Jenis Jamur Maitake
Jenis Jamur Maitake

Macam-macam jenis Jamur yang Dapat Dikonsumsi dan Baik Untuk Kesehatan

Posted on

Jamur adalah salah satu jenis organisme eukariotik yang memiliki satu sel dan juga tidak memiliki klorofil. Jamur (fungi) termasuk ke dalam organisme yang mendapatkan makanan dari organisme lainnya atau yang biasa disebut heterotrof. Oleh sebab itu jamur hidup dengan cara menguraikan makanan dari bahan organik yang ada disekitar lingkungannya.

Secara umum jamur hidup mampu hidup dengan tiga cara saprofit, parasit, dan dengan cara mutualisme. Saprofit adalah cara hidup dengan menguraikan sampah organik menjadi sampah anorganik. Sedang parasit adalah cara hidup dengan memperoleh bahan organik dari inang atau tumbuhan yang ditumpanginya. Dan sedangkan mutualisme adalah cara hidup dengan organisme lain agar saling menguntungkan.

Jenis jamur di dunia in mencapai 70.000, namun tidak semua jamur dapat dikonsumsi karena dapat membahayakan kesehatan. Dan beberapa jamur yang bisa dikonsumsi sudah banyak diolah menjadi berbagai masakan yang sangat lezat dan menggoda. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai masakan berbahan jamur. Kali ini kami akan membahas mengenai berbagai jenis jamur yang dapat dimanfaatkan dan dapat diperoleh oleh manusia :

Jamur Tiram

Jenis Jamur Tiram
Jenis Jamur Tiram

Jamur tiram yang memiliki nama latin Pleurotus Ostreatus memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena jamur ini dapat mencegah anemia, meningkatkan imun, melawan kolesterol jahat, bakteri dan dapat juga mencegah terjadinya tumor dan kanker. Kebanyakan orang membudidayakan jamur ini dengan media tanaman serbuk kayu yang steril lalu dikemas dalam kantung plastik bening.

Jamur tiram ini banyak digemari oleh masyarakat jadi tidak salah jika banyak orang yang menginginkan produk olahan dari jamur ini, atau tak sedikit dari mereka yang membeli jamur tiram dalam bentuk masih mentah. Dan jamur tiram ini juga bisa dijadikan sebagai produk olahan yang bergizi dan juga menguntungkan.

Jamur Kancing

Jenis Jamur Kancing
Jenis Jamur Kancing

Jamur kancing adalah termasuk jenis jamur yang bentuknya hampir menyerupai kancing, memiliki bentuk yang bulat, berwarna putih bersih dan sedikit warna krim dna coklat. Jamur ini banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam jamur kancing ini. Dan itu juga bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi kita bukan?

Jamur kancing yang memiliki nama  ilmiah Agaricus Bisporus ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena setiap jamur kancing yang masih segar mengandung bebas lemak, zodium, dan juga kaya akan vitamin seperti vitamin B dan potassium, kaya akan mineral juga rendah kalori dan memiliki rasa yang manis.

Jamur Merang

Jenis Jamur Merang
Jenis Jamur Merang

Jamur merang ini banyak dibudidayakan di daerah daerah yang beriklim tropis ataupun subtropis.  Contohnya negara-negara di Asia Tenggara dan juga sebagian negara di Eropa. Jamur tiram yang memiliki nama ilmiah Volvoriella volvaceae ini sangat mudah kita temukan di pasar dan juga biasanya dijual dalam keadaan segar ataupun diawetkan dalam gelas atau dapat juga di kantong plastik. Jamur merang ini memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang lembut sehingga dapat menjadi olahan masakan yang nikmat dan enak untuk dimakan.

Karena jamur merang ini mengandung 3,2 gram protein dan akan bertambah menjadi 16 gram jika dalam keadaan kering. Dan mengandung kalsium 51 mg, fosfor 223 mg, serta 105 kj kalori dan 0,9 gr lemak. Manfaat dari jamur merang ini adalah dapat mencegah timbulnya sel kanker, baik untuk program diet, meningkatkan daya imun tubuh, kolesterol yang rendah baik untuk penderita diabetes. Cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, membantu memperkuat tulang, mencegah darah rendah, cocok untuk vegetarian, dan terakhir baik untuk penderita penyakit jantung.

Jamur Shitake/ Jamur Payung

Jenis Jamur Shitake
Jenis Jamur Shitake

Jamur Shitake atau jamur payung banyak tumbuh dan dikonsumsi oleh orang-orang asia, terutama di negara Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Jamur ini sudah diakui baik untuk dikonsumsi sejak tahun 2000. 11% dari produksi jamurdi dunia adalah produksi jamur shiitake. Jamur yang biasa dikenal oleh orang-orang asia dengan nama Chinese Black Mushroom. Sudah sejak 900 taunyang lalu para penduduk cina mulai membudidayakan jamur ini dengan cara tradisional. Dan mulai dikomersilkan secara massal sekitar tahun 1940 di negara Jepang.

Jamur Shiitake/ jamur payung ini memiliki berbagai manfaat  yang membuatnya layak dan baik untuk dikonsumsi oleh banyak orang yaitu, bermanfaat melancarkan sirkulasi darah, membantu memulihkan kelelahan, sebagai sumber energi, dan juga meredakan gangguan pada hati.

Jamur Kuping

Jenis Jamur Kuping
Jenis Jamur Kuping

Jika dibandingkan dengan jamur shitake, jamur ini lebih dahulu dibudidayakan oleh orang Indonesia, karena mudah ditemukan di berbagai tempat. Biasanya jamur kuping ini tumbuh di batang pohon yang telah mati ataupun lapuk.jamur kuping ini terdiri dari tiga jenis, yaitu jamur kuping hitam ( Auricularia polytricha), jamur kuping putih ( Tremella Fuciformis), dan jamur kuping merah ( Auricularia auricula-judae). Dan biasanya orang Indonesia mengkonsumsi dan juga membudidayakan jamur kuping yang berjenis hitam.

Manfaat dari jamur kuping adalah dapat mengatasi hipertensi, mengatasi anemia, membantu mengobati ambeien, dan mengurangi penyakit panas akibat luka bakar di kulit.

Jamur Enokitake

Jenis Jamur Enokitake
Jenis Jamur Enokitake

Jamur ini biasa tumbuh di alam bebas dan memiliki dua jenis warna.yaitu ada yang berwarna cokelat hingga yang berwarna merah jambu. Dan sedangkan jamur enokitake ada yang berwarna putih dikarenakan pembudidayaannya terlindungi dari sinar matahari. Jamur yang memiliki nama latin Flammulina velutipes biasanya dikenal sebagai jamur musim dingin atau winter mushroom, dan banyak tersebar luas di dunia yang memiliki iklim salju. Dan dapat tumbuh di permukaan batang pohon celtis sinensis. Jamur ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional China salah satunya untuk mengobati susah untuk buang air besar.

Jamur Maitake

Jenis Jamur Maitake
Jenis Jamur Maitake

Jamur maitake ini termasuk jenis jamur yang langka dan memiliki harga yang cukup mahal dan bahkan dapat menyamai harga perak murni. Karena sangat langkanya ini jamur, banyak orang yang menyebut jamur ini dengan sebutan jamur menari. Alasan mengapa diberi nama tersebut karena bila kita berhasil menemukan jamur jenis ini akan membuat para pemburu jamur merasa senang hingga menari-menari. Dan sebenarnya arti maitake sendiri adalah menari.

Dan seorang peneliti jamur dari negeri sakura bernama Prof. Dr. Hiroki Nanba mengatakan bahwa jamur maitake memiliki dua manfaat. Yang pertama sebagai obat kanker, dan juga sebagai obat alternatif bagi para penderita HIV/AIDS.

Jamur Matsutake

Jamur Matsutake
Jamur Matsutake

Jamur berjenis ini sangat jarang sekali ada orang yang mampu membudiayakannya secara masal, itu dikarenakan jamur jenis ini dinilai sangat langka dan apabila dijual dapat bernilai sangat tinggi di negara Jepang sana. Dan untuk pemanenan jamur ini juga tidak bisa terjadi setiap saat hanya ketika musim gugur di wilayah beriklim sejuk di hutan pinus saja kita bisa menemukannya.

Jika di negeri sakura Jepang, jamur matsutake merupakan jenis jamur yang sangat mewah karena memiliki harga jual yang sangat mahal. Karena jamur ini memiliki wangi yang sangat harum yang menjadikan jamur ini menjadi makanan olahan semisal dipanggang sedikit di bara api, dan juga menjadi lauk nasi sertai berbagai campuran sup.

Jamur Truffle

Jenis Jamur Truffle
Jenis Jamur Truffle

Merupakan salah satu jenis jamur termahal di dunia. Dan biasanya jamur ini digunakan sebagai penyedap masakan di Perancis. Untuk dapat memperolehnya saja membutuhkan bantuan anjing pelacak yang memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Karena memiliki tekstur yang abstrak dan berwarna coklat membuat jamur ini menjadi jamur favorit dan menjadi olahan masakan terfavorit   terbaik di benua Eropa.  Namun jamur ini belum bisa dibudidayakan secara masal karena sangat sulit untuk memperoleh dan hanya dapat tumbuh di tempat-tempat tertentu.

Jamur Ling Zhi

Jenis Jamur Ling Zhi
Jenis Jamur Ling Zhi

Jamur yang memiliki nama latin Ganoderma Lucidum ini pertama kali ditemukan leh petani asal China bernama Seong Nong. Petani ini memiliki kelebihan dalam mengetahui dan menilai tanaman obat-obatan. Beliau mengatakan bahwa jika mengkonsumsi jamur ini dalam jangka waktu lama tidak akan menimbulkan efek samping. Sehingga banyak dari kalangan bangsawan hingga para raja China yang menjadikan jamur ini sebagai tanaman obat herbal. Cara membudidayakan jamur satu ini cukup mudah, karena hanya memerlukan media limbah pertanian atau kayu-kayu yang telah lapuk.

Karena memiliki sifat yang hangat, pedas, dan pahit membuat tanaman jamur ini memiliki manfaat dalam melindungi organ tubuh dan juga memiliki dampak positif terhadap penyembuhan organ lain.

Jamur Bulan

Jenis Jamur Bulan
Jenis Jamur Bulan

Jamur bulan merupakan salah satu jamur yang banyak  tumbuh di daerah Sumatera Selatan biasa disebut Suung Bulan. Jamur ini memiliki tektur yang sedikit lengket, berukuran 5-10 cm, bagian bawah bertekstur lunak dan bagian luar (konveksnya) berpola tepi. Meski jamur ini belum dibudidayakan oleh banyak orang namun jamur ini cukup digemari oleh masyarakat.

Dan untuk dapat memperoleh jamur bulan ini, kita dapat mencarinya di kebun atau pinggiran rumah yang mempunyai kandungan organic pada tanah yang sangat baik. Dan di Indonesia tidak sulit menemukan jamur bulan ini karena  jamur ini hidup dan berkembang biak secara berkelompok.

Jamur Bulat

Jamur bulat atau yang memiliki nama latin Calvatia biasa tumbuh di bawah pohon kelapa. Karena hanya sedikit orang yang membudidayakannya karena tidak ada orang yang mau memakannya. Akan tetapi sebenarnya jamur ini tidak berbahaya ataupun beracun.

Demikianlah sedikit info mengenai berbagai macam jenis jenis jamur yang dapat kita manfaatkan karena tidak beracun dan dapat kita konsumsi ini.

Incoming search terms:

  • jamur yang bisa dimakan
  • jenis-jenis jamur tiram
  • jenis jamur yang baik
  • Jenis jamur yang
  • Foto jamur sayuran yang beracun
  • jamur pohon yg bisa dimakan
  • jamur kayu yang bisa dimakan
  • Jamur bisa dimakan kecil kecil
  • gambar jamur truffle
  • macam-macam jenis tumbuhan jamur yang dapat dijadikan obat
Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply