Lavender - Tumbuhan Alami Pengusir Nyamuk
Lavender - Tumbuhan Alami Pengusir Nyamuk

Tanaman Alami yang Terbukti Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Posted on
Tanaman Alami untuk Mengusir Nyamuk
Tanaman Alami untuk Mengusir Nyamuk

Ketika memasuki musim penghujan, pasti akan datang sekelompok nyamuk yang datang ke rumah – rumah untuk bertamu tanpa mengucapkan permisi. Kedatangan nyamuk ini sangat mengganggu, apalagi ketika anda mau tidur, sudah tidak diragukan lagi, pasti akan banyak orang yang susah tidur karena digigit oleh nyamuk – nyamuk tersebut. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa melakukannya secara alami, yaitu dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah anda.

Sama halnya dengan tanaman tahan panas sinar matahari, jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk memang mempunyai alasan tersendiri, kenapa nyamuk dan jenis serangga kecil lainnya, misalnya lalat, tidak menyukainya. Kebanyakan disebabkan karena aroma yang dihasilkan tanaman sangat menyengat, sehingga membuat nyamuk ini pergi.

Terdapat beragam jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat anda pelihara di dalam ataupun di luar rumah anda (indoor dan outdoor). Beberapa di antara tanaman tersebut mungkin sudah familiar di telinga anda, tapi, beberapa dari tanaman tersebut mungkin juga belum familiar di telinga anda. Agar lebih jelas, simak yuk beberapa nama tumbuhan pengusir nyamuk yang akan membuat nyamuk di rumah anda pergi :

1. Lemon Balm (Melissa officinalis)

Lemon Balm (Melissa officinalis) - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Lemon Balm (Melissa officinalis) – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Lemon balm ini merupakan jenis tanaman herbal mint yang mempunyai bunga putih dan aroma wangi seperti lemon. Lemon balm memiliki berbagai manfaat, misalnya bisa anda gunakan untuk penyedap dalam teh herbal dan sebagai tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk di rumah anda.

Untuk memanfaatkan lemon balm sebagai pengusir nyamuk dengan cepat dan mudah, anda dapat menggunakan beberapa daun lemon balm yang masih segar, setelah itu hancurkan dengan halus, kemudian gosokkan pada seluruh kulit anda.

Lemon balm ini dapat tumbuh dengan mudah di daerah yang sejuk. Anda dapat menanamnya di halaman rumah atau diletakkan dekat jendela kamar anda dengan menggunakan pot.

2. Serai Wangi (Cymbopogon nardus)

Serai Wangi (Cymbopogon nardus) - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Serai Wangi (Cymbopogon nardus) – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Serai wangi adalah tanaman yang sangat umum dipakai untuk bahan dasar pembuatan obat nyamuk. Terkadang ibu rumah tangga pun memakai daun serai untuk bumbu penyedap masakan. Serai wangi ini sangat mudah dijumpai dan cara menanamnya pun juga sangat mudah.

Serai wangi ini mengandung citronella oil yang baunya segar untuk manusia, namun sangat tidak disukai oleh nyamuk. Citronella oil ini mengandung 3 kompinen utama, yaitu citronellal, citronellol, dan gerainol. Ketiga komponen tersebut mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, kalau diolah lebih lanjut, seperti dijadikan parfum.

Tanaman serai jawa mempunyai kandungan citronellol dan geraniol yang lebih banyak dan sangat bagus dipakai untuk tanaman pengusir nyamuk.

Zat citronellal yang terkandung di dalam citronella bersifat racun kontak yang dapat membuat nyamuk mati. Itulah sebabnya, tanaman ini dapat diolah menjadi obat nyamuk, baik dalam bentuk campuran bahan lilin maupun oles.

Tanaman serai wangi dapat ditanam di halaman rumah sebagai apotek hidup dengan mudah, karena tumbuhan ini sudah cocok dengan iklim yang ada di Indonesia. Serai wangi dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 1,82 meter. Jangan menanam serai wangi di dalam pot, karena tumbuhan ini tidak cocok di tanam di pot, anda dapat langsung menanamnya di atas permukaan tanah.

3. Bunga Tahi Ayam (Tagetes erecta)

Bunga Tahi Ayam (Tagetes erecta) - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Bunga Tahi Ayam (Tagetes erecta) – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Maigold atau bunga tahi ayam mempunyai aroma bunga yang kurang enak untuk di cium, namun bunga ini dapat anda dijadikan untuk pengusir nyamuk. Bunga ini akan menjadi pagar penghalang, jadi nyamuk tidak akan mendekat karena tidak kuat dengan bau yang dimiliki bunga ini. Tidak hanya nyamuk, serangga yang lainnya pun juga akan menjauh.

Bunga tahi ayam berwarna orange atau kuning, berbentuk bonggol yang dikelilingi oleh daun pelindung. Ketika di lahan pertanian, biasanya bunga tahi ayam ditanam berselang dengan tanaman sayuran – sayuran lain, agar serangga tidak mendekati sayuran tersebut. Bunga tahi ayam mengandung zat terthienyl yang dapat menghambat kerja bermacam – macam enzim yang terdapat di dalam tubuh larva nyamuk.

Anda dapat menanam bunga tahi ayam ini di halaman rumah untuk pengusir nyamuk sekaligus sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan terbuka yang langsung mendapat sinar matahari secara langsung.

4.Catnip (Nepeta cataria)

Catnip (Nepeta cataria) - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Catnip (Nepeta cataria) – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Catnip tergolong tanaman herbal yang memiliki umur yang pendek, bentuk tanaman ini seperti gulma dan tingginya dapat mencapai 50 – 100 centimeter. Batangnya berbentuk persegi, daunnya bergerigi dan tanaman ini berwarna coklat – hijau. Bunganya berwarna merah muda, ungu pucat, atau putih. Tanaman ini mekar di saat musim gugur dan musim semi.

Catnip adalah tanaman pengusir nyamuk yang sangat efektif. Di dalam tanaman catnip terkandung zat kimia nepetalactone yang 10 kali lebih ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga daripada zat kimia DEET (Diethyl-meta-toluamide) yang termasuk salah satu bahan dalam pembuatan obat serangga.

Tanaman ini dapat dijadikan untuk obat semprot tradisional dan menjadi alternatife obat anti nyamuk non toksis.

5. Bawang Putih

Bawang Putih - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Bawang Putih – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Bawang putih merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Bawang putih merupakan tanaman alami pengusir nyamuk yang sangat ampuh. Di negara India, terdapat minyak oles yang digunakan untuk mencegah gigitan serangga dan juga gigitan nyamuk selama 8 jam, yang di dalamnya terdapat 1% ekstrak minyak bawang putih. Tidak hanya itu, bawang putih juga ampuh untuk membunuh larva nyamuk karena bawang putih mengandung zat belerang.

6. Pennyroyal

Pennyroyal - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Pennyroyal – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Pennyroyal merupakan tanaman yang sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Pennyroyal adalah tumbuhan yang merambat kecil dengan cluster bunga yang berwarna ungu. Tumbuhan rambat yang secara alami dijadikan untuk mengusir nyamuk, tikus, kutu ini masih satu keluarga dengan minta (Lamiaceae). Pennyroyal biasanya dijadikan sabagai bahan utama membuat produk penolak serangga dengan cara tradisional.

7. Cengkeh

Cengkeh - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Cengkeh – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Cengkeh merupakan bumbu rempah yang sering digunakan sebagai bahan obat. Cloves (dalam bahasa Inggris) atau cengkeh ini memiliki tangkai bunga kering yang mengeluarkan bau yang harum, tapi tidak disukai oleh nyamuk. Bau yang khas yang dimiliki oleh cengkeh ini ternyata sangat disukai oleh sebagian orang, sehingga cengkeh dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rokok kretek di Indonesia.

8. Kayu Putih

Kayu Putih - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Kayu Putih – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Kalau anda memiliki pekarangan rumah yang kosong, coba saja anda tanami dengan kayu putih. Kayu putih adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang bisa menjadikan tidur anda menjadi lebih nyenyak dan nyaman tanpa adanya gangguan nyamuk sedikit pun.  Kayu putih dapat anda tanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Tanaman kayu putih ini akan bekerja seharian full untuk menangkal nyamuk dengan cara mengeluarkan baunya yang khas.

9. Bunga Krisan

Bunga Krisan - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Bunga Krisan – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Krisan merupakan bunga hias yang dapat menambah keindahan di rumah anda. Bunga krisan yang indah ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Disebabkan karena bunga krisan dapat mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga akan membantu rumah anda terbebas dari gerombolan nyamuk – nyamuk. Tanaman yang cantik ini bisa anda tanam di dalam polybag atau di dalam pot.

10. Suren

Suren - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Suren – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Suren merupakan tanaman dari keluarga Meliaceae yang tergolong dalam tanaman tahunan. Suren adalah tumbuhan berbentuk pohon yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Daun kulit kayu pohon suren memiliki bau yang sangat khas, biasanya dijadikan sebagai tanaman alami pengusir lalat dan nyamuk. Bukan hanya itu, kulit batang suren bisa dijadikan sebagai bahan mentah insektisida nabati yang sebenarnya tidak direkomendasikan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

11. Lavender

Lavender - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Lavender – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Bunga lavender merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman hias sekaligus pengusir nyamuk yang satu ini terkadang sering tampil dalam iklan lotion anti nyamuk di televisi. Tidak diragukan lagi, kalau bunga lavender selalu identik dengan bunga pengusir nyamuk.

Bunga lavender berasal dari daerah pegunungan Alpen di Swiss. Bunga ini mempunyai kandungan lynalyl acetate dan linalool yang baunya sangat dibenci oleh nyamuk. Gerombolan nyamuk akan langsung pergi jika mencium baunya karena merasa pusing.

Bunga ini biasanya digunakan sebagai lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dahulu. Tapi anda juga bisa memakainya secara langsung dengan cara menggosokkan bunganya ke daerah kulit yang terbuka. Cara ini sangat berguna ketika anda akan bepergian.

Kalau anda ingin mengusir nyamuk yang berada di sekitar rumah anda, anda cukup menanam lavender di pot saja. Bukan hanya baunya yang wangi, warna bunganya yang cantik juga akan menambah keindahan halaman rumah anda.

12. Geranium

Geranium - Tanaman Alami Pengusir Nyamuk
Geranium – Tanaman Alami Pengusir Nyamuk

Geranium di beberapa daerah Indonesia dikenal juga dengan Tapak Dara. Tanaman ini diyakini bisa mengusir nyamuk karena kandungan sitronelolo dan geraniol yang terdpat di tanaman ini.

Kedua zat ini bisa dengan gampang terbawa angin, jadi membuat semerbak wilayah disekelilingnya. Geranium adalah tanaman pengusir nyamuk indoor karena baunya bisa memenuhi ruangan dengan cepat. Tapi, anda harus menaruh bunga ini di dekat jendela atau di tempat yang gampang terkena angin agar baunya bisa menyebar dengan cepat.

13. Lidah Buaya

Lidah Buaya - Tanaman Pengusir Nyamuk
Lidah Buaya – Tanaman Pengusir Nyamuk

Ternyata lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk wajah dan rambut saja, ternyata lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk. Kalau kulit anda terasa bengkak dan gatal setelah digigit nyamuk, maka oleskanlah gel lidah buaya ini ke bagian tubuh yang gatal dan bengkak, agar bengkak dan gatalnya cepat hilang.

 

 

Incoming search terms:

  • tanaman bunga gerombol
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply