Jenis Kelinci
Jenis Kelinci

Beberapa Jenis Kelinci yang Ada di Indonesia

Posted on

Kelinci termasuk hewan mamalia yang mempunyai kaki empat, bulu dan perilaku yang sangat menggemaskan, selain menjadi hewan peliharaan ternyata beberapa jenis kelinci juga sering dijadikan sebagai menusantapan yang sangat luar biasa enaknya, dan bisanya kelinci yang dijadikan sebagai menu hidangan adalah kelinci yang mempunyai tubuh yang besar, dan sedangkan yang kecil dan imut itu dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kelinci juga mempunyai banyak jenis, kelinci yang digunakan sebagai hewan peliharaan ataupun menjadi bahan santapan harganya tergantung pada jenis kelincinya, tentunya semakin bagus kelincinya maka semakin mahal juga harganya, disini kami telah merangkum jenis jenis kelinci yang ada di Indonesia beserta harganya.

1.Kelinci Anggora

Kelinci Anggora
Kelinci Anggora

Kelinci angora merupakan kelinci yang berasal dari Ankara, dan Turki. Kelinci ini dibawa oleh pelaut inggris dan kemudian dibawa ke negaranya, kemudian pada tahun 1723 kelinci ini diperkenalkan di Negara Prancis, dan pada tahun 1920 kelinci angora kembali lagi diperkenalkan di Negara Jerman, karna itulah kelinci ini menjadi sangat terkenal diseluruh dunia khususnya di benua Eropa. Kelinci ini memiliki banyak sekali manfaatnya apalagi bagian bulunya, dibenua Eropa seperti Negara Prancis biasanya bulu kelinci gunakan menjadi benang wool, tapi sangat berbeda sekali dengan Indonesia kebanyakan dari mereka yang memilikinya hanya sekedar untuk memuaskan hobinya saja.

Kelinci ini memiliki banyak sekali jenisnya seperti German angora, Chinese angora, French angora, dan lainnya adapun ciri ciri dari kelinci angora yaitu mempunyai bulu yang tebal dan lembut, dibagian ujung kaki dan telinga terdapat bulu halus, adapun warna bulunya bermacam macam ada yang berwarna putih, abu abu, coklat, dan lainnya, harga dari kelinci angora ketika umur 1-3 bulan bisa mencapai 50.000-250.000, jika umur kelinci sudah melebihi dari 3 bulan harganya bisa mencapai 250.000 -3.000.000 rupiah.

2.Kelinci Lop

Kelinci Lop
Kelinci Lop

Kelinci jenis ini memiliki bagian yang lumayan unik dibagian telinganya, biasanya telinga kelinci tegak tapi kelinci jenis lop ini memiliki telinga yang menggantung dari kepala sampai kepipinya. Sama seperti telinga anjing, telinga kelinci lop akan menggantung ketika kelinci sudah sampai umur 2-4 bulan,  tapi itu juga tergantung oleh jenis kelinci lop juga karna kelinci lop juga memiliki beberapa jenis lagi diantaranya english lop, dwarf lop, angora lop, dan lainnya. Diantra macam macam kelinci, kelinci lop merupakan jenis kelinci yang paling terkenal, adapun harga kelinci lop yang sudah berumuran 1-3 bulan itu sekitar 50.000-300.000 dan jika umur kelinci sudah melebihi dari tiga bulan maka harganya sekitaran 300.000-4.000.000.

3.Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant

Kelinci jenis ini tergolong dengan kelinci yang mempunyai tubuh besar, dan biasanya banyak orang yang menyebutnya sebagai kelinci raksasa yang memiliki berat mencapai 13 kg. Bahkan jika kalinci ini diberi makan secara khusus maka beratnya bisa mencapai 22,23 kg dan ini pernah masuk dalam catatan Guinness World Records. Awalnya kelincini adalah kelinci liar dari Argentina, tapi pada abad ke 18 negara belanda membawa perubahan untuk kelinci ini mereka membawanya kemudian dibudidayakan, Adapun tujuan pertama mereka membudidayakan kelinci ini yaitu untuk memenuhi permintaan daging kelinci, semenjak itu banyak negara negara yang berlomba lomba untuk membudidayakannya, tapi di Indonesia kelinci ini masih dijadikan sebagai kelinci peliharaan saja, karna permintaan daging kelinci di Indonesia masih sangat minim dan masih banyak warga negara Indonesia yang tega untuk makan daging kelinci. Kelinci ini memiliki panjang tubuh mencapai 51 cm, mempunyai tulang yang tebal, telinganya tegak dan panjang, kepalanya besar dan mempunyai kaki yang besar, kelinci ini mempunyai beragam warna seperti hitam, coklat, biru, putih dan lainnya dan harganyapun sama dengan jenis kelinci angora.

4.Kelinci Rex

Kelinci Rex
Kelinci Rex

Kelinci ini berasal dari negara Prancis, dan ditemukan petamakali pada tahun 1919, kelinci ini juga termasuk keturunan dari kelinci liar yang ada Prancis, keinci ini menjadi sangat terkenal ketika kelinci ini di ikut sertakan dalam kegiatan di Prancis yang bernama Paris Internasional Rabbit Show pada tahun 1924, semenjak itu kelinci ini banyak diminati banyak orang dan kelinci ini mulai diimport hingga ke Amerika Serikat dengan jumlah yang sangat besar. Kelinci ini mempunyai nasib yang sama seperti kelinci Flemish giant yaitu dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya, tidak hanya itu ternyata bulunya juga digunakan sebagai bahan utama jaket dan aksesoris pakaian dikarnakan kelinci ini memiliki bulu yang sangat indah. Berdasarkan warna bulunya kelinci ini memiliki banyak jenis antara lain Dalmatian rex, blue rex, black rex, dan lain sebagainya, dari sekian warna yang ada warna yang sangat terkenal adalah white rex. Adapun harganya ketika umur 1-3 tahun itu bisa dibandrol sekitar 50.000-300.000 rupiah, dan jika umurnya diatas 3 bulan harganya sekitar 300.000-4.000.000 rupiah.

5.Kelinci Dutch

Kelinci Dutch
Kelinci Dutch

Kelinci ini berasal dari negara Belanda, kelinci yang sangat dekinal dengan sebutan kelinci belanda mempunyai bulu yang agak pendek dan warnanya juga bervariasi, adapun warna yang dimiliki oleh kelinci dutch adalah coklat, abu abu, hitam putih, dan perpaduan warna tadi. Di Indonesia banyak sekali yang memeliharanya mulai dari para pecinta kelinci sampai para peternak, mengapa para peternak memilih kelinci ini untuk dibudidayakan? Karena kelinci ini dapat melahirkan 6-7 ekor, dan harganyapun juga tidak terlalu mahal ketika umur 1-3 bulan dapat dibandrol sekitar 50.000-200.000 rupiah, dan jika diatas 3 bulan harganya sekitar 200.000-2.000.000 rupiah.

6.Kelinci English Spot

Kelinci English Spot
Kelinci English Spot

Kelinci ini termasuk salah satu kelinci yang berasal dari negara Inggris yang sudah dikembangbiakan mulai abad ke-19, kelinci yang terkenal dengan sebutan kelinci English Rabbit adalah hasil dari perkawinan silang antara jenis kelinci flamish giant, dutch, angora, Himalayan, dan Patagonian. Kelinci ini memiliki warna dasar putih dan memiliki spot berwarna hitam yang menghiasi kelinci ini, pada bagian perutnya terdapat bintik bintik hitam atau abu abu, begitu juga dengan bagian mata, hidung, dan telinga dihiasi dengan spot yang berwarna hitam atau abu abu, harga kelinci dutch ketika berumur 1-3 bulan bisa mencapai 50.000-250.000 rupiah, dan jika telah melebihi umur 3 bulan harganya sekitaran 250.000-3.000.000 rupiah.

7.Kelinci Himalayan

Kelinci Himalayan
Kelinci Himalayan

Kelinci Himalayan adalah jenis kelinci yang memiliki warna dasar putih dengan dihiasi warna lain pada bagian telinga, kaki, hidung, dan ekornya. Dan selain itu yang membuat kelinci ini menarik adalah warna matanya yang berwarna merah muda. Sebenarnya kelinci ini memiliki berat badan sekitar 2,5-4,5 kg, tapi setelah kelinci ini di kawin silangkan oleh para peternak botbot tubuhnya menjadi 1 kg, dan kelinci ini aktif pada malam hari dan ketika siang hari kelinci ini akan tidur, adapun harga kelinci ini ketika umur 1-3 tahun bisa dibandrol sekitar 50.000-150.000 rupiah, dan ketika telah melebihi umur 3 bulan harganya sekitar 150.000 sampai 700.000 rupiah.

8.Kelinci Lion

Kelinci Lion
Kelinci Lion

Kelinci lion adalah keturunan dari kelinci angora inggris, tapi bisa dikatakan kelinci ini menyimpang dari indukannya, kelinci ini mempunyai ciri yang berbeda dengan induknya, hanya beberapa saja yang dimiliki oleh kelinci lion yaitu bulunya yang panjang. Kelinci ini sangat mirip sekali dengan singa karna memiliki bulu yang panjang pada bagian leher dan wajahnya, untuk harga kelinci lion ini adalah 50.000-200.000 rupiah ketika berumur 1-3 bulan, dan ketika berumur diatas tiga bulan harganya mencapai 150.000-700.000 rupiah.

9.Kelinci Havana

Kelinci Havana
Kelinci Havana

Kelinci Havana merupakan kelinci yang pertama kali dikembangkan di negara yang terkenal dengan sebutan negara kincir angin dan kelinci ini tergolong kelinci yang sangat cepat penyebarannya. Pada tahun  1916 kelinci ini mulai diperjual belikan di Amerika setelah itu kelinci ini diperkenalkan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, harga kelinci ini bisa di bandrol dengan harga 50.000-250.000 rupiah ketika kelinci tersebut berumur 1-3 bulan, dan sedangkan jika telah melebihi 3 bulan harganya adalah 250.000-1.000.000 rupiah.

10.Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci Netherland Dwarf
Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci ini adalah pertama kali kelenci yang ditemukan pada tahun 1940, kemudian kelinci ini dikembang biakan oleh 2 orang dari negara belanda yang bernama J. Meijerig dan C. W. Calcar setelah itu disebarkan keberbagai belahan dunia termasuk Indonesia, dan kelinci in termasuk dalam kelinci yang berukuran kecil karna berat tubuhnya hanya sekitar 1 kg. Kelinci ini mempunyai tubuh yang kecil, bulat kepalannya dan leharnyapun sangat pendek bahkan hampir tidak terlihat, dan memiliki telinga yang kecil, selain itu kelinci ini mempunyai warna yang lumayan banyak karna kelinci ini sering dikawinkan secara silang. Tapi hewan warna kelinci yang paling banyak diminati oleh para penggemar kelinci adalah warna putih dengan warna merah pada bagian matanya, harganya juga lumayan murah untuk kelinci yang berumuran 1-3 bulan dijual dengan harga sekitaran 50.000-200.000 rupiah, dan sedangkan kelinci yang berumuran diatas 3 bulan mempunyai nilai jual 200.000-1.000.000 rupiah.

Diatas tadi adalah beberapa jenis kelinci beserta harganya, jadi jiak anda sangat menggemari kelinci anda bisa mengetahui jenis kelinci yang paling banyak dipelihara oleh para penggemar lainnya, dan juga jika anda ingin menjual daging kelinci anda bisa mengetahuinya jenis kelinci apakaah yang pas dan menguntungkan jika dijadikan bahan makanan.

 

Incoming search terms:

  • kawin silang kelinci
  • warna warna kelinci rex
Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply