Bunga-bunga langka
Bunga-bunga langka

10 Bunga Langka Di Dunia

Posted on
Bunga-bunga langka
Bunga-bunga langka

Tanaman hias khususnya bunga, menjadi suatu yang wajib untuk di miliki atau pun di tanam di pekarangan anda, atau anda yang menginginkan rumah anda menjadi indah dengan menggunakan tanaman hias. Biasanya rumah di hiasi dengan bunga mawar, anggrek, melati dan jenis bunga lainnya.

Tapi anda jangan berharap bisa menanam 10 bunga ini di pekarangan rumah anda, karena kesepuluh bunga ini lain dengan bunga yang biasa anda tanam, bunga ini hanya bisa anda lihat dan anda tidak akan bisa memiliki bunga langka di dunia ini. Anda tidak perlu heran jika bunga-bunga ini tidak ada di pekarangan rumah manapun, jangankan di tanam di pekarangan rumah jika sengaja ingin mencarinya saja akan sulit untuk mendapatkannya.

Tidak hanya langka dan jumlahnya yang sedikit bunga-bunga ini juga sangat di lindungi apa saja 10 bunga langka di dunia? berikut ini adalah 10 bunga langka di dunia.

1.Raflesia Arnoldii

Raflesia Arnoldii-bunga langka di dunia
Raflesia Arnoldii-bunga langka di dunia

Sebenarnya bunga Raflesia itu jenis bunga parasit, yang pertama di temukan di Indonesia oleh orang asli Indonesia yaitu Dr Joseph Arnold pada tahun 1818 dan di beri nama Raflesia seperti nama pemimpin ekspedisi pada saat itu yaitu Thomas Stamford Raffles. Diameter bunga ini lebih dari 100 cm, dan berhasil menjadi bunga terbesar di dunia. Yang unik dari bunga ini adalah tidak meiliki batang, akar, maupun daun. Dan bunga ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap pada saat mekar sehingga juga di juluki bunga bangkai, karena baunya yang menyengat bunga ini mengundang lalat dan kumbang datang, namun hewan yang datang ini juga bermanfaat membantu penyerbukan. Bunga yang menjadi identitas dari Provinsi Bengkulu ini akan mati setelah mekar selama satu minggu. Karena bunga ini tidak mempunyai daun sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis sendiri dan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Bentuk dari raflesia ini hanya terlihat bunganya saja, dan berkembang dalam kurun waktu tertentu saja. Karena bunga ini bersembunyi selama berbulan-bulan dan mekar hanya dalam seminggu jadi bunga ini termasuk bunga yang langka.

2.Cypripedium Calceolu

Cypripedium Calceolu-bunga langka di dunia
Cypripedium Calceolu-bunga langka di dunia

Bunga yang sering di sebut sebagai bunga Lady Slippers kuning dan ungu, bunga ini termasuk bunga langka di Eropa dan bunga ini sejenis dengan anggrek, contoh tanaman ini ada di Inggris dan hanya satu-satunya, yang di temukan di lapangan golf dan berada di bawah perlindungan polisi sejak tahun 1917 di Inggris. Setangkai bunga ini bisa berharga sangat fantastis yaitu 5000 USD, biji tanaman ini tidak memiliki cadangan, untuk keperluan tumbuhnya dia hanya bisa hidup dengan bantuan simbiosis jamur jenis tertentu, yang dapat menyuplai makanan hingga bunga ini dewasa dan menghasilkna makanan sendiri. Pada saat itu jamur yang menyuplai bunga itu juga akan mati. Bunga ini di temukan di hutan terbuka dengan tanah berkapur dan lembab, bunga ini sangat di lindungi di sebagian negara dan akan menjadi sebuah humum apabila ada yang memburu bunga ini secara liar.

3.Franklina Altamaha

Franklina Altamaha-bunga langka di dunia
Franklina Altamaha-bunga langka di dunia

Bunga yang juga di sebut sebagai pohon Franklina ini bisa tumbuh hingga 33 kaki, tumbuhan yang satu ini juga termasuk dalam genus teh, jadi tidak heran jika bunga ini sangat mirip denga bunga teh jangan sampai anda salah ya, karena ternyata sulit untuk membedakannya. Bunga yang berwarna putih dab beraroma harum dan hampir sama dengan bunga Camelia. Tempat aslinya adalah lembah sungai Altamaha, Georgia, dan juga sudah punah di alam liar sejak awal abad 19. Namun saat ini anda bisa menemukannya karena bunga ini di kembangbiakkan oleh keluarga Batram yang sudah mengembangbiakkan dan menyebarkanya sebelum kepunahan terjadi di alam liar. Ciri-ciri dari bunga ini adalah ketika mekar daunnya yang merah akan berubah menjadi merah terang di musim gugur.

4.Kokai Cookei

Kokai Cookei-bunga langka di dunia
Kokai Cookei-bunga langka di dunia

Bunga ini adalah pohon endemik dari Hawaii, yang ditemukan pada tahun 1860 yang saat itu hanya ada 3 spesies saja. Ponon ini sangat sulit untuk di kembangbiakkan. Tahun 1950 bibit ini ditemukan mati oleh karena itu bunganya juga sudah di anggap punah karena sudah tidak ditemukan lagi bibitnya. Pada tahun 1978 terjadi kebakaran yang mengakibatkan bunga ini terbakar dan tidak bersisa. Dan beruntungnya masih tersisa satu batang yang berhasil di cangkokkan hingga pada saat ini masih ada 23 pohon yang hidup dan kesemuanya berada di Hawaii, ciri-ciri dari bunga ini berpohon kecil 10-11 meter, juga bunga ini berwarna merah mencolok dan jika dilihat secara sekilas hampir mirip dengan bunga sepatu, bagaimana anda berminat melihat bunga yang sangat indah ini? silahkan anda berkunjung ke Hawaii dan lihatlah bagaimana indahnya bunga ini.

5.Gibraltar Campion

Gibraltar Campion-bunga langka di dunia
Gibraltar Campion-bunga langka di dunia

Bunga yang memiliki nama ilmiah Silente Tomentosa, bunga spesies ini sangat langka dan hanya di temukan di tebing-tebing tinggi Gibraltar. Banyak yang meyakini bahwa tanaman yang satu ini sudah langka di luar Gibraltar pada tahun 1980an namun masih ada beberapa spesies yang bisa di temukan. Pada tahun 1994 ada seorang pendaki tebing yang menemukan bunga ini namun tidak bisa menjangkaunya, dengan di temukannya kembali spesies tunggal dari bunga ini dengan begitu masih ada harapan untuk spesies itu hidup kembali, setelah itu benih bunga ini di kembangkan di bank benih milenium dan kini tumbuh di Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta royal Botanic Gardens di London.

6.Lotus Berthelotii

Lotus Berthelotii-bunga langka di dunia
Lotus Berthelotii-bunga langka di dunia

Bentuk bunga yang mirip dengan paruh kakatua menjadikan bunga ini juga di sebut sebagai bunga paruh burung kakatua. Bunga Lotus sudah menjadi bunga langka sejak tahun 1884 dan di yakini telah benar-benar punah di alam liar. Bunga asli endemik Canary ini sistem penyerbukannya di bantu oleh burung Sunbrid yang juga sudah di ketahui burung yang punah di Canary. Pantas saja jika bunga yang menakjubkan  ini menjadi bunga yang langka. Percobaan penyerbukan bunga ini sudah di lakukan untuk melawan kelangkaan tanaman ini di Canary namun pada tahun 2008, tidak ada buah yang di hasilkan, dan bunga ini menjadi bunga yang sangat langka di Canary.

7.Jade Vine

Jade Vine-bunga langka di dunia
Jade Vine-bunga langka di dunia

Bunga yang memiliki nama lain Strongylodon Macrobotrys, bunga yang habitata aslinya di hutan tropis Filipina. Pohon bunganya yang masih berhubungan erat dengan jenis kacang-kacangan yaitu kacang merah, ciri bunga yang tumbuh bergelantung di ranting pohonnya dan memiliki bentuk seperti cakar. Panjangnya bisa mencapai 3 meter.Warnanya sangat khas dan indah, yaitu kombinasi dari warna hijau kebiruan dan hijau mint. Sayang sekali bunga berwarna unik ini sangat langka dan sangat sulit di temui. Selain itu bunga ini sangat sulit untuk di kembangbiakkan dan di perediksikan sebagai bunga yang langka karena perusakan habitat aslinya dan penurunan penyerbukan alami.

8.Cosmos Atrosanguineus

Cosmos Atrosanguineus-bunga langka di dunia
Cosmos Atrosanguineus-bunga langka di dunia

Bunga ini juga sering di sebut bung Cosmos Coklat, karena memiliki warna merah gelap sampai coklat. Bunga ini termasuk bunga spesies bunga Cosmos yang berasal dari Negeri Telenovela, Meksiko. Bunga ini sempat dinyatakan punah dengan waktu yang sangat lama yaitu selama 100 tahun. Spesies bunga ini sebagai bunga klon tungga infentil yang diciptakan tahun 1902 melalui pengembangbiakan Vegetatif, bunga ini sangat unik karena aromanya yang seperti vanili dan berdiameter 3-4 cm, tidak heran jika bunga ini dilobatkan sebagai bunga yang langka.

9.Epipogium Aphyllum

Epipogium Aphyllum-bunga langka di dunia
Epipogium Aphyllum-bunga langka di dunia

Bunga yang dalam bahasa Indonesia ini di sebut Anggrek Hantu, di sebut seperti ini karena bentuknya yang mirip dengan hantu. Jika anda memperhatikan bentuknya sangat mirip dengan Casper, tokoh hantu dari kartun Casper Anggrek Hanu atau The Ghost Orchid adalah anggrek angka yang berada di wilayah barat daya Floridina, Amerika Serikat, Cuba dan Kepulauan Karibia, tanaman ini sangat banyak sekali julukan ini hanya dari beberapa nama yang di berikan antara lain palam polly, white frog atau anggrek katak putih dan white Butterfly atau anggrek kupu-kupu putih dan untuk nama botaninya adalah Denprophylax Lindenii dalam klasifikasi polyrrizza, nama ini di ambil dari penemunya yaitu Jean Jules Linden, dia adalah seorang kolektor tanaman yang berasal dari Belgia. Bukan hanya bunganya saja yang unik, daun dan tangkainya juga unik karena berjumlah sangat sedikit sedangkan akarnya sangat rimbun. Karena uniknya bunga ini, angrek ini sempat di angkat di sebuah novel The Orchid Thief, karya Susan Orlean. Sebegitu menakjubkannya bunga ini sehingga di buatkan novelnya, anda penasaran dengan bunga yang indah dan juga unik ini? atau bahkan anda pernah menemukannya? atau hanya pernah melihatnya.

10.Middlemist Camelia

Middlemist Camelia-bunga langka di dunia
Middlemist Camelia-bunga langka di dunia

Tanaman ini terlihat sangat cantik dengan warna merah Peach, bunganya terlihat rimbun dan terlihat mirip dengan bunga mawar, yang juga disebut dengan Middlemist merah, yang merupakan bunga terlangka di dunia karena hanya ada 2 sampel saja dan salah satunya terletak di rumah kaca Inggris dan satu lainnya ada si selaindia baru. Mulanya tanaman ini di bawa ke inggris oleh John Middelmits dari Cina pada tahun 1804, setelah itu tanaman ini menjadi benar-benar punah dan tidak berbekas di Cina. Namun tanaman yang di bawa ke Inggris masih tumbuh berbiak bertahun-tahun.

Itulah 10 bunga langka di dunia,apakah anda pernah menemukannya? atau hanya melihatnya saja. Jika benar anda menemukan bunga ini atau melihatnya berarti anda termasuk orang yang sangat beruntung.

 

Incoming search terms:

  • bunga langka di dunia
Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply