisi dalam tubuh bisa terpenuhi secara maksimal, salah satu nutrisi makronutrien yang sangat berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh kita ini ialah vitamin.

Kerja vitamin C yang sesuai dengan porsi kalian biasanya adalah 500 mg, jika bisa selalu terpenuhi sepanjang hari maka itu mampu meningkatkan imunitas tubuh.

  • Mengatasi Alergi
Daun Mint Dapat Mengatasi Alergi Kulit
Daun Mint Dapat Mengatasi Alergi Kulit

Daun mint sangat baik jika di gunakan untuk mengontrol kondisi alergi pada kulit kalian, daun mint mempunyai zat yang mampu mengontrol dan membunuh bakteri jahat serta jamur di dalam tubuh.

Maka jika ada control dari rasa alergi, bentuk gatal-gatal di tubuh yang timbul akibat alergi bisa terkontrol dengan adanya daun mint.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Daun mint memiliki kandungan vitamin D dan E yang sangat baik bagi kesehatan kulit, dalam hal ini daun mint di gunakan untuk membantu memperbarui kulit mati atau kulit yangsudah tidak baik lagi.

Selain itu manfaat dari asam salisilat yang sangat berguna untuk proses pergantian sel kulit yang sudah mati atau rusak, sehingga kulit yang tumbuh setelah itu menjadi lebih sehat dan nampak segar.

  • Mengurangi Nyeri
Daun Mint Dapat Meredakan Nyeri
Daun Mint Dapat Meredakan Nyeri

Daun mint ternyata juga dapat mengurangi sakit atau nyeri di tubuh, daun mint ini mengandung antispasmodic yang dapat meredeakan nyeri dan rasa sakit, karena hal ini kalian bisa memanfaatkan daun mint untuk di konsumsi setiap hari secara rutin agar badan kalian tidak nyeri.

Zat antispasmodic ini juga berguna untuk meregangkan otot yang tegang yang akhirnya akan menjadi rileks dengan ini.

  • Meringankan Penyakit Maag
Daun Mint Dapat Meringankan Penyakit Maag
Daun Mint Dapat Meringankan Penyakit Maag

Daun Mint yang memilik kandungan antispasmodic dengan begitu kalian yang menderita penyakit maag bisa memanfaatkan ini untuk meringankan sakitnya dengan cara mencampurkan daun mint dengan teh hangat, konsumsilah dengan rutin agar asam lambung dalam tubuh kalian dan luka dalam lambung kalian bisa mengurang dan sembuh.

  • Mengurangi Bau Mulut
Daun Mint Mengatasi Bau Mulut
Daun Mint Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut sering sekali di hindari oleh banyak orang, bukan dalam kesehatan saja tetapi bau mulut pun membuat sangat tidak nyaman dan menggangu banyak orang, maka dari itu banyak sekali orang yang tidak mau bau mulut.

Dengan mengonsumsi daun mint yang mengandung menthol ini dapat mengurangi bau mulut kalian, bau mulut itu ada karena produksi air liur yang bercampur dengan bakteri dan sisa makanan.

Kalian juga bisa mengonsumsi yoghurt yang mempunyai fungsi yang sama dengan mencampur dengan daun mint di dalamnya.

  • Menurunkan Kolestrol Jahat

Daun mint mempunyai kandungan vitamin yang dapat menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh dan meredakan kolestrol jahat, dengan cara mengonsumsi daun mint dapat menurunkan lemak yang membahayakan yang terdapat di dalam tubuh.

Kolestrol jahat tentunya dapat menyebabkan penyakit jantung dan berbagai macam penyakit lainnya yang mematikan.

  • Menyembuhkan Sakit Kepala
Daun Mint Mengatasi Sakit Kepala
Daun Mint Mengatasi Sakit Kepala

Beberapa orang sering sekali tiba-tiba pusing atau sakit kepala, hal seperti itu terjadi karena adanya tekanan atau faktor yang lain. Dengan menggunakan daun mint sakit kepala itu akan mudah di redakan, kandungan menthol dan minyak esensial lain yang terkandung di dalam daun mint berguna untuk meredakan sakit dan menenangkan saraf.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Spearmint adalah salah satu jenis daun mint yang dapat mengontrol tekanan darah, kandungan mineral dan juga zat besi dapat mengendalikan tekanan darah pada tubuh penderita.

Karena tekanan darah itu berbahaya dan dapat menimbulkan bahaya penyakit yang lebih parah dari itu, seperti halnya penyakit jantung, komplikasi dengan penyakit yang lain.

  • Mengobati Flu
Daun Mint Dapat Mengatasi Flu
Daun Mint Dapat Mengatasi Flu

Penyakit flu merupakan penyakit yang sering di alami banyak orang, apalagi banyak yang mengalami ketika musim hujan, nah bagi kalian yang sedang terserang flu nikmatilah sedikit teh hangat yang di campuri dengan daun mint. Daun mint mengandung menthol dan anti bakteri sehingga dapat membantu mereddakan flu dan juga melegakan hidung tersumbat.

  • Mengurangi Rasa Mual

Daun mint mengandung bahan seperti anastesi yang dapat meredakan rasa mual dan meringankan kejang dalam perut, daun mint ini juga sudah terbukti dalam penelitian dapat meredakan kejang dalam perut. Jadi bagi kaliaan yang sering mengalami kejadian seperti itu, konsumsilah daun mint dengan rutin seminggu 3 kali akan tetapi jangan terlalu berlebihan.

  • Mengatasi Masalah Jerawat
Daun Mint Dapat Mengatasi Jerawat
Daun Mint Dapat Mengatasi Jerawat

Memanglah asing jika daun mint dapat mengatasi jerawat, tentu saja bisa daun mint ini mengatasi jerawat karena daun mint memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya, jerawat itu muncul karena kulit berminyak dan kotor.

Kalian bisa mengatasi jerawat kalian dengan menggunakan daun mint, caranya yaitu cuci daun mint kemudian di tumbuk lalu ratakan pada wajah, lakukan hal itu hanya pada wajah yang berjerawat secara rutin. Daun memanglah juga di gunakan sebagai campuran produk, tetapi jarang berbeda dengan yang lain.

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply